Lompat ke konten

Cara Memperbaiki Layar HP / Touchscreen Android Berkedip

Layar atau touchscreen HP Android memang menjadi bagian vital dari smartphone, sehingga harus dijaga dari terjadinya kerusakan sebab jangka pemakaian yang lama, karena terjatuh, terkena air, terkena benturan benda keras dan sebagainya.

Jenis kerusakan pada layar HP juga bermacam-macam, seperti layar HP bergerak sendiri, layar HP berkedip, sampai touchscreen tidak berfungsi. Nah, pada artikel ini kami akan fokus membahas mengenai layar atau touchscreen HP Android yang berkedip.

Layar HP yang berkedip ini kasusnya juga beragam, seperti layar HP berkedip ketika bermain game atau ketika HP panas, dan bahkan pada kasus yang cukup parah, layar HP berkedip bisa menyebabkan HP mati total. Masalah tersebut bisa muncul pada semua merk dan tipe HP, loh.

Cara Memperbaiki Layar HP Android Berkedip

Adapun untuk memperbaiki layar HP Android yang berkedip, bisa kamu coba dengan metode-metode yang kami tuliskan di bawah ini, sebagai upaya untuk memperbaikinya. Ya, daripada kamu harus membawa ke tempat servis, lebih baik dicoba dulu, siapa tahu layar HP berkedip tersebut tidak membutuhkan penanganan khusus.

Terlepas dari itu semua, penyebab dari masalah layar HP berkedip, umumnya berkaitan dengan komponen dan sistem, terutama pada bagian LCD, soket, dan konfigurasi sistem. Dan untuk mengatasinya, ada beberapa metode yang bisa kamu pakai, untuk lebih detailnya bisa kamu baca pada ulasan di bawah ini.

Matikan Face Unlock

Face unlock merupakan salah satu metode penguncian layar HP Android selain dengan sidik jari, pola, pin dan suara. Dengan face unlock memungkinkan penggunanya menggunakan wajah untuk membuka kunci HP. Namun pada beberapa kasus justru fitur ini menimbulkan sedikit masalah.

Contohnya adalah masalah layar HP Android yang berkedip, kemungkinan disebabkan oleh fitur ini yang secara otomatis membuat sensor kecerahan menjadi terang dan redup. Alhasil, kita menganggap layar berkedip karena hal tersebut adalah sebuah masalah.

Bukan tanpa alasan, sebenarnya face unlock sedang menambahkan cahaya untuk mengenali wajah kita, melalui layar yang dicerahkan otomatis. Nah, coba deh kamu matikan fitur face unlock ini, siapa tahu layar berkedip bisa teratasi dengan mudah.

Berikut caranya:

  1. Silakan nyalakan HP Android Kamu terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, silakan buka menu Settings atau setelan.
  3. Selanjutnya, carilah menu Biometrik, kemudian pilih opsi Pengenalan Wajah.
  4. Pada bagian tersebut akan ada pilihan untuk mematikan fitur face unlock.
  5. Setelah face unlock dimatikan, silakan kamu cek lagi apakah layar HP masih berkedip atau tidak.

Nonaktifkan Kecerahan Layar Otomatis

Kecerahan layar otomatis merupakan fitur yang memungkinkan HP untuk menyesuaikan brightness secara otomatis, menyesuaikan kondisi ruangan atau tempa HP kamu berada. Fitur kecerahan otomatis ini bekerja dengan adaptif secara otomatis dan terus menerus.

Apabila HP berada dalam kondisi pencahayaan yang melimpah, maka brightness akan bertambah terang, sebaliknya jika HP berada di kondisi tempat yang kurang pencahayaan atau gelap, maka brightness akan berkurang atau meredup.

Kondisi seperti inilah yang membuat layar HP Android kamu berkedip berkali-kali. Apalagi jika sensor cahaya pada HP kamu sudah rusak, maka kemungkinan layar berkedip ini memang karena brightness. Untuk itu, silakan kamu nonaktifkan kecerahan layar otomatis dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan buka Setelan di HP Android kamu.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke menu Tampilan.
  3. Selanjutnya, silakan buka menu Kecerahan.
  4. Kemudian, silakan kamu nonaktifkan Kecerahan Adaptif atau Kecerahan Otomatis.
  5. Dengan demikian, masalah layar HP berkedip bisa teratasi.

Untuk setting brightness kami sarankan untuk diatur di kisaran 40% sampai 60% saja. Diusahakan untuk tidak mengatur brightness sampai full 100%, guna menghindari terjadinya masalah layar shadow, terutama untuk HP keluaran baru.

Perlu kamu catat juga, kalau cara ini sebenarnya bertujuan untuk meminimalisir gejala layar berkedip. Jadi bisa dibilang tidak terlalu efektif, namun pada kasus HP yang sensor cahayanya rusak, mungkin saja efektif. Kalau kamu mengembalikan pengaturan brightness ini ke mode otomatis lagi, mungkin nanti masalah layar kedipnya akan balik.

Kalibrasi Layar HP

Metode selanjutnya untuk mengatasi layar HP Android berkedip adalah dengan melakukan kalibrasi layar HP. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki sistem layar yang bermasalah, karena bisa saja masalah tersebut berpengaruh pada layar berkedip.

Nah untuk itu silakan coba lakukan kalibrasi layar untuk mengatasinya. Untuk melakukan kalibarasi layar, kamu bisa menggunakan software tambahan, seperti berikut:

  1. Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh melalui Google Play Store.
  2. Setelah kamu download, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan terinstal di HP kamu.
  3. Jika sudah, bukalah aplikasi tersebut kemudian pada halaman utama aplikasinya, silakan kamu cari dan pilih menu Calibrate / Kalibrasi.
  4. Selanjutnya, kamu akan melakukan beberapa proses kalibrasi, diantaranya ketukan tunggal, ganda, sentuhan lama, geser, zoom, dan sebagainya.
  5. Setelah selesai maka kamu akan mendapati notif dialog yang menjelaskan bahwa kalibrasi telah berhasil dilakukan dan Android harus direstart.
  6. Ketika kamu mendapati notif tersebut, silakan tap opsi Next / OK.
  7. Jika sudah, silakan restart HP kamu.

Setting Developers Options

Developer options atau opsi pengembang merupakan pengaturan lanjutan dari setelan HP Android, yang mana di dalamnya terdapat berbagai pengaturan lanjutan yang jarang diketahui orang. Termasuk didalamnya terdapat pengaturan untuk memperbaiki layar berkedip.

Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

  1. Silakan kamu buka Settings (Setelan) di HP kamu.
  2. Setelah itu, silakan kamu masuk ke dalam menu Tentang Ponsel.
  3. Selanjutnya, silakan kamu cari menu Nomor Bentukan kemudian ketuk 5x secara berturut-turut pada bagian tersebut sampai muncul pesan “kamu telah menjadi pengembang”
  4. Jika sudah, silakan kamu masuk ke menu Developer Options (Opsi Pengembang).
  5. Kemudian, scroll ke bawah lalu cari bagian Rendering.
  6. Setelah itu, silakan geser toggle pada bagian Nonaktifkan Overlay HW menjadi ON.
  7. Terakhir, silakan Restart HP Android kamu.

Tujuan setting pada Developer Options di atas adalah untuk membuat layar HP hanya menggunakan GPU saja dalam menampilkan gambar, agar tidak terjadi kedip atau bug flicker karena masalah hardware.

Reboot HP Android

Sistem yang mengalami bug bisa saja menjadi penyebab layar HP Android berkedip. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan reboot Android agar sistem kembali fresh dan bug pada sistem akan hilang. Nah, langkah-langkah reboot Android adalah seperti di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu masuk ke safe mode di HP Android kamu. Biasanya tiap HP berbeda caranya, jadi silakan searching terlebih dahulu.
  2. Secara umum masuk ke safe mode adalah dengan menekan lama tombol kombinasi Power + Vol Up / Vol Down.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke safe mode, silakan kamu pilih Reboot to system atau Restart system (silakan sesuaikan saja dengan HP kamu).
  4. Setelah itu biasanya ada notifikasi peringatan yang muncul, silakan kamu tap Next / Yes untuk memulai Reboot.
  5. Selanjutnya, silakan tunggu saja sampai reboot selesai dan kamu masuk ke sistem seperti biasanya.
  6. Jika sudah, periksa apakah layar masih kedip atau tidak.

Factory Reset Android

Metode selanjutnya untuk mengatasi layar atau touchscreen HP Android berkedip adalah dengan melakukan Factory Reset. Hal ini dilakukan untuk mengatasi bug pada sistem atau error pada sistem yang menyebabkan layar HP berkedip terus menerus.

Biasanya kesalahan sistem yang menyebabkan masalah ini, terletak pada software pihak ketiga yang terkena virus, atau mungkin virusnya memang menginfeksi sistem Android. Efeknya menjadikan smartphone kamu mengalami error, dan untuk mengatasinya kamu perlu melakukan Factory Reset (kembalikan ke setelan pabrik).

Jika kamu melakukan Factory Reset maka semua data pada sistem dan aplikasi akan hilang dan smartphone kamu akan kembali seperti baru lagi. Ketika kamu akan melakukan hal ini, silakan backup terlebih dahulu data-data penting pada smartphone.

Berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, silakan kamu matikan terlebih dahulu smartphone.
  2. Setelah benar-benar dalam kondisi mati, silakan kamu tekan dan tahan tombol Power + Volume Up / Down.
  3. Setelah ponsel bergetar, silakan lepaskan tombol tersebut, kemudian kamu akan masuk ke sistem recovery.
  4. Pada halaman yang muncul, silakan kamu cari menu reset di halaman tersebut.
  5. Silakan tap pada opsi tersebut, lalu bila ada notifikasi peringatan silakan ketuk Next / OK.

Kombinasi tombol dan menu di dalam sistem recovery mungkin berbeda tergantung dari merk dan jenis HP. Untuk lebih jelas dan rincinya lagi kamu bisa searching di internet dengan kata kunci Cara factory reset HP “merk dan jenis HP kamu”.

Namun agar lebih mudah, kamu bisa melakukan reset ke setelan pabrik melalui pengaturan atau setelan Android. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Setelan di HP Android kamu.
  2. Setelah itu, silakan masuk Setelan Tambahan, kemudian pilih Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Pada bagian tersebut kamu akan menemukan opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  4. Setelah itu, silakan Setel ulang telepon atau Reset, kamudian ikuti saja panduan setelahnya sampai selesai.
  5. Setelah proses reset dimulai, silakan tunggu sampai selesai. Dan jika sudah maka HP akan otomatis restart, dan tampilan HP akan kembali ke posisi default, persis seperti waktu baru dibeli.
  6. Terakhir, silakan cek lagi kondisi layarnya. Jika sudah normal, berarti masalahnya memang ada pada sistem.

Diagnosa Layar HP

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki layar HP Android berkedip adalah dengan melakukan diagnosa display menggunakan aplikasi Display Tester. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan beberapa tes seperti dead pixels, burn-in layar OLED, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan uji multi touch menggunakan aplikasi Display Tester. Apabila hasilnya positif, berarti layar tidak ada masalah, dan kemungkinan penyebab layar berkedip adalah karena masalah pada sistemnya.

Bila hasil ujinya negatif, kamu perlu memeriksa bagian komponen layar, mulai dari konektor, LCD, dan sebagainya. Hal ini wajib dilakukan bila sebelumnya HP terjatuh dan membuat layar HP berkedip terus menerus. Apabila kamu mendapati kerusakan pada LCD, maka sebaiknya kamu ganti LCD tersebut ke yang baru agar HP kamu normal lagi.

Diamkan Jika Overheat

Kasus layar HP atau touchscreen berkedip bisa saja terjadi karena overheat. Suhu tinggi pada HP biasanya terjadi karena pemakaian berat atau untuk main game, sehingga suhunya menjadi naik terus sampai terasa panas di bagian layar HP.

Biasanya suhu tinggi tersebut memicu munculnya blacklight atau layar kedap-kedip. Ini kebanyakan terjadi pada HP yang umurnya sudah tua, dimana komponen-komponen HP sudah mulai lemah. Selain itu, menggunakan HP yang panas dengan charger yang terhubung, bisa menimbulkan berbagai masalah sistem loh.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu berhenti sementara dan mendiamkan HP agar suhunya balik dalam kondisi stabil. Selain itu, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut untuk meminimalisir layar HP Android berkedip karena masalah suhu.

  • Ketika HP sudah terasa panas, segeralah untuk matikan daya HP dengan tombol power.
  • Jangan cas HP sambil digunakan untuk bermain game atau penggunaan berat lainnya, karena akan membuat suhu komponen panas. Disamping itu, jangan charge HP terlalu lama, karena suhu komponen bisa meningkat.
  • Selalu gunakan charger yang original agar daya listrik yang masuk bisa stabil, dan tidak memicu munculnya layar kedip.
  • Apabila layar HP mulai berkedip pada saat suhu HP panas, cobalah untuk mendiamkannya sampai dingin.

Service atau Garansikan HP

Jika kamu sudah mencoba semua cara yang kami tuliskan di atas, tetapi kamu belum bisa mengatasi layar HP yang berkedip, maka kemungkinan besarnya memang terjadi kerusakan pada komponen atau hardware HP kamu. Sehingga kamu harus memperbaikinya di tempat service.

Selalu pertimbangkan untuk memperbaiki HP kamu di service center resminya, karena service center resmi pasti menyediakan komponen original untuk mengganti hardware yang rusak. Untuk waktu perbaikannya cukup bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dan jenis kerusakan.

Untuk biaya service juga bervariasi, tapi kalau HP kamu masih dalam masa garansi tentu kamu bisa mendapatkan layanan service secara gratis. Nah, jika tidak dalam masa garansi dan biaya perbaikannya mahal dan tidak jauh beda dengan beli HP baru, maka mending ganti HP baru sekalian.

Selain itu, jika HP masih dalam masa garansi maka kamu bisa menggaransikan komponen HP yang rusak (kemungkinan besar LCD) agar bisa diganti dengan yang baru dan tentu gratis. Cara final ini harus kamu lakukan, mengingat jika ada kerusakan komponen itu mungkin tidak bisa diperbaiki lewat sistem dan harus diganti.

Akhir Kata

Layar HP atau Touchscreen Android yang sering berkedip memang sangat mengganggu aktivitas kita dengan smartphone dan sangat bikin ganggu. Akibatnya, kita jadi tidak nyaman memandang layar HP, karena mata akan cepat lelah.

Semoga dengan cara-cara yang sudah kami tuliskan di atas, HP kamu bisa normal lagi dan layarnya tidak kedip-kedip. Pada dasarnya jika penyebab masalah tersebut ada pada sistem, maka kan mudah diperbaiki, dan jika penyebabnya karena LCD atau komponen lain, maka kamu perlu melakukan service.

Mungkin cukup sekian dulu artikel yang dapat kami bagikan mengenai cara mengatasi layar HP atau touchscreen Android berkedip. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.