Lompat ke konten

Cara Mudah Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Terdeteksi

Bluetooth adalah salah satu komponen bawaan yang tersemat dalam sebuah laptop, yang mana dengan adanya bluetooth sendiri memudahkan aktifitas kita sebagai brainware/pengguna laptop, dimana dengan adanya bluetooth bisa kita menggunakannya untuk terhubung atau berbagi file secara nirkabel ke perangkat lain.

Di sisi lain, terkadang fitur bluetooth di laptop ini tidak selamanya dapat digunakan secara normal karena masalah tertentu seperti, driver bluetooth tidak terbaca, bluetooth peripheral device, bluetooth tidak terdeteksi perangkat lain, dan lain sebagainya.

Ya, masalah pada bluetooth ini sangatlah beragam, dan tentunya sangat merepotkan terutama ketika kamu ingin menggunakan bluetooth tersebut untuk terhubung / berbagi file secara nirkabel. Nah, berangkat dari hal tersebut, pada kesempatan ini kami akan membahas masalah bluetooth laptop tidak terdeteksi dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi

Bluetooth laptop tidak terdeteksi biasanya dikarenakan kesalahan pada sistem, entah karena driver bermasalah, service bluetooth error, atau bahkan memang bluetooth disembunyikan. Biasanya bila terjadi kesalahan pada driver maka akan muncul tanda seru pada ikon bluetooth di taskbar dan di Device Manager.

Nah, Jika kamu sedang mengalami hal ini, tentu kamu perlu mengatasinya agar kamu bisa menggunakan bluetooth di laptop kamu lagi. Terkait hal tersebut, silakan kamu simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara mengatasi bluetooth laptop tidak terdeteksi.

Enable Adapter Bluetooth

Hal pertama yang menyebabkan bluetooth tidak terdeteksi dan tidak bisa digunakan untuk mengirimkan file mungkin ada pada adapter bluetooth yang masih dalam posisi disable. Untuk itu, silakan pastikan adapter bluetooth sudah aktif, ya.

Berikut caranya:

  1. Pertama, bukalah Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan kamu ketik devmgmt.msc pada bagian Open, lalu tekan Enter.
  3. Jika sudah, maka jendela Device Manager akan terbuka dan disana terdapat banyak sekali adapter laptop. Nah, silakan kamu cari Bluetooth.
  4. Jika sudah ketemu, silakan klik kanan pada adapter tersebut kemudian klik Enable device.
  5. Dengan demikian maka bluetooth akan aktif dan bisa digunakan.

Ubah Setting Discoverable Bluetooth

Setelah kamu mengaktifkan adapter bluetooth namun tidak berpengaruh, maka mungkin bluetooth laptop kamu disembunyikan sehingga tidak bisa terlihat oleh perangkat lain ketika diaktifkan. Untuk itu cobalah setting pengaturan discoverable bluetooth.

Pengaturan discoverable ini sendiri berfungsi untuk menampilkan bluetooth di perangkat lain ketika sedang aktif. Nah, bila pengaturan ini nonaktif maka tentu bluetooth laptop kamu tidak akan terdeteksi. Untuk itu, silakan ubah setting discoverable bluetooth dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka kolom pencarian Windows.
  2. Setelah itu, silakan ketik Control Panel.
  3. Setelah hasilnya muncul silakan buka dengan cara klik opsi Open dibawah hasil pencarian.
  4. Selanjutnya halaman Control Panel akan terbuka, dan sesudah itu silakan kamu masuk ke dalam menu Device and Printers.
  5. Kemudian klik kanan pada ikon laptop lalu pilihlah Bluetooth Setting.
  6. Sesudah itu, silakan kamu cari pengaturan Discovery / Visibility, lalu silakan sesuaikan saja pengaturannya agar bluetooth bisa terlihat oleh perangkat lain.
  7. Seperti contoh di bawah ini, saya ceklis pada opsi Allow bluetooth devices to find this pc.
  8. Selesai.

Atur Ulang Service Bluetooth

Pada perangkat komputer terapat service bluetooth yang ditujukan untuk program agar bisa mengaktifkan adapter bluetooth kapan pun ketika ingin digunakan. Yang jadi masalah, adalah jika service bluetooth tersebut tidak berjalan dan membuat bluetooth laptop tidak terdeteksi.

Buat yang belum tahu, service sistem jumlahnya sangat banyak sekali. Semua service sistem yang ada merupakan pengaturan yang digunakan untuk memanagement komponen-komponen yang ada di komputer atau laptop dan juga komponen eksternal yang terhubung.

Nah, karena itulah silakan atur ulang service bluetooth dengan cara berikut ini:

  1. Pertama, tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka Windows Run.
  2. Jika sudah terbuka, silakan ketik services.msc kemudian tekan Enter.
  3. Setelah halaman Service sistem terbuka, silakan kamu scroll ke bawah dan temukan Bluetooth Support Service.
  4. Jika sudah ketemu, silakan pilih dan klik kanan pada bagian tersebut lalu pilih Properties.
  5. Setelah muncul jendela baru, silakan kamu masuk di tab General, lalu pilih opsi Stop pada bagian Service status apabila kondisi services sebelumnya sudah running.
  6. Selanjutnya, silakan mulai kembali service dengan cara klik Start pada bagian tersebut.
  7. Selesai.

Periksa Driver Bluetooth

Bluetooth yang terdapat pada laptop dapat berfungsi bila ada program penggeraknya. Nah, program ini adalah driver bluetooth, yang mana services sistem bluetooth dan pengaturan discoverable bluetooth juga menjadi bagian dari driver ini.

Nah, ketika driver tersebut tidak kompatibel dengan perangkat maka bluetooth laptop bisa saja tidak terdeteksi. Untuk itu, coba cek pembaruan driver untuk mengatasi hal ini. Berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, silakan kamu buka terlebih dahulu Device Manager dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + R kemudian ketik devmgmt.msc dan tekan Enter.
  2. Setelah Device Manager terbuka, silakan kamu masuk ke menu Bluetooth kemudian pilih device atau driver bluetooth sistem laptop kamu.
  3. Silakan kamu klik kanan pada device/driver tersebut kemudian pilih saja Update Driver.
  4. Pada halaman selanjutnya yang muncul, silakan kamu pilih cara update driver bluetooth. Jika laptop kamu dalam keadaan online, maka bisa update otomatis dengan memilih opsi Search automatically for updated driver software.
  5. Setelah memilih opsi search automatic maka sistem akan melakukan pencarian versi driver bluetooth terbaru, dan apabila ditemukan nantinya sistem akan memasangnya secara otomatis.
  6. Selesai.

Install Ulang Driver

Ketika kamu mencoba update driver dengan cara di atas, namun hasilnya nihil mungkin driver yang terpasang corrupt atau mengalami bug sehingga bluetooth tidak bisa terdeteksi dan tidak bisa digunakan. Nah, solusi lain yang bisa dilakukan adalah menginstal ulang (reinstall) driver Bluetooth.

Untuk cara mudahnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka terlebih dulu Windows Explorer, dengan menekan tombol kombinasi Windows + E.
  2. Selanjutnya, silakan kamu klik kanan pada This PC/Computer lalu pilih Properties.
  3. Setelah itu kamu akan masuk ke pengaturan Windows, silakan kamu klik menu Device Manager yang ada di sebelah kanan halaman.
  4. Jika sudah masuk ke Device Manager, silakan klik tanda panah disamping Bluetooth lalu pilih driver/device laptop kamu.
  5. Selanjutnya, silakan klik kanan dan pilihlah Uninstall Device.
  6. Tunggu sampai proses uninstall selesai, setelah itu silakan kamu mulai ulang laptop atau komputer.
  7. Nah, setelah perangkat hidup, maka sistem akan memasang kembali driver/device tersebut secara otomatis, dan biasanya adapter bluetooth yang tadinya tidak terdeteksi akan kembali normal.

Lakukan Troubleshoot

Fitur toubleshooter yang ada di Windows dapat dimanfaatkan untuk mengatasi macam-macam masalah yang terjadi di Windows, salah satunya adalah bluetooth laptop tidak terdeteksi. Dengan menjalankan Troubleshoot, sistem akan mendeteksi sumber masalah dan bisa langsung memberikan rekomendasi perbaikannya.

