Lompat ke konten

Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Otomatis dan Manual

Daftar isi biasanya sangat diperlukan pada dokumen yang cukup panjang atau memiliki isi yang sangat banyak, seperti skripsi, proposal, makalah, karya ilmiah, artikel, dan jenis dokumen lainnya.

Dengan adanya daftar isi, maka pembaca akan lebih mudah saat ingin membaca bagian-bagian tertentu yang ada pada dokumen tersebut. Karena umumnya daftar isi dilengkapi dengan judul atau sub judul dan nomor halaman.

Bagi kamu yang ingin membuat daftar isi, di bawah ini telah kami siapkan 2 cara membuat daftar isi di Word secara otomatis dan manual. Cara di bawah ini bisa diterapkan untuk semua versi Microsoft Office, mulai dari 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, dan Office 365.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Daftar isi otomatis ini sangat berguna jika kamu memiliki dokumen Word dengan jumlah halaman yang cukup banyak. Apalagi jika dokumen tersebut juga memiliki pembahasan yang dibagi kedalam beberapa judul dan sub judul.

Nah, buat kamu yang ingin membuat daftar isi otomatis di Word, berikut telah kami siapkan langkah-langkahnya secara detail. Pastikan kamu membaca setiap langkahnya dengan baik, agar nantinya tidak ada kesalahan saat melakukannya.

1. Buat Judul dan Subjudul Dulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat daftar isi otomatis di Word adalah dengan membuat judul dan subjudul terlebih dahulu. Karena tanpa adanya judul atau subjudul, daftar isi otomatis tidak akan bisa dibuat.

Untuk cara membuatnya, silahkan blok tulisan yang akan kamu jadikan sebagai judul atau subjudul. Berikutnya, pilih level judul di tab Home. Disana kamu bisa memilih Heading 1 (Judul), Heading 2 (sub judul), dan Heading 3 (sub sub judul).

Ulangi cara di atas pada semua judul dan sub judul yang ada di dokumen Word kamu! Pastikan juga kamu mengatur level judul dan sub judul dengan benar, agar nantinya daftar isi terlihat rapi dan enak dibaca.

2. Buat Halaman Khusus untuk Daftar Isi

Setelah kamu selesai mengatur judul dan sub judul, silahkan buat halaman kosong yang nantinya akan dipergunakan untuk mengisi daftar isi. Umumnya daftar isi berada di bagian atas halaman sebelum masuk ke isi pembahasan dari dokumen tersebut.

Untuk menyisipkan halaman baru, tempatkan kursor ketik kamu di bagian paling atas halaman atau sesuai dengan kebutuhan kamu. Buka tab Insert, kemudian klik opsi Blank Page, secara otomatis akan muncul halaman kosong baru.

3. Buat Daftar Isi

Setelah judul dan halaman khusus untuk daftar isi sudah siap, sekarang waktunya untuk membuat daftar isi otomatis di Word kamu. Cara membuatnya yaitu dengan memanfaatkan fitur Table of Content di tab Reference. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tempatkan kursor ketik di halaman kosong tadi.
  2. Buka tab Reference.
  3. Klik opsi Table of Content.
  4. Pilih Automatic Table 1 atau Automatic Table 2 untuk membuat daftar isi otomatis.

Setelah itu, daftar isi akan langsung muncul di halaman tersebut yang menampilkan setiap judul, sub judul, dan nomor halaman judul tersebut berada. Jadi kamu tidak perlu mengaturnya lagi secara manual.

4. Update Daftar Isi

Apabila kamu melakukan perubahan setelah daftar isi dibuat, baik itu mengganti judul, mengganti sub judul, menambahkan isi, menambah judul baru, dan sebagainya, maka kamu harus memperbarui daftar isi yang sudah kamu buat.

Untuk memperbarui daftar isi, caranya cukup mudah! Pertama, silahkan klik titik tiga di pojok kiri atas daftar isi untuk menyeleksinya. Berikutnya, klik tombol Update Table yang muncul disamping titik tiga tersebut.

Selanjutnya, kamu akan dihadapkan dengan sebuah jendela pop-up yang berisi 2 pilihan berbeda, yaitu update page numbers only dan update entire table. Apa perbedaan dari dua opsi tersebut?

  • Update page numbers only: Hanya akan mengupdate nomor halaman sesuai dengan perubahan yang ada.
  • Update entire table: Akan memperbarui semua yang berkaitan dengan daftar isi, baik itu judul, sub judul, dan nomor halaman.

Tips!
Kami sarankan untuk selalu memilih opsi update entire table agar judul, sub judul, dan nomor halaman di daftar isi selalu sinkron.

5. Atur Format Tulisan Daftar Isi

Setelah kamu selesai membuat daftar isi, kamu bisa mengganti jenis font dan ukuran font dari table daftar isi tersebut agar serasi dengan jenis font yang digunakan pada isi dokumen Word kamu.

Untuk menggantinya, silahkan blok semua isi di kotak tersebut atau klik titik tiga saja. Selanjutnya pilih jenis font pada tab Home, jangan lupa juga untuk mengatur ukuran font tersebut!

Cara Membuat Daftar Isi Manual di Word

Kamu juga bisa membuat daftar isi di dokumen Word secara manual, biasanya langkah ini dipilih saat isi dari dokumen kamu tidak terlalu banyak dan hanya terdiri dari beberapa judul atau sub judul saja.

  1. Buka tab References dan pilih Table of Contents.
  2. Pilih opsi Manual Table.
  3. Edit setiap judul dan sub judul daftar isi dengan cara menyeleksinya kemudian ubah tulisan sesuai kebutuhan kamu.
  4. Ubah juga nomor halaman dengan menyeleksi dan edit ke nomor halaman yang sesuai.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat daftar isi di Word secara otomatis dan manual, jadi silahkan pilih saja sesuai dengan kebutuhan kamu! Tapi kami lebih menyarankan untuk membuat daftar isi otomatis saja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.