Cara Membuat Pangkat di Word (Pangkat Atas dan Bawah)

Word adalah aplikasi pengolah kata yang bisa dibilang super lengkap, dengan menggunakan Word kamu bisa membuat dokumen biasa, dokumen berisi gambar, hingga dokumen yang berisikan rumus-rumus matematika, fisika, dan kimia.

Jadi dengan menggunakan aplikasi Word, kamu bisa dengan mudah menambahkan pangkat, baik itu pangkat atas yang biasa digunakan dalam rumus matematika ataupun pangkat bawah yang sering digunakan untuk sebuah formula dalam rumus fisika dan kimia.

Meskipun Word telah menyediakan fitur untuk membuat pangkat tersebut, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara membuat pangkat di dokumen Word. Oleh karena itu, disini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat membuat pangkat di Word.

Cara Membuat Pangkat Atas di Word

Membuat pangkat yang terletak di atas biasanya digunakan saat kamu membuat rumus matematika, seperti memberikan tanda kuadrat, kubik, dan lain sebagainya. Setidaknya ada 3 cara membuat pangkat diatas di Word yang bisa kamu lakukan, silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

Menggunakan Superscript

Superscript adalah sebuah fitur khusus yang memang diperuntukkan untuk membuat pangkat ataupun merubah posisi huruf yang kamu inginkan menjadi dibagian atas. Cara menggunakannya juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Tuliskan sebuah formula yang ingin kamu pangkatkan.
  2. Blok angka atau huruf yang ingin kamu buat pangkat. Contohnya X2=Y2+Z2, jadi yang akan dibuat pangkat adalah semua angka 2-nya.
  3. Selanjutnya klik opsi Superscript (X2) yang terletak di bagian tab Home > Font.
  4. Secara otomatis, angka atau huruf yang sudah kamu seleksi akan berubah menjadi pangkat.

Menggunakan Tombol Kombinasi

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa menggunakan tombol kombinasi di keyboard. Cara ini biasanya lebih digemari oleh sebagian orang karena tidak perlu ribet