Berikut ini adalah cara melakukan troubleshooting pada bluetooth:

  1. Pertama, silakan buka Settings Windows terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk ke menu pengaturan Windows, silakan kamu pilih menu Update & Security.
  3. Selanjutnya pada halaman update dan security, silakan kamu klik tab Troubleshoot, kemudian klik menu Additional troubleshooters pada bagian tersebut.
  4. Jika sudah, silakan kamu pilih menu Bluetooth, lalu klik pada opsi Run the troubleshooter yang berada dibawahnya untuk mulai troubleshoot bluetooth.
  5. Tunggulah sampai proses troubleshoot selesai, lalu jika ada masalah maka hasilnya akan memuncul pada halaman troubleshooter beserta rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan.
  6. Selesai.

Nah, setelah rekomendasi perbaikan muncul, kamu tinggal mengikuti instruksi tersebut hingga selesai untuk mengatasi masalah yang terjadi pada bluetooth.

Ganti Driver Manual

Apabila driver bluetooth laptop bermasalah dan tidak dapat diperbaiki secara otomatis oleh sistem dengan langkah 4 dan 5, maka kamu perlu mengganti driver tersebut secara manual. Cobalah untuk menggunakan cara ini, karena biasanya sangat efektif untuk mengatasi bluetooth laptop tidak terdeteksi karena driver error.

Nah, cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka browser yang biasa digunakan di laptop kamu, lalu kunjungi situs resmi dari driver merk laptop kamu.
  2. Kamu bisa menggunakan kata kunci Driver “Merk Laptop” lalu bukalah hasil pencarian yang muncul.
  3. Selanjutnya setelah situs tersebut terbuka, silakan input  nomor seri atau tipe laptop pada kolom pencarian. Kalau sudah silakan search.
  4. Setelah hasil pencarian muncul silakan pilih pada bagian driver, lalu download driver bluetooth yang ada pada halaman tersebut.
  5. Setelah unduhan selesai, kamu bisa langsung menginstalnya seperti biasa.
  6. Selesai.

Pakai Adaptor Bluetooth

Bagaimana jika masih belum bisa juga? Nah, apabila kamu sudah mencoba semua cara yang kami tuliskan di atas, namun bluetooth laptop tidak terdeteksi dan bahkan tidak bisa digunakan, maka ada kemungkinan komponen bluetooth pada laptop kamu mengalami kerusakan.

Kalau komponen bermasalah seperti ini, ya mau tidak mau harus servis atau mengganti komponen tersebut. Tapi memperbaiki komponen laptop memang agak ribet, dan cukup memakan biaya. Jadi, saya sarankan untuk menggunakan solusi lain yang lebih praktis, yakni memakai adaptor bluetooth.

Adaptor bluetooth merujuk pada USB flash disk kecil yang di dalamnya ada chip bluetooth sehingga kamu bisa menggunakan bluetooth pada adaptor tersebut untuk terhubung atau berbagai file secara nirkabel. Penggunaan adapeter bluetooth ini sangat mudah, karena kamu tinggal colok dan menyambungkannya.

Nah, untuk membeli adapter bluetooth ini bisa di toko aksesoris laptop atau komputer terdekat. Harganya juga bervariasi ada yang murah dan ada yang sedang, tergantung dari tipe dan merknya.

Akhir Kata

Begitulah tadi pembahasan mengenai cara mengatasi bluetooth laptop tidak terdeteksi. Semua cara mengatasi masalah bluetooth yang kami ketahui sudah diulas tuntas pada artikel ini, sehingga kamu tentu akan bisa mengatasi bluetooth tidak terdeteksi dengan mudah.

Untuk saat ini sebenarnya sudah ada banyak aplikasi atau metode lain untuk transfer file dari satu perangkat ke perangkat lain yang bisa kamu gunakan, tetapi mengirimkan file melalui bluetooth tetap masih banyak dipakai dan di sisi lain justru lebih disukai karena simpel dan universal gitu.

Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.