Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Minta Format (Recommended)

  • oleh

Flashdisk merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyimpan data yang saat ini banyak digunakan. Ukuran Flashdisk juga terbilang kecil sehingga memudahkan pemiliknya untuk membawa Flashdisk kemana pun, dan juga Flashdisk memiliki kapasitas yang cukup besar.

Disamping kepraktisan itu, Flashdisk juga sangat mudah untuk digunakan menyalin atau menyimpan data apapun ke dalamnya. Flashdisk memiliki harga yang terjangkau dan juga banyak pilihan merk serta kapasitas yang ditawarkan di pasaran.

Namun disamping berbagai kelebihannya itu, sering muncul berbagai permasalahan yang terjadi pada flashdisk, salah satunya adalah Flashdisk minta format. Ketika muncul masalah ini maka biasanya disertai adanya pesan “You need to format the disk in drive E: before you can use it. Do you want to format it?“

Penyebab Flashdisk Minta Format

Flashdisk yang memunculkan pesan seperti di atas itu pada dasarnya disebabkan karena berbagai faktor, terutama masalah atau kesalahan pada sistem dan komponen. Biasanya pesan tersebut muncul secara terus menerus ketika kamu memasang Flashdisk di laptop atau PC dan kita hanya punya pilihan untuk cancel pada pop up yang muncul.

Apabila kita menekan opsi Format disk maka Flashdisk akan terformat dan data-data di dalamnya juga akan hilang. Nah, terkait penyebab Flashdisk minta format, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terkena virus shortcut
  • Terkena malware
  • Flashdisk berubah menjadi RAW
  • Flashdisk rusak secara komponen
  • Umur Flashdisk sudah tua
  • Melepas pasang Flashdisk berkali-kali tanpa eject
  • Ada proses pengolahan file yang tidak berjalan sempurna
  • Dan lain sebagainya

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

Flashdisk yang memunculkan pesan “You need to format the disk in drive E: before you can use it. Do you want to format it?“ atau sederhananya Flashdisk minta format terus menerus bisa saja diatasi. Namun, tidak semuanya bisa diperbaiki dan tidak kehilangan data, karena beda level masalah juga beda penyelesaiannya.

Untuk lebih detailnya mengenai cara mengatasi Flashdisk minta format bisa kamu baca pada ulasan di bawah ini.

Repair dengan CMD

Cara pertama untuk mengatasi Flashdisk minta format adalah dengan repair menggunakan Command Prompt (CMD). Cara ini tidak akan menghilangkan data-data yang tersimpan di dalam Flashdisk, karena kita hanya melakukan perintah perbaikan sistem Flashdisk yang diakses melalui Command Prompt.

Berikut cara melakukannya:

  1. Tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka jendela Run.
  2. Pada jendela ini, silakan kamu ketik CMD lalu Enter.
  3. Setelah itu kamu akan dibawa ke jendela Command Prompt, pada jendela ini silakan ketik perintah CHKDSK /R /F E: lalu tekan Enter.
  4. Tunggulah sesaat, sampai prosesnya selesai. Huruf E pada perintah di atas silakan kamu sesuaikan dengan letter Flashdisk yang kamu pasang di komputer atau laptop kamu.
  5. Selanjutnya, silakan ketikkan attrib -h -r -s /s /d *.* pada baris perintah baru dan tekan Enter.
  6. Done, biasanya dengan ini Flashdisk akan normal kembali.

Jika dengan perintah di atas Flashdisk masih juga memunculkan pop up yang berisi pesan format, maka cobalah untuk mengganti perintah pada nomor 5 dengan attrib -s -r -h *.* /s /d /l lalu tekan Enter. Lakukan langkah tambahan ini dulu sebelum ke tahap selanjutnya agar data Flashdisk kamu masih aman.

Repair Flashdisk Manual

Cara yang selanjutnya dan tidak menghilangkan data Flashdisk kamu adalah dengan melakukan scanning Flashdisk dan melakukan perbaikan manual. Cara ini cukup efektif dan mudah untuk mengatasi flashdisk minta format terus menerus.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka Windows Explorer dengan menekan tombol kombinasi Windows + E.
  2. Jika sudah terbuka, silakan kamu pilih direktori Flashdisk yang terhubung dengan laptop atau komputer kamu.
  3. Setelah itu, klik kanan pada direktori tersebut kemudian pilih Properties.
  4. Selanjutnya akan muncul tab baru, silakan pindah ke bagian Tools.
  5. Kemudian klik Check.
  6. Pada tahap berikutnya, silakan Scan drive / Scan and repair drive kemudian tunggu proses scanning sampai selesai.
  7. Setelah proses scanning biasanya akan muncul penyebab masalah Flashdisk kamu minta format disertai cara atau solusi mengatasinya.
  8. Silakan ikuti saja instruksi yang tertera pada halaman tersebut untuk melakukan perbaikan.

Format Ulang Flashdisk

Apabila kamu sudah mencoba kedua cara di atas namun Flashdisk yang bermasalah tersebut belum teratasi maka kamu harus memenuhi permintaan pop up yang muncul yakni dengan format Flashdisk. Dengan begini data-data di dalam Flashdisk beserta pengaturan sistem Flashdisk akan terhapus, dan error tersebut juga akan ikut hilang.

Untuk melakukannya silakan kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka File Explorer terlebih dahulu dengan cara sama seperti sebelumnya.
  2. Jika sudah, pilih partisi disk Flashdisk yang terpasang, silakan kamu klik kanan kemudian pilih Format.
  3. Pada jendela yang muncul selanjutnya, sialkan pilih tipe format Flashdisk pada File system ke FAT32 atau exFAT. Jangan lupa juga untuk ceklis kolom Quick Format.
  4. Setelah itu, silakan klik Start untuk memulai format Flashdisk.
  5. Silakan kamu tunggu sampai prosesnya selesai.
  6. Selesai, error Flashdisk minta format telah hilang dan data Flashdisk kamu juga hilang.

Ketika kamu menggunakan cara format ini atau yang berikutnya, jangan lupa untuk selalu mencadangkan data-data penting yang masih dibutuhkan dari dalam Flashdisk ke tempat atau penyimpanan yang aman. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengakses atau menyalin kembali data tersebut ke Flashdisk setelah Format ulang.

Format dengan Command Prompt

Opsi format Flashdisk yang lebih simpel dibanding cara yang sebelumnya adalah melalui perintah khusus yang hanya bisa diakses melalui Command Prompt. Metode format memang menjadi langkah final untuk mengatasi berbagai masalah di Flashdisk.

Cara format dengan CMD adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka jendela Run.
  2. Setelah itu, silakan kamu ketikkan CMD pada bagian Open lalu klik OK.
  3. Selanjutnya kamu akan dibawa ke jendela Command Prompt, pada bagian ini silakan kamu masukkan perintah Format E:.
  4. Huruf E pada perintah di atas silakan kamu sesuaikan dengan letter Flashdisk yang terpasang di perangkat. Jika sudah kamu tinggal menekan tombol Enter.
  5. Nah, jika sudah maka proses format akan dimulai dan silakan tunggu prosesnya sampai selesai deh.
  6. Setelah selesai format biasanya kamu akan disuruh untuk memberi nama. Silahkan berikan nama sesuai keinginan, ya.

Gunakan HDD Low Level Format

Terakhir kami memberikan salah satu cara terbaik untuk format Flashdisk, yaitu dengan menggunakan aplikasi HDD Low Level Format. Cara format ini bukan cara yang biasa, karena Low Level Format akan membersihkan data sampai ke akar-akarnya, sehingga membuat Flashdisk menjadi seperti baru lagi.

Di bawah ini cara melakukannya:

  1. Pertama silakan kamu search aplikasi HDD Low Level Format Tool di internet. Atau kamu bisa juga mengunjungi link ini.
  2. Download aplikasi tersebut kemudian instal seperti biasa.
  3. Jika sudah, silakan buka aplikasi HDD Low Level Format Tool.
  4. Selanjutnya pilih Flashdisk yang ingin kamu format, setelah itu klik Continue.
  5. Kemudian kamu hanya perlu mengikuti panduan format yang sudah tertera pada aplikasi tersebut.
  6. Prosesnya hanya beberapa menit tergantung kapasitas dan banyak data di Flashdisk kamu.
  7. Silakan tunggu saja sampai selesai, ya.

Akhir Kata

Mengatasi Flashdisk minta format terus menerus dapat dibilang gampang-gampang susah. Namun, selagi penyebab maslah tersebut bukan dari komponen tentu akan bisa diperbaiki dengan mudah melalui cara-cara yang sudah dijelaskan diatas.

Mungkin cukup sekian dulu artikel pada kesempatan ini mengenai cara mengatasi Flashdisk minta format (paling ampuh) yang bisa kamu jadikan panduan dan acuan. Semoga bermanfaat dan membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *