Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word Semua Versi

  • by

Saat menggunakan Microsoft Word, ukuran kertas menjadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan. Bukan tanpa alasan, pengaturan kertas di Word akan memengaruhi hasil cetakan ketika kamu print dokumen tersebut.

Jadi, sebelum memulai pekerjaan menggunakan Microsoft Word, alangkah baiknya kamu mengatur ukuran kertas terlebih dahulu. Tentunya disesuaikan juga dengan kebutuhan ya agar hasilnya tepat atau tidak keliru.

Untuk kamu yang saat ini belum tahu cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word tenang saja, karena kami akan memberikan langkah mudahnya. Silahkan baca artikel ini sampai selesai agar lebih paham.

Ukuran Kertas Default di Microsoft Word

Perlu diketahui terlebih dahulu, ukuran default kertas di Microsoft Word adalah 8,5 x 11 inci atau kalau dalam centimeter adalah 21,59 x 27,94 cm. Nah, kalau ukuran kertas yang kamu kehendaki adalah ukuran default, maka tidak perlu mengubahnya lagi.

Meskipun sudah menerapkan ukuran default, pengguna Microsoft Word tetap bisa mengubah ukuran kertas tersebut. Namun, agar tetap bersifat fleksibel, kamu tidak perlu mengubah ukuran defaultnya, cukup biarkan saja.

Kecuali jika kamu memang memiliki ukuran kertas di Word yang kegunaannya tetap, dalam artian kamu selalu menggunakan ukuran kertas tersebut. Jika memang demikian, nanti akan kami jelaskan cara mengubah ukuran kertas default di Word.

Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word

Jika ternyata ukuran kertas yang kamu kehendaki tidak sama dengan ukuran default Word, mau tidak mau kamu harus mengubahnya. Untuk mengubah ukuran kertas di Word, caranya tidak mudah, bahkan terbilang sangat simpel.

Berikut caranya:

  1. Pertama, buka tab Page Layout atau Layout.
  2. Setelah itu, klik dialog box Page Setup untuk membuka pengaturannya.
  3. Setelah jendela Page Setup terbuka, silahkan klik Paper > Paper Size > pilih ukuran kertas sesuai keinginan kamu (jika sudah tersedia).
  4. Nah, jika ternyata belum tersedia ukuran kertas yang dikehendaki, maka kamu bisa klik bagian Paper Size > scroll sampai paling bawah lalu pilih Custom Size > masukkan ukuran sesuai keinginan.
  5. Klik OK untuk menyimpan pengaturan kertas.
  6. Selesai.

Sampai disini kamu sudah berhasil mengubah ukuran kertas di Microsoft Word.

Nah, menyambung pembahasan sebelumnya, jika kamu hendak menjadikan ukuran kertas tersebut menjadi ukuran default, silahkan klik Set As Default pada Page Setup. Sekadar info, cara ini juga berlaku ketika kamu mengatur margin di Word.

Cara Cepat Membuka Page Setup

Cara membuka Page Setup yang umum diketahui adalah dengan membuka tab Page Layout atau Layout > lalu klik dialog box Page Setup. Nah, ternyata ada lagi loh cara membuka Page Setup, bahkan lebih cepat daripada cara lainnya.

Jadi, cara cepat membuka Page Setup adalah dengan double-klik bagian samping atau atas ruler (penggaris) di Microsoft Word. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar di bawah ini dan langsung praktik di aplikasi kamu.

Jika kamu tidak melihat ruler atau penggaris di lembar kerja Microsoft Word, itu berarti kamu belum mengaktifkannya. Untuk itu, silahkan aktifkan terlebih dahulu dengan membaca cara mengaktifkan ruler di Word.

Tips Mengubah Ukuran Kertas di Word

Untuk mengubah ukuran kertas di Word, kamu tidak harus membuka Page Setup, melainkan bisa langsung menggunakan Size yang terletak pada tab Page Layout. Namun, cara ini memiliki catatan yakni ukuran yang hendak dipilih sudah tersedia.

Nah, ukuran yang sudah disediakan di Word antara lain A4, F4 (Folio), Letter, Tabloid, Ledger, Legal, Executive, dan lainnya. Jika ukuran yang kamu kehendaki sudah disediakan, maka kamu bisa langsung menggunakan ribbon Size saja.

Lain halnya jika ternyata ukuran kertas yang diinginkan belum tersedia, maka mau tidak mau harus membuka dialog box Page Setup terlebih dahulu. Tapi tidak mengapa, caranya juga tidak sulit, bukan?

Demikianlah artikel mengenai cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word semua versi, baik itu 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 dan versi diatasnya. Semoga artikel ini mudah dipahami dan bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *