Aplikasi Adzan (Jadwal Sholat) Otomatis di Android

Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk segera meninggalkan aktivitas apapun ketika mendengar adzan berkumandang. Hal ini dikarenakan adzan merupakan panggilan untuk umat Islam sebagai tanda masuknya sholat 5 waktu.

Namun, terkadang ada diantara kita yang tidak mendengar suara adzan karena memang rumahnya jauh dari masjid, sedang melakukan perjalanan di pelosok, ataupun sedang berada di dalam ruangan yang kedap suara.

Tapi tenang! Di zaman yang sudah serba canggih ini, kita bisa mendapatkan alarm adzan dari aplikasi adzan otomatis. Tertarik menggunakannya di HP Android kamu? Silahkan pilih aplikasi yang sesuai di bawah ini.

Muslim Pro

via Google Play

Hadir bersama Bitsmedia Pte Ltd, Muslim Pro berhasil menjadi salah satu aplikasi adzan terbaik di Google Play Store. Bukan sekadar terbaik dari segi tampilan ya, melainkan dari fitur yang ditawarkan oleh pengembangnya.

Seirama dengan fitur adzan yang ada, aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur unggulan seperti jadwal sholat akurat, waktu berpuasa selama Ramadhan, Al-Qur’an audio beserta terjemahannya, dan fitur keren lainnya.

Khusus untuk fitur yang berhubungan dengan tempat dan waktu, nantinya akan disinkronkan secara otomatis dengan wilayah kamu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan pengingat sholat dengan akurat.

Nama aplikasiMuslim Pro
PengembangBitsmedia Pte Ltd
Rating4,6
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Salatuk (Prayer Time)

via Google Play

Secara tegas, Masarat App selaku pengembang aplikasi Salatuk mendeskripsikan kalau aplikasi ini mampu menunjukkan waktu sholat dan arah kiblat di manapun kita berada dengan dukungan algoritma yang diadopsi banyak negara Muslim.

Agar aplikasi bisa berjalan dengan baik, kamu diharuskan mengaktifkan lokasi (GPS) setelah melakukan instalasi. Hal ini dimaksudkan untuk konfigurasi jadwal sholat supaya sesuai dengan wilayah kamu saat ini.

Setelah berhasil terinstall, kamu akan mendengarkan suara adzan setiap waktu sholat. Keakuratan jadwal sholat akan secara otomatis dilakukan aplikasi dengan catatan kamu tetap menghidupkan fitur lokasi.

Nama aplikasiSalatuk (Prayer Time)
PengembangMasarat App
Rating4,7
Ukuran31 MB
DownloadGoogle Play

Jadwal Sholat dan Imsakiyah

via Google Play

Seperti namanya, aplikasi Jadwal Sholat dan Imsakiyah memiliki fungsi untuk memberikan notifikasi alarm sholat dan imsakiyah. Jadi, ketika sudah masuk waktu tersebut, HP kamu akan memunculkan notifikasinya.

Oh ya, kamu juga akan mendapatkan display hitungan waktu ke sholat berikutnya layaknya jam digital di masjid. Sama halnya dengan jadwal imsakiyah, aplikasi ini akan menampilkan waktu imsakiyah ketika menjelang imsak.

Sekadar info, di aplikasi ini, kamu diberikan berbagai jenis pilihan notifikasi, termasuk notifikasi dengan suara adzan dan alarm. Tidak diragukan lagi, Jadwal Sholat & Imsakiyah layak dijadikan aplikasi alarm adzan otomatis di HP kamu.

Nama aplikasiJadwal Sholat & Imsakiyah
PengembangKodelokus Cipta
Rating4,6
Ukuran12 MB
DownloadGoogle Play

Umma

via Google Play

Untuk ukuran aplikasi Muslim yang memiliki fitur lengkap, Umma tidak bisa lagi disebut sebagai aplikasi jadwal sholat semata. Lebih dari itu, aplikasi ini bisa terbilang media sosial Muslim dengan berbagai fitur utama.

Dalam aplikasi ini, kamu bisa menemukan fitur unggulan seperti Al-Qur’an online (tanpa iklan), waktu sholat dan adzan, penunjuk arah kiblat, live streaming dan Q&A, uClass, media sosial muslim dan konten harian.

Hmm… Bagaimana? Sangat lengkap, bukan? Dengan size aplikasi yang hanya 36 MB saja, tentu tidak akan membuat memori HP kamu cepat penuh. Yang paling penting, kamu sudah bisa mengakses semua fitur Umma secara gratis.

Nama aplikasiUmma
PengembangUmma
Rating4,6
Ukuran36 MB
DownloadGoogle Play

Athanotify

via Google Play

Sebagai salah satu aplikasi pengingat sholat, Athanotify hadir dengan fitur yang sangat relevan. Mulai dari arah kiblat, jadwal sholat waktu mingguan, alarm subuh, hingga pengingat waktu iqamah, semuanya ada.

Selain itu, kamu juga bisa memilih dan mengganti suara adzan sesuai keinginan. Tentunya, kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu pada direktori yang sudah disediakan, baru setelah itu bisa menggunakannya.

Untuk mempercantik tampilan HP kamu, Athanotify juga menyediakan widget yang berisi informasi jam digital, kalender nasional, kalender hijriah, dan waktu yang tersisa untuk sholat berikutnya. Cukup lengkap, ya?

Nama aplikasiAthanotify
PengembangEl Cheikh
Rating4,5
Ukuran7,9 MB
DownloadGoogle Play

Waktu Adzan dan Kiblat

via Google Play

Dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya, Waktu Adzan & Kiblat memiliki tampilan yang sangat minimalis. Pada halaman utama, kamu hanya akan menemukan menu Waktu Adzan dan Arah Kiblat saja.

Dengan sedikitnya fitur yang diberikan, sudah bisa disimpulkan kalau ukuran aplikasi ini cukup kecil. Ya, benar! Ukuran aplikasinya hanya 3,8 MB saja. Cocok untuk kamu pengguna HP dengan spesifikasi menengah ke bawah.

Namun, walaupun fiturnya sangat sedikit, aplikasi ini tetap mendapatkan ulasan dan rating yang tinggi di Google Play. Jadi, tidak perlu lagi meragukan fitur utama dari aplikasi Waktu Adzan & Kiblat.

Nama aplikasiWaktu Adzan & Kiblat
PengembangGITS Indonesia
Rating4,4
Ukuran3,8 MB
DownloadGoogle Play

Prayer Times: Qibla & Adzan

via Google Play

Dikembangkan oleh Souf di Amerika Serikat, aplikasi Prayer Times menjamah pengguna mancanegara dengan beberapa dukungan bahasa seperti bahasa Inggris, Perancis, Arab, Italia, Jerman, Albania, Turki, dan Indonesia tentunya.

Memiliki fungsi umum layaknya aplikasi adzan dan sholat lainnya, Prayer Times memberikan 8 varian suara adzan yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan nada alarm dengan muadzin favorit kamu.

Oh ya, jika kamu hendak mengganti nada alarm adzan sholat 5 waktu, maka bisa menggunakan fitur Alarm Customization. Pada fitur tersebut, kamu bisa menggunakan nada kustom yang tersimpan di memori perangkat.

Nama aplikasiPrayer Times
PengembangSouf.
Rating4,5
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan

via Google Play

Sangat fokus dengan tema adzan dan sholat, halaman utama aplikasi karya Andi Unpam ini langsung menampilkan jadwal sholat sesuai wilayah. Dengan desain tersebut, kamu bisa segera tahu kapan waktu untuk mendirikan sholat fardhu.

Informasi seputar arah kiblat juga tak luput sehingga tidak perlu khawatir ketika bepergian tanpa tahu arah kiblat. Yang cukup unik, kamu juga bisa mengetahui jarak Ka’bah dari lokasi kamu berada.

Ketika bulan Ramadhan, kamu juga akan mendapatkan alarm notifikasi saat memasuki waktu imsak. Fitur ini juga berlaku saat kamu menjalankan puasa sunnah ya. Jadi tetap bisa dijadikan patokan untuk imsak di hari biasa.

Nama aplikasiJadwal Sholat, Kiblat dan Adzan
PengembangAndi Unpam
Rating4,7
Ukuran8,7 MB
DownloadGoogle Play

Prayer Times

via Google Play

Bukan hanya mendapatkan notifikasi adzan ketika masuk waktu sholat. Dengan aplikasi Prayer Times, kamu juga akan mendapatkan notifikasi ketika waktu sholat sudah berakhir. Hal ini sangat memungkinkan untuk meningkatkan kedisiplinan waktu kita.

Untuk menambah pengetahuan, Dawet-e-Islami selaku pengembang juga menyematkan fitur feed berita yang berkaitan dengan sholat. Jadi, kamu bisa membaca berita terbaru ketika terdapat update postingan dari penulis.

Menurut keterangan pengembang, aplikasi ini dikembangkan dengan tujuan membuat umat Islam sadar tentang waktu sholat dari lokasi mana pun. Untuk itu, aplikasi adzan Android ini layak terinstall di HP kamu.

Nama aplikasiPrayer Times
PengembangDawet-e-Islami
Rating4,9
Ukuran40 MB
DownloadGoogle Play

Prayer Times Muslim All in One

via Google Play

Jika bahasa default HP kamu adalah bahasa Indonesia, mungkin tidak ketemu ya ketika mencari aplikasi ini. Jadi, yang akan muncul di urutan #1 pencarian Google Play adalah Jadwal Sholat dan Kiblat, Al Quran, Hadis.

Ya, benar! Aplikasi itu sama saja kok. Akan tetapi, ketika dicari menggunakan bahasa yang berbeda, maka judul aplikasinya juga akan berbeda. Nah, sekarang, kamu sudah tahu kan yang mana aplikasinya?

Secara umum, fitur aplikasi ini hampir mirip dengan Muslim Pro. Namun, ada perbedaan yang sangat mencolok yaitu aplikasi Prayer Times Muslim All in One ini dikembangkan oleh anak bangsa “the WALi studio”. Bangga!

Nama aplikasiPrayer Times Muslim All in One
Pengembangthe WALi studio
Rating4,6
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Itulah 10 rekomendasi aplikasi adzan sholat otomatis yang bisa kamu gunakan di HP Android. Dengan aplikasi ini, semoga kita sebagai umat Islam mampu menjaga waktu sholat agar tidak telat-telat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *