Cara Menghitung Jumlah Kata di Word (PC, HP, dan Online)

Saat kamu membuat sebuah dokumen tertentu menggunakan aplikasi Microsoft Office Word, kadang kamu perlu tahu berapa jumlah kata yang sudah kamu tuliskan di dokumen tersebut. Jumlah kata ini biasanya diperlukan dalam beberapa hal.

Nah, sebagai aplikasi pengolah kata terbaik hingga saat ini, Microsoft tentu akan selalu memberikan fitur terbaik pada aplikasi Word. Salah satu fitur yang terbilang cukup simpel namun sangat penting ini juga pastinya dihadirkan dalam aplikasi Word.

Tapi ternyata, masih banyak pengguna aplikasi Office Word yang masih belum mengetahui dimana letak fitur penghitung jumlah kata ini. Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan artikel mengenai cara menghitung jumlah kata di Word. Silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Cara Menghitung Jumlah Kata di Word Windows

Pengguna terbesar aplikasi Microsoft Office Word ini berada di perangkat komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Jika kamu adalah salah satu penggunanya, berikut cara untuk melihat jumlah kata di Word Windows:

  1. Buka dokumen Word yang ingin kamu lihat jumlah katanya.
  2. Buka tab Review yang ada di menu bar bagian atas.
  3. Pilih opsi Word Count yang terletak di sub menu Proofing.
  4. Akan muncul sebuah jendela berisi keterangan dokumen tersebut.
  5. Kamu bisa melihat jumlah kata di bagian Words.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa melihat jumlah halaman, jumlah karakter tanpa spasi, jumlah karakter dengan spasi, jumlah paragraf, hingga jumlah baris yang ada pada dokumen tersebut.

Cara menghitung jumlah kata di Word ini bisa digunakan di semua versi Word, mulai dari Word 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, Word 365, dan versi Word lain.

Cara Menghitung Jumlah Kata di Word Mac

Tampilan aplikasi Microsoft Word di perangkat Windows dan Mac memiliki sedikit perbedaan, jadi untuk melihat jumlah kata di Word Mac, caranya juga sedikit berbeda dengan melakukannya di PC Windows. Berikut selengkapnya.

  1. Jalankan aplikasi Word, lalu buka dokumen Word kamu.
  2. Setelah berkas terbuka, pilih opsi Tools.
  3. Pada menu dropdown yang muncul, pilih Word Count.
  4. Akan muncul jendela berisi keterangan jumlah kata.
  5. Selesai.

Cara Menghitung Jumlah Kata Sebagian di Word (Windows & Mac)

Selain melihat jumlah kata keseluruhan di dalam sebuah dokumen Word, kamu juga bisa melihat jumlah kata sebagian saja. Jumlah kata tersebut dihitung sesuai dengan kata yang kamu blok atau seleksi. Berikut caranya:

  1. Blok sebagian teks yang ingin kamu hitung jumlah katanya.
  2. Buka tab Review (Windows) atau Tools (Mac).
  3. Pilih opsi Word Count.
  4. Pada jendela yang muncul, kamu bisa melihat jumlah kata tersebut.

Cara Menghitung Jumlah Kata di Word HP

Awalnya aplikasi Microsoft Office Word hanya tersedia untuk perangkat PC saja, namun seiring berkembangnya teknologi, kini aplikasi Word juga hadir di HP, baik itu HP Android ataupun iPhone.

Untuk kamu yang lebih sering menggunakan aplikasi Word di HP Android atau iOS, ternyata kamu juga bisa melakukan hal yang sama, yaitu melihat jumlah kata sebuah dokumen. Berikut langkah-langkah lengkapnya:

  1. Buka aplikasi Word di Android atau iPhone kamu.
  2. Buka dokumen Word yang ingin kamu lihat jumlah katanya.
  3. Ketuk menu Edit dengan logo huruf A kapital yang disertai dengan pensil.
  4. Ketuk menu Home, lalu pilih opsi Review.
  5. Pada jendela Review, pilih opsi Word Count.
  6. Akan muncul jumlah kata pada dokumen Word tersebut.

Cara Menghitung Jumlah Kata di Word Online

Microsoft Office Word juga kini telah hadir dalam versi web yang bisa kamu gunakan secara online seperti Google Docs. Bagi kamu yang baru saja menggunakannya mungkin akan merasa bingung, karena tampilannya sedikit berbeda dengan aplikasi Word biasa.

Namun sebenarnya, untuk melihat jumlah kata di Word online itu sangatlah mudah, bahkan kamu tidak perlu membuka menu apapun. Karena jika kamu perhatikan dengan teliti, kamu bisa menemukan jumlah kata tersebut di bagian bar bawah dokumen.

Sekian artikel mengenai cara menghitung jumlah kata di Word secara lengkap. Nah, setelah kamu membaca artikel ini hingga selesai, kami harap bahwa kamu telah memahami cara untuk melihat jumlah kata di Word.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *