Cara Menghilangkan Garis Merah di Word (Semua Versi)

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa aplikasi Microsoft Office hampir pasti terpasang di semua perangkat PC. Hal ini karena memang aplikasi tersebut sangat dibutuhkan oleh siapapun juga, khususnya untuk aplikasi Microsoft Word.

Dengan aplikasi Microsoft Word ini kamu bisa membuat sebuah dokumen yang diperlukan dalam dunia kerja, pendidikan, maupun secara umum. Saat kamu membuat sebuah dokumen, biasanya akan muncul garis merah di beberapa kata.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa fungsi dari garis merah tersebut? Tidak jarang juga pengguna yang merasa terganggu dengan garis tersebut. Jadi pada kesempatan kali ini kami akan membahas tujuan dan cara menghilangkan garis merah di Word.

Tujuan Garis Merah di Word

Bagi kamu yang merasa penasaran mengenai tujuan dari garis merah di dokumen Word ini, sebenarnya garis tersebut merupakan sebuah tools yang menandakan bahwa kata yang kamu ketik salah atau typo.

Jadi sebenarnya fitur garis merah ini sangat membantu kamu, apalagi saat kamu membuat sebuah dokumen resmi yang notabene bahasa yang digunakan harus formal (sesuai KBBI) dan tidak mengandung typo.

Namun fitur ini akan berjalan sesuai dengan bahasa yang kamu pilih dan tersedia. Jadi jika bahasa yang aktif adalah bahasa Inggris kemudian kamu membuat dokumen Word dengan bahasa Indonesia, tentu saja akan muncul garis merah.

Cara Menghilangkan Garis Merah

Jika kamu merasa terganggu dengan adanya garis merah dan ingin menghilangkan garis tersebut. Berikut ini sudah kami siapkan tutorialnya berdasarkan versi Word yang kamu gunakan.

Jadi jika kamu menggunakan Microsoft Office Word dengan versi di atas 2013, yaitu 2016, 2017, 2019, 2020, Office 365, dan versi lainnya, maka silahkan gunakan cara nomor satu.

Namun jika kamu masih menggunakan Microsoft Office Word dengan versi di bawah 2010, yaitu 2010, 2007, dan 2003, maka silahkan baca dan lakukan tutorial pada nomor 2 di bawah ini.

Word 2013 ke Atas

Berikut cara menghilangkan garis merah di Word 2013, 2016, dan 2020:

  1. Jalankan aplikasi Word di PC kamu.
  2. Buka dokumen Word yang akan kamu hilangkan garis merahnya.
  3. Klik tab File yang ada di pojok kiri atas layar.
  4. Setelah itu, pilih menu Options yang ada pada menu di bagian kiri layar.
  5. Akan muncul jendela Word Options, lalu pilih opsi Proofing.
  6. Pada opsi Proofing, hilangkan centang pada bagian Check Spelling as you type.
  7. Klik OK untuk menerapkan.

Catatan: Jika kamu juga ingin menghilangkan garis hijau, maka hilangkan tanda centang pada opsi Mark grammar errors as you type.

Word 2010 ke Bawah

Bagi kamu yang masih menggunakan versi Microsoft Office Word tahun 2010, 2007, dan 2003, berikut cara menghilangkan garis merah di Word:

  1. Buka aplikasi Word, lalu buka dokumen Word kamu.
  2. Tekan tombol Office Button yang terletak di pojok kiri atas.
  3. Pada menu yang muncul, pilih opsi Word Option yang ada di bagian bawah.
  4. Akan muncul sebuah jendela baru, pada jendela tersebut buka menu Proofing.
  5. Hilangkan tanda checklist di bagian Check Spelling as you Type,
  6. Klik OK.

Catatan: Sama halnya dengan catatan di atas, untuk menghilangkan garis hijau silahkan hilangkan checklist pada opsi Mark grammar errors as you type.

Word di HP

Saat ini, Microsoft Office juga telah hadir untuk versi mobile yang bisa kamu gunakan di HP kamu. Untuk kamu yang menggunakan Microsoft Office Word di HP kamu, berikut cara menghilangkan garis merah di Word HP Android dan iPhone:

  1. Jalankan aplikasi Word, lalu buka dokumen Word.
  2. Pada aplikasi tersebut, tap ikon Pensil untuk membuka mode Edit.
  3. Lalu pilih opsi Review atau Tinjau.
  4. Pada menu tersebut, pilih Proofing and Language atau Pemeriksa ejaan dan Bahasa.
  5. Centang pada bagian Hide All Proofing Marks atau Sembunyikan Semua Tanda Pemeriksaan Ejaan.
  6. Selesai.

Di atas adalah 3 cara menghilangkan garis merah di Word untuk versi 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2020, Office 365, dan Word Mobile. Semoga dengan artikel ini kamu bisa semakin mahir dalam menggunakan Microsoft Office Word.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *