Aplikasi Antivirus Terbaik (Ampuh) untuk Android

Dulu, kita tahu bahwa virus hanya ada dan menyerang perangkat komputer atau PC saja. Namun, saat ini perangkat Android pun tak luput dari serangan virus. Bahkan, virus Android kini ada banyak jenisnya dengan berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan.

Dari sekian banyak virus Android, Malware adalah salah satunya. Virus ini biasanya bekerja dengan cara mengambil alih fungsi Android, lalu mencuri data pribadi pengguna hingga mengirim pesan teks otomatis.

Nah, kalau kamu termasuk pengguna Android yang suka menyimpan data-data penting di ponsel, sebaiknya segera install aplikasi antivirus Android. Di bawah ini sudah kami siapkan daftar 14 antivirus Android terbaik yang bisa dicoba.

Safe Security – Antivirus Gratis

via Google Play

Total install yang sudah mencapai angka 100 juta lebih menjadi bukti bahwa Safe Security – Antivirus Gratis adalah salah satu pilihan terbaik. Jika kamu mencari aplikasi antivirus Android paling ampuh, maka silahkan coba aplikasi ini.

Safe Security dibangun dengan antarmuka pengguna yang ramah. Kamu hanya perlu satu ketukan jari untuk mengamankan ponsel dari serangan virus. Adapun fitur yang dibawa aplikasi ini diantaranya penghapus file sampah, pengunci aplikasi dan privasi, serta pengelola aplikasi.

Fitur terpenting menurut kami adalah fitur kunci aplikasi dan privasi. Sebab, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah orang lain mengakses file pribadi seperi foto, dokumen, hingga aplikasi tertentu.

Nama aplikasiSafe Security – Antivirus Gratis
PengembangSafe Security Develop
Rating4,6
Ukuran26 MB
DownloadGoogle Play

AVG AntiVirus Gratis

via Google Play

Sejak dulu, AVG adalah salah satu antivirus terkenal yang tersedia untuk perangkat PC. Dengan makin bertambahnya pengguna ponsel cerdas, AVG mobile pun diciptakan guna melindungi pemakai smartphone dari serangan virus Android.

Fitur-fitur yang ditawarkan pada AVG versi mobile ini tidak perlu ditanyakan lagi. Selain fitur utama yakni pemindaian virus pada aplikasi, game, hingga file, pengguna juga akan mendapatkan banyak fitur ekstra yang sangat bermanfaat.

Salah satu fitur yang sepertinya tidak banyak dimiliki oleh antivirus lain yaitu fitur anti pencurian. Fitur ini seperti namanya, dapat membantu kamu menemukan ponsel yang hilang melalui Google Maps.

Nama aplikasiAVG Antivirus Gratis
PengembangAVG Mobile
Rating4,7
Ukuran33 MB
DownloadGoogle Play

Avast Antivirus

via Google Play

Sama seperti AVG, Avast juga sudah lama menjadi antivirus andalan para pengguna PC. Kini, pada versi mobile nya, Avast juga tidak main-main dengan menghadirkan berbagai fitur untuk melindungi ponsel dari serangan malware dan jenis virus Android lainnya.

Avast Mobile Security adalah jawaban bagi kamu yang bertanya tentang aplikasi antivirus terbaik free. Kamu bisa download gratis antivirus ini dan dapatkan perlindungan menyeluruh untuk smartphone kamu.

Pemindai virus, pengunci aplikasi, app insight, serta pembersih file sampah adalah beberapa fitur yang ada pada Avast mobile. Selain itu, tersedia juga fitur VPN yang bisa digunakan untuk melindungi privasi saat kamu menjelajahi internet.

Nama aplikasiAvast Antivirus Gratis
PengembangAvast Software
Rating4,7
Ukuran33 MB
DownloadGoogle Play

Defender Security

via Google Play

Defender Security mengklaim diri sebagai antivirus teratas dunia berdasarakan hasil uji lembaga AV-TEST. AV-TEST adalah lab uji khusus untuk keamanan siber yang bermarkas di Jerman.

Defender Security membawa beberapa fitur canggih seperti pemindai keamanan, anti peretasan, pengoptimalan memori, dan pembersih file sampah. Selain itu, fitur VPN juga sudah ada sehingga kamu tidak perlu menginstall aplikasi VPN secara terpisah.

Untuk fitur pemindai virus nya sendiri, Defender Security menyediakan dua metode pemindaian. Pindai cepat bisa dipakai jika tidak mau menunggu proses scanning yang lama. Sementara jika ingin antivirus ini memindai lebih dalam, kamu bisa pilih metode pindai sepenuhnya.

