Lompat ke konten

Cara Ampuh Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi di Windows

Printer saat ini memang menjadi kebutuhan banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari pekerja kantoran, guru, mahasiswa, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang memiliki printer pribadi untuk menunjang kebutuhan tersebut.

Sebelum lanjut, kita perlu tahu dulu nih apa itu printer. Kalau secara bahasa printer berasal dari kata print yang berarti cetak. Jadi kalau diartikan secara istilah, printer merupakan alat untuk mencetak atau mempresentasikan grafis dan tulisan pada media kertas atau media sejenisnya.

Untuk bisa menggunakan printer sebenarnya mudah, karena kamu hanya perlu menghubungkan alat tersebut ke perangkat seperti laptop atau komputer. Selanjutnya untuk mencetak kamu hanya perlu menjalankan perintah print pada perangkat tersebut, agar nantinya printer bisa mempresentasikan perintah tersebut.

Penyebab Printer Tidak Terdeteksi

Masalah printer tidak terdeteksi di Windows 10 sejauh yang saya tahu sih cukup bervariasi. Terkait penyebabnya juga ada berbagai mancam, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terjadi kerusakan pada kabel
  • Driver printer belum terpasang
  • Driver tidak kompatibel
  • Device printer belum ditambahkan
  • Konektor bermasalah
  • Services printer bermasalah
  • Printer rusak secara komponen
  • Dan sebagainya

Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum penyebab dari masalah tersebut berasal dari sistem dan komponen printernya sendiri. Jika terjadi masalah tersebut, tentu printer tidak akan tebaca atau terdeteksi pada perangkat dan menyebabkan printer tidak merespon perintah print.

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi

Masalah printer tidak terdeteksi ini bisa terjadi pada semua jenis, tipe, dan merk printer yang dihubungkan ke laptop atau PC Windows apapun. Biasanya ketika kamu mengalami masalah ini, di dalam Windows sering muncul pop up yang berisi pesan error. Selain itu lampu indikator print juga berkedip-kedip tidak seperti biasanya.

Lalu bagaimana cara mengatasi printer tidak terdeteksi? Nah, untuk mengatasinya pada dasaranya ada berbagai macam metode, dan semuanya didasarkan pada penyebab mengapa printer tersebut tidak terdeteksi di Windows. Jadi, silakan simak ulasan di bawah ini untuk lebih detailnya.

Cek USB Printer

Hal paling umum yang menyebabkan printer tidak terdeteksi di Windows biasanya terletak pada USB printer. Untuk itu, yang pertama kamu lakukan adalah melakukan pemeriksaan pada USB printer untuk memastikan tidak adanya kerusakan pada kabel.

Printer non-wireless memang sering mengalami masalah pada kabel USB printer, seperti kabel tertekuk, kabel ada yang putus, kabel terkelupas, port USB tidak tersambung dengan benar, terdapat kotoran pada konektor, dan sebagainya. Akibat dari hal tersebut adalah printer tidak bisa terhubung atau tidak terdeteksi pada Windows.

Untuk mengatasi hal di atas, silakan coba melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan cek kabel USB printer, pastikan tidak ada masalah.
  2. Cek juga pada port USB printernya, lalu silakan coba dibersihkan.
  3. Bersihkan juga port USB di laptop atau PC apabila kotor.
  4. Pastikan kabel power juga tidak bermasalah.
  5. Terakhir, cobalah untuk melepas dan menyambungkan ulang kabel USB pada printernya beberapa kali. Biasanya cara sederhana ini cukup berpengaruh.

Restart Print Spooler

Print spooler merupakan services pada Windows yang berfungsi untuk mengatur dan menjalankan berbagai fungsi dan juga respon pada OS Windows. Apabila services ini bermasalah maka printer juga tidak akan bisa berfungsi dengan semestinya, dan bahkan tidak terdeteksi di Windows.

Untuk mengatasinya silakan coba restart (mulai ulang) print spooler ini dengan cara berikut:

  1. Pertama, buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Pada bagian Open, silakan ketik Services.msc lalu tekan Enter.
  3. Setelah itu pada halaman services yang muncul, silakan kamu scroll ke bawah dan temukan Print Spooler.
  4. Pilih print spooler tersebut, lalu klik kanan kemudian pilih opsi Stop.
  5. Jika sudah, hapus juga log printer yang tersimpan di sistem. Caranya adalah dengan membuka File Exploler dengan menekan tombol Windows + E.
  6. Setelah masuk, silakan pergi ke direktori C:\Windows\System32\spool\PRINTERS, kemudian hapus file–file yang tersimpan folder tersebut. Contoh gambar di bawah pada folder PRINTERS sudah saya bersihkan (kosong).
  7. Setelah itu, masuk kembali ke Services.msc. Lalu pada menu print spooler silakan klik kanan lagi dan pilih Start.
  8. Selanjutnya, silakan kamu klik kanan lagi pada print spooler kemudian pilih Properties lalu pada Startup Type pastikan opsi yang dipilih adalah Automatic.
  9. Jika sudah klik OK kemudian Apply, lalu mulai ulang laptop atau komputer kamu dan tes ulang printernya.
  10. Semoga berhasil.

Pastikan Device Printer Terinstal

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa salah satu penyebab printer tidak terdeteksi adalah karena device printer itu sendiri tidak terinstal di Windows. Hal ini tentu membuat printer tidak bisa difungsikan melalui Windows yang terhubung ke printer.

Untuk itu, pastikan device printer sudah terinstal di Windows dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu masuk ke menu Settings Windows dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Jika sudah, silakan pilih Devices kemudian masuk ke menu Printers & scanners.
  3. Sesudah itu, silakan pastikan printer yang kamu pakai sudah ada di Printer & scanners.
  4. Jika belum ada, silakan tambahkan terlebih dahulu dengan cara klik opsi Add a printer or scanner, lalu tunggu hingga printer terdeteksi.
  5. Jika sudah muncul nama print yang kamu gunakan, silakan klik pada nama printer tersebut kemudian klik Connect untuk menghubungkannya.
  6. Done.

Cek Driver Printer

Jika sudah melakukan langkah-langkah sebelumnya, maka printer yang tidak terdeteksi biasanya akan teratasi. Selain itu, sebelum kamu mencoba kembali printer untuk mencetak sesuatu, silakan pastikan juga device atau driver printer terinstal pada Device Manager, ya.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Run dengan menekan Windows + R, kemudian ketikkan devmgmt.msc lalu Enter.
  2. Jika sudah maka Device Manager akan terbuka, silakan cek pada bagian Print Queues. Pastikan kalau nama printer yang kamu pakai sudah muncul disana.
  3. Selanjutnya, pastikan juga kalau tidak ada tanda seru (!) berwarna kuning pada nama printer tersebut. Jika muncul tanda seru ini berarti driver printer bermasalah.
  4. Apabila kamu mengalami hal tersebut, silakan install ulang driver printer tersebut yang bisa kamu dapatkan dari CD driver printer. Atau kalau tidak ada CD driver, kamu bisa mendownloadnya di situs resmi penyedia driver sesuai dengan merk printer kamu.
  5. Done, pastikan kamu memasang driver yang sesuai ya.

Troubleshoot Printer

Cara selanjutnya untuk mengatasi printer tidak terdeteksi di Windows adalah dengan cara melakukan troubleshooting printer. Dengan cara ini maka Windows akan melakukan scanning dan mendeteksi masalah yang terjadi pada printer dan akan memberikan solusi atau rekomendasi perbaikan.

Nah, langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu masuk ke menu Settings Windows. Bisa dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Jika sudah, silakan pergi ke menu Devices yang berada di pilihan menu Settings.
  3. Selanjutnya silakan kamu buka Printers & scanners.
  4. Kemudian pilih printer yang bermasalah, lalu silakan kamu klik opsi Manage di bawah nama printer.
  5. Pada halaman selanjutnya yang muncul, silakan klik Run the troubleshooter.
  6. Tunggulah hingga proses troubleshoot selesai dan ikuti rekomendasi perbaikan yang disarankan.

Hard Reset Printer

Printer yang tidak terdeteksi kemungkinan juga karena error pada printer itu sendiri. Terutama pada sistem di dalamnya, untuk itu kamu perlu melakukan hard reset printer untuk me-refresh printer agar error di dalamnya juga hilang.

Cara ini sangat kami rekomendasikan setelah kamu mencoba metode-metode yang kami jelaskan sebelumnya. Selain itu, me-reset printer juga bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga printer tetap awet dan normal. Cara reset printer tiap merk dan tipe sebenarnya berbeda.

Namun secara umum cara melakukannya kurang lebih seperti ini:

  1. Pertama, silakan kamu sambungkan printer ke laptop atau PC, kemudian pastikan printer dalam keadaan Off dengan kabel power yang terhubung.
  2. Selanjutnya, silakan kamu tekan dan tahan tombol Resume sekitar 3 sampai 5 detik.
  3. Kemudian, tekan tombol Power bersamaan dengan tombol resume tersebut (jangan dulu dilepas). Setelah itu tunggu hingga lampu hijau menyala (lampu indikator On).
  4. Lepaskan tombol Resume yang kamu tekan, tapi jangan lepas tombol Powernya.
  5. Jika sudah, silakan tekan tombol Resume 5 kali, sambil tetap menekan tombol Power. Nantinya lampu LED printer akan berkedip atau menyala bergantian.
  6. Lepaskan semua tombol yang kamu tekan tersebut, lalu silakan periksa pada laptop atau komputer kamu.
  7. Biasanya disana sistem akan mendeteksi perangkat baru, silahkan kamu koneksikan ke printer tersebut kemudian coba untuk menggunakannya untuk mencetak sesuatu.
  8. Semoga berhasil.

Langkah-langkah yang saya jelaskan di atas bisa kamu coba di segala merk printer, namun jika tidak berhasil silakan kamu baca buku panduan printer. Biasanya disana tertera cara reset atau hard reset printer yang kamu gunakan.

Service Printer

Ketika kamu sudah menjalankan semua cara di atas, akan tetapi printer tetap saja tidak terdeteksi di Windows, kemungkinannya printer yang kamu gunakan mengalami kerusakan secara fisik pada salah satu komponen-komponen printer.

Coba pastikan dulu hal ini dengan cara menghubungkan printer dengan laptop atau PC lain. Jika bisa terdeteksi dan bisa digunakan maka yang bermasalah adalah sistem Windows kamu. Namun jika tidak terdeteksi berarti memang printer yang kamu gunakan rusak secara komponen.

Oleh sebab itu, silakan kamu bawa saja printer tersebut ke tempat servis printer professional, lalu keluhkan saja apa masalah yang sedang kamu alami untuk nantinya dilakukan pengecekan lebih lanjut dan akan dilakukan perbaikan pada printer kamu.

Install Ulang Windows

Nah, jika pada laptop atau PC lain printer tersebut bisa digunakan dan tentunya terdeteksi, kamungkinan besar penyebabnya ada pada OS Windows kamu yang mengalami bug atau error. Untuk mengatasi kasus ini kamu harus menginstal ulang Windows atau dengan me-reset Windows ke pengaturan pabrik (default).

Berikut langkah-langkah install ulang Windows dengan cara Reset ke pengaturan pabrik:

  1. Buka menu Settings dengan cara menekan tombol kombinasi WIndows + I.
  2. Setelah itu, silakan pilih menu Update & Security.
  3. Jika sudah, silakan masuk ke menu Recovery kemudian klik Get started pada bagian Reset this PC.
  4. Selanjutnya pada halaman Choose an option, silakan amankan data disk kamu dengan memilih Keep my files.
  5. Kemudian, pilih Cloud Download guna untuk mengunduh dan menginstal ulang Windows.
  6. Proses download dan instalasi ini memerlukan koneksi internet. Jadi, pastikan kalau kamu terhubung ke jaringan internet.
  7. Langkah selanjutnya klik Next dan lanjutkan prosesnya sampai selesai.

Akhir Kata

Semoga cara-cara yang kami tuliskan di atas bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah printer yang tidak terdeteksi di Windows. Semua metode yang kami ketahui sudah dijelaskan detail pada artikel ini, dan semuanya bisa kamu terapkan pada versi Windows apapun dan juga pada semua merk dan tipe printer.

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan ini, menenai cara mengatasi printer tidak terdeteksi di Windos. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.