Cara Mengatasi Windows Was Unable to Connect dengan Mudah

  • by

Tentu tidak akan lengkap rasanya apabila laptop atau komputer tidak terhubung ke jaringan internet, terlebih lagi kalau pekerjaan sudah bergantung pada internet. Kita belajar, mencari hiburan, dan bahkan bekerja dengan memanfaatkan jaringan internet.

Maka dengan begitu, jaringan internet merupakan sarana dan media wajib yang harus selalu ada dalam kegiatan sehari-hari kita agar tidak ada kendala. Selain itu kita juga harus sering-sering mengecek kondisi jaringan internet dan juga mengecek koneksi di laptop atau kompuer ketika ingin digunakan.

Kenapa saya bilang harus rajin mengecek koneksi? Ya, hal ini dikarenakan seringnya muncul error “Windows was unable to connect” Masalah ini biasanya terjadi ketika kita menghubungkan laptop atau komputer ke konoksi seluler atau WiFi.

Cara Mengatasi Windows Was Unable to Connect

Windows was unable to connect merupakan pesan yang biasanya muncul dikarenakan komputer mengalami kegagalan dalam mengkoneksikan ke jaringan internet melalui WiFi dan lainnya. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan permasalahan ini, seperti modem bermasalah, kesalahan sistem, salah konfigurasi, dan lainnya.

Kamu pasti sedang mengalaminya dan cukup kerepotan kan? Pasalnya, kamu gak tau bagaimana cara mengatasinya, dan kamu sangat membutuhkan koneksi internet saat itu juga. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya mudah, disini kami akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi masalah Windows was unable to connect.

Coba Restart Modem atau Router

Hal pertama sebelum kamu menggunakan cara lain untuk mengatasi masalah Windows was unable to connect adalah dengan mencoba restart modem atau router kamu. Biasanya ketika masalah ini sedang saya alami, hal yang pertama saya lakukan adalah me-restart modem yang error. Terkadang hasilnya lumayan efektif.

Biasanya dengan melakukan restarting WiFi yang mulanya tidak bisa terkoneksi, sekarang menjadi normal tanpa adanya masalah. Hal ini terjadi karena dengan melakukan restarting maka koneksi pada modem atau router akan di-reset dan akan mengembalikan modem atau router ke dalam keadaan fresh.

Berikut cara mengatasi Windows was unable to connect dengan melakukan restarting:

  1. Pertama mulai dengan mematikan modem atau router yang kamu gunakan.
  2. Tunggu hingga kurang lebih satu menit, sebelum kamu menyalakannya kembali. Hal ini bertujuan untuk membiarkan modem atau router kembali dalam keadaan fresh.
  3. Jika sudah, silakan hidupkan kembali modem atau router kamu.
  4. Selesai, silakan kamu coba hubungkan kembali komputer atau laptop kamu ke jaringan WiFi.

Perbaiki Winsock Melalui Command Prompt

Arti kata WinSock dalam Kamus Komputer Online adalah Kependekan dari Windows Sockets yaitu suatu cara standar bagi program-program Windows untuk bekerja dengan TCP/IP. Sederhananya, Winsock ini adalah sebuah data yang di dalamnya terdapat beragam setting koneksi dari sebuah komputer atau laptop.

Nah, kerusakan pada Winsock cukup sering terjadi. Bisa disebabkan karena kesalahan pengaturan, atau bisa juga karena terkena virus. Untuk mengatasi masalah Windows was unable to connect bisa dilakukan dengan memperbaiki Winsock, dan untuk melakukannya kamu bisa melalui CMD.

Berikut caranya:

  1. Tekan tombol kombinasi Windows+R untuk membuka jendela Run.
  2. Pada bagian Open, silakan kamu ketik CMD lalu tekan Enter.
  3. Setelah masuk ke Command Prompt, ketik netsh winsock reset.
  4. Lalu tekan Enter.
  5. Selesai, silakan restart komputer atau laptop kamu, dan coba sambungkan kembali koneksi internetmu.

Reset Pengaturan Modem

Modem yang mengalami kesalah konfigurasi tentu terjadi tanpa sepengetahuan kita terlebih dulu. Karena pengaturan awal modem tersebut kita juga tidak tahu bagaimana. Oleh karena itu solusi yang paling efektif adalah dengan melakukan reset pada pengaturan modem tersebut.

Setiap modem dengan berbagai macam tipe tentu saja akan mempunyai cara reset pengaturan yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya sebaiknya kamu lakukan riset atau browsing terlebih dahulu. Namun, untuk gambaran saja, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

#Router

  1. Pertama, kamu coba akses halaman admin router kamu menggunakan browser. Coba gunakan alamat IP 192.168.1.1.
  2. Jika sudah berhasil masuk ke halaman utama admin, silakan masukkan username dan password router kamu.
  3. Untuk langkah selanjutnya, silakan cari dan masuk ke menu Settings.
  4. Setelah itu carilah halaman Reset di sana.

#Modem USB

  1. Pertama silakan buka terlebih dulu aplikasi Mobile Partner.
  2. Jika sudah, silakan masuk ke menu Settings.
  3. Kemudian, kamu cari opsi Reset pada bagian Device.
  4. Selesai.

Atur IP Address

Buat tangan jahil dan orang yang memiliki rasa penasaran yang tinggi, mengubah atau mengotak-atik IP mungkin saja pernah dilakukan karena iseng atau penasaran.. Mungkin dengan tujuan agar koneksi menjadi lebih cepat. Padahal kenyataanya malahan terjadi error “unable connect”. Hal ini terjadi bisa saja karena sistem pada jaringan tidak bisa mendeteksi alamat IP.

Barangkali ada yang melakukan hal tersebut, maka kamu harus mengembalikan IP Address seperti semula. Berikut cara melakukannya:

  1. Pada kolom pencarian di menu Start, silakan ketik dan klik Control Panel.
  2. Setelah itu silakan pilih Network and Internet.
  3. Selanjutnya pilih Network and Sharing Center kemudian klik Change Adapter Setting.
  4. Selanjutnya klik kanan pada Wireless Connection, setelah itu pilih Properties.
  5. Setelah itu kamu akan di bawa ke tab Networking, pada tab ini klik dua kali di bagian Internet Protocol Version 4.
  6. Selanjutnya pilih Obtain IP Address Automatically dan Obtain DNS Server Address Automatically.
  7. Klik OK dan selesai.

Aktifkan Fitur Network Discovery

Network Discovery ialah pengaturan yang digunakan untuk mengatur laptop atau komputer kamu apakah bisa dilihat oleh laptop lain, komputer lain atau perangkat lainnya. Sekilas memang tidak begitu berhubungan, tapi kenyataanya dengan menyalakan fitur ini bisa membantu dalam mengatasi masalah Windows was unable to connect, lho.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama silakan ketik dan klik Control Panel melalui kolom pencarian di menu Start.
  2. Selanjutnya silakan masuk ke menu Network and Internet.
  3. Kemudian masuk lagi ke menu Network and Sharing Center.
  4. Jika sudah, silakan pilih Change Advanced Sharing Settings.
  5. Kemudian, klik pada opsi Turn On Network Discovery.
  6. Selesai, dan coba kamu sambungkan kembali ke jaringan internet kamu.

Uninstall Driver Modem

Penyebab laptop atau komputer mengalami masalah Windows was unable to connect terkadang juga terletak pada softwarenya, alias pada Driver modem. Untuk mengatasi permasalahan ini kamu harus uninstall driver modem kamu dan instal kembali pada Driver WiFi di laptopmu.

Dibwah ini langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti:

  1. Tekan tombol kombinasi Windows+R, untuk membuka jendela Run.
  2. Pada opsi Open silakan ketikan devmgmt.msc lalu tekan Enter.
  3. Setelah itu silakan pilih Network adapters, lalu cari driver WiFi yang kamu pakai.
  4. Setelah ketemu silakan klik kanan, lalu Uninstall.
  5. Tunggu prosesnya dan setelah itu restart laptop kamu. Biasanya laptop atau komputer bisa secara otomatis memasang driver yang sudah kamu uninstall.

Lakukan Troubleshoot Network

Jika kamu telah mencoba beberapa cara yang sudah kami bagikan di atas tetapi kamu masih belum bisa mengatasi masalah Windows was unable to connect, ada kemungkinan kamu harus melakukan Troubleshoot. Hal ini bertujuan untuk mencari sumber masalah secara sistematis dan menghilangkan penyebab potensial dari masalah tersebut.

Berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, masuk ke tab pencarian pada menu Start.
  2. Setelah itu ketik kata Troubleshoot.
  3. Jika sudah maka akan muncul Troubleshoot settings, klik dua kali pada menu tersebut.
  4. Setelah itu kamu akan dibawa ke tab baru, silakan pilih Additional troubleshooters.
  5. Kemudian pilih Internet Connections, lalu klik pada opsi Run the troubleshooter.
  6. Tunggu hingga masalah terdeteksi. Lalu pada jendela troubleshoot akan muncul masalah yang kamu hadapi.

Setelah selesai kamu tinggal mengikuti perintah yang ada pada instruksi layar. Karena permasalahan yang muncul pasti bermacam-macam, dan hal ini juga berkaitan dengan kondisi spesifik pada laptop atau komputer kamu yang sedang bermasalah.

Penyebab masalah Windows was unable to connect sangatlah beragam, tetapi secara garis besar cara mengatasi masalah Windows was unable to connect sudah kami bahas di ataa. Semoga artikel ini bermanfaat dan sekian dari kami, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *