Lompat ke konten

Cara Mengembalikan Word yang Belum Tersimpan (Semua Versi)

  • oleh

Perangkat tiba-tiba mati saat sedang mengetik di aplikasi MS Word? Hal ini terkadang membuat cemas karena file belum sempat di save. Namun tenang, jangan langsung mengambil tindakan untuk mengerjakan ulang.

Karena asalkan kamu tahu bahwa aplikasi Microsoft Word sendiri dibekali dengan berbagai macam fitur menarik dan sangat membantu, salah satunya adalah fitur untuk mengembalikan dokumen yang belum disimpan.

Jadi, masalah file Word yang hilang bisa diatasi dengan mudah. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara mengembalikan file Word yang belum disimpan karena laptop atau PC mati. Simak caranya dibawah ini.

1. Pulihkan Dokumen Word yang Belum Tersimpan dengan Temporary File

Recover Unsaved Documents

Cara pertama untuk mengembalikan dokumen Word yang belum tersimpan adalah dengan menggunakan fitur Temporary File, fitur ini bisa digunakan untuk memulihkan satu file pada saat perangkat yang kamu gunakan bermasalah.

Namun, ada syarat yang harus kamu perhatikan jika ingin menggunakan fitur Temporary File ini, yaitu kamu harus mengaktifkan fitur AutoSave pada aplikasi Microsoft Word agar lebih mudah saat menentukan file yang akan dikembalikan atau dipulihkan.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Pilih menu File.
  3. Klik opsi Info, kemudian pilih Manage Document.
  4. Pilih fitur Recover Unsaved Document.
  5. Klik dokumen yang ingin kamu pulihkan.

Cara ini tergolong cukup mudah dan efektif untuk mengembalikan dokumen Word yang belum tersimpan. Fitur Temporary File tersedia di hampir semua versi Microsoft Word, yaitu mulai dari MS Word 2003 ke atas. 

2. Mengembalikan File Word Menggunakan Fitur AutoRecover

Selain menggunakan fitur Temporary File, kamu juga bisa mengembalikan dokumen Word yang belum tersimpan menggunakan fitur lainnya, yaitu AutoRecover. Fitur yang satu ini akan otomatis membuka kembali dokumen yang belum sempat disimpan.

Sehingga, kamu akan langsung menemukan file tersebut ketika membuka aplikasi MS Word. Namun, jika file tidak langsung muncul, kamu bisa melakukan cara untuk mengembalikan file Word di bawah ini:     

  1. Buka aplikasi MS Word.
  2. Klik menu File.
  3. Pilih Options, kemudian pilih menu Simpan atau Save.
  4. Salin atau Copy tulisan direktori folder pada kolom AutoRecover File Location.
    AutoRecover File Location
  5. Buka File Explorer dan paste direktori tadi ke Address Bar File Explorer.
  6. Copy file dengan format “asd” yang kamu temukan di File Explorer.
    ASD file Word
  7. Buka kembali aplikasi Microsoft Word.
  8. Pilih menu File, kemudian Open.
  9. Klik pilihan Recover Unsaved Document yang berada di bagian bawah.
    Recover Unsaved Documents Word
  10. Paste file “asd” ke dalam file name box yang muncul.
  11. Klik Open.

Jika muncul pesan error saat membuka file tersebut, ulangi lagi untuk membuka file tersebut dan klik tanda panah disamping tombol Open, alu pilih opsi Open and Repair. Otomatis file Word yang belum tersimpan akan terbuka.

Dengan menggunakan fitur AutoRecover, maka kamu tidak perlu khawatir lagi dengan file yang belum sempat disimpan. Namun sayangnya, fitur ini hanya bisa kamu nikmati dengan menggunakan aplikasi MS Word versi 2010, 2013, 2016, dan juga 2019.

3. Mengembalikan File Belum Tersimpan Karena Word Not Responding

Document Recovery Word

Selain 2 cara di atas, masih ada lagi 1 cara yang bisa kamu lakukan. Cara ini dapat dilakukan saat kamu mengalami masalah dimana file belum sempat disimpan, namun aplikasi MS Word tiba-tiba crash atau Not Responding.

Jangan khawatir, aplikasi Word sendiri dibekali dengan fitur otomatis yang akan membuat dokumen yang kamu buat tidak hilang dengan membuka kembali aplikasi MS Word, kemudian klik pilihan Document Recovery di bagian kiri, lalu tekan Open. Mudah bukan?   

Nah, itulah 3 cara mengembalikan Word yang belum tersimpan di komputer atau laptop kamu. Kami sarankan untuk menyimpan file Word secara berkala atau hidupkan fitur AutoSave, ini bertujuan agar hal serupa tidak terjadi lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.