Nama aplikasidfndr Security
PengembangPSafe
Rating4,5
Ukuran36 MB
DownloadGoogle Play

Kaspersky Antivirus

via Google Play

Kaspersky Antivirus sudah diinstall lebih dari 50 juta kali di Playstore. Itu menjadi bukti bahwa aplikasi antivirus Android ini adalah salah satu pilihan terbaik.

Kaspersky menawarkan perlindungan menyeluruh pada ponsel maupun tablet saat digunakan berselancar di dunia maya. Antivirus ini akan memfilter link dan juga situs berbahaya yang dicurigai menyebar virus dan malware.

Adapun rincian fitur yang terdapat pada Kaspersky Antivirus diantaranya pemindai dan pembersih virus, app lock, anti phising untuk menjaga informasi keuangan saat belanja online, dan fitur temukan ponsel saya yang bisa diaktifkan saat ponsel kamu hilang atau dicuri.

Nama aplikasiKaspersky Antivirus
PengembangKaspersky Lab
Rating4,8
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Norton Mobile Security

via Google Play

Selevel dengan Kaspersky dalam hal jumlah install di Playstore, Norton Mobile Security juga layak dicoba jika kamu mencari aplikasi antivirus Android terbaik 2020.

Pasalnya, antivirus untuk perangkat Android ini merupakan salah satu brand terpercaya yang berhasil meraih penghargaan dari AV-TEST sebagai salah satu aplikasi antivirus ponsel paling ampuh.

Norton Mobile Security sebenarnya berbayar. Tapi kamu bisa coba versi trial selama 30 hari dan akan mendapatkan fitur lengkap seperti pemindai virus, perlindungan privasi online, Wi-Fi security, filter web berbahaya, dan blokir panggilan dari nomor tertentu.

Nama aplikasiNorton Mobile Security
PengembangNorton Mobile
Rating4,7
Ukuran28 MB
DownloadGoogle Play

Lookout

via Google Play

Meski mungkin terdengar asing, Lookout adalah aplikasi keamanan seluler yang sudah dipakai oleh puluhan juta orang dan perusahaan di seluruh dunia. Menurut data di Playstore, antivirus ini sudah diinstall lebih dari 100 juta kali.

Yang menarik, antivirus Android yang dikembangkan oleh Lookout Mobile Security ini sebenarnya merupakan aplikasi premium. Namun, versi gratisnya ternyata bisa terus dipakai walaupun masa trial nya sudah berakhir.

Nah, mengenai fitur, Lookout layaknya antivirus lain juga membawa beragam fitur seperti pemindaian aplikasi, pencarian ponsel yang hilang, perlindungan privasi, kunci dan hapus data jarak jauh, dan filtering tautan saat kamu akan mengunjungi situs tertentu.

Nama aplikasiLookout
PengembangLookout Mobile Security
Rating4,5
Ukuran15 MB
DownloadGoogle Play

ESET Mobile Security & Antivirus

via Google Play

Merupakan salah satu antivirus Android tercepat dan paling tangguh untuk melindungi ponsel kamu dari serangan berbagai jenis virus dan malware.

ESET Mobile Security & Antivirus menyajikan antar muka pengguna yang sederhana sehingga memudahkan siapapun saat menjalankannya. Setelah diinstall, kamu akan langsung mendapatkan versi uji coba selama 30 hari.

Meski hanya trial, tapi kamu diizinkan untuk menikmati fitur premium seperti Wi-Fi security, anti pencurian, kunci aplikasi dengan sidik jari, pemindaian otomatis terjadwal, hingga anti pishing untuk melindungi kamu dari pencurian data saat online.

Nama aplikasiESET Mobile Security & Antivirus
PengembangESET
Rating4,8
Ukuran25 MB
DownloadGoogle Play

Mobile Security

via Google Play

McAfee Mobile Security adalah aplikasi pelindung perangkat Android gratis dan terbaik buatan McAfee LLC. Kamu tidak perlu membayar sepeserpun untuk membentengi smartphone dari serangan virus.

McAfee Mobile Security ditanami sistem keamanan dari McAfee® Global Threat Intelligence. Sistem ini lah yang secara cerdas akan melindungi ponsel dari ancaman virus, malware, phishing, dan spyware.

Selain perlindungan dari virus, McAfee Mobile Security juga dilengkapi fitur tambahan diantaranya anti maling, manajemen ponsel jarak jauh, pengaman Wi-Fi, pengoptimalan baterai, pembersih RAM, penghapus file sampah, dan pembatasan penggunaan data seluler.

Nama aplikasiMobile Security
PengembangMcAfee LLC
Rating4,5
Ukuran50 MB
DownloadGoogle Play

Web Security Space

via Google Play

Anti virus yang satu ini tidak hanya bisa dipakai pada ponsel Android saja. Namun, Web Security Space buatan Doctor Web Ltd ini juga bisa digunakan untuk melindungi perangkat lain seperti konsol game, pemutar media, hingga smart TV berbasis Android.

Keunggulan yang dimiliki antivirus ini terletak pada kemampuannya untuk mendeteksi file atau aplikasi berbahaya dengan sangat cepat. Pemindaian file sistem pun dilakukan secara realtime dan laporannya bisa dilihat secara realtime pula.

Adapun fitur yang terkemas dalam antivirus ini diantaranya yaitu filter URL, pemblokiran aplikasi untuk anak-anak, audit security, pengaman Wi-Fi, buka kunci trojan dan ransomware, dan anti pencurian.

Nama aplikasiWeb Security Space
PengembangDoctor Web, Ltd
Rating4,6
Ukuran34 MB
DownloadGoogle Play

Avira Antivirus

via Google Play

Tidak jauh berbeda dengan versi desktop nya, Avira versi mobile juga cukup handal dalam membasmi virus yang bersarang di ponsel. Dengan sistem perlindungan menyeluruh, kamu tidak membutuhkan antivirus tambahan setelah menginstall Avira.

Avira menawarkan sistem pemindaian virus berkualitas yang dapat mendeteksi dan menghapus berbagai jenis virus dan malware. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan fitur pengoptimalan sistem dan VPN gratis.

Tidak hanya itu, Avira juga membawa fitur tambahan seperti perlindungan data pribadi, pelacak ponsel yang hilang, peringatan akses privasi, dan scanner wifi yang semuanya bisa kamu pakai secara gratis.

Nama aplikasiAvira Antivirus
PengembangAVIRA
Rating4,5
Ukuran37 MB
DownloadGoogle Play

Malwarebytes Security

via Google Play

Setiap harinya, Malwarebytes Security dikatakan mampu mendeteksi sekaligus memblokir ancaman dari berbagai jenis virus. Ini merupakan bukti kuat yang menunjukkan betapa tangguhnya antivirus Android yang satu ini.

Malwarebytes Security tersedia dalam versi free dan berbayar. Namun, versi gratisnya tetap bisa digunakan selamanya meskipun ada pengurangan fitur dari versi premium.

Dengan hanya menginstall Malwarebytes Security versi free, kamu sudah bisa menikmati fitur-fitur canggih seperti perlindungan dari ransomware, web phishing, dan melakukan audit atau mengontrol aplikasi yang diam-diam membaca informasi pribadi kamu.

Nama aplikasiMalwarebytes Security
PengembangMalwarebytes
Rating4,6
Ukuran47 MB
DownloadGoogle Play

Bitdefender Antivirus

via Google Play

Bitdefender juga sejak lama dikenal sebagai salah satu antivirus terbaik. Karena, sebelum tersedia untuk perangkat mobile, antivirus ini sudah lebih dulu hadir dalam versi desktop.

Dan, ya, meskipun anti virus Android ini gratis sepenuhnya, tapi dari segi fitur dan kemampuannya tidak perlu diragukan. Bahkan, Bitdefender Antivirus diklaim memiliki sistem proteksi paling tangguh yang dapat memberi perlindungan 24 jam secara otomatis.

Kemudian yang tidak kalah penting, proses scanning dan pembersihan virus oleh antivirus ini tidak akan memberatkan ponsel karena Bitdefender menggunakan layanan in the cloud.

Nama aplikasiBitdefender Antivirus
PengembangBitdefender
Rating4,6
Ukuran9,8 MB
DownloadGoogle Play

V3 Mobile Security

via Google Play

Di urutan terakhir, aplikasi antivirus terbaik untuk Android yang kami rekomendasikan adalah V3 Mobile Security. Aplikasi ini merupakan buatan developer asal Korea yaitu AhnLab Inc.

Seperti antivirus lainnya yang telah dibahas di atas, anti virus ini juga punya kemampuan yang sangat tangguh untuk melindungi smartphone kamu dari jangkitan virus-virus berbahaya.

Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini antara lain pemantauan dan pemeriksaan realtime terhadap virus, quick scan, pembersih log dan data chace aplikasi, pengoptimalan ponsel, app lock, hingga filter URL untuk mencegah kamu membuka web phishing.

Nama aplikasiV3 Mobile Security
PengembangAhnLab Inc.
Rating4,6
Ukuran25 MB
DownloadGoogle Play

Itulah daftar aplikasi antivirus Android terbaik yang paling ampuh untuk membasmi virus-virus di smartphone kamu. Silahkan pilih salah satunya kemudian install pada ponsel masing-masing.

Perlu diketahui, antivirus di atas beberapa diantaranya tidak memerlukan akses root. Jadi, kamu tetap bisa mencobanya pada hp yang belum di-root.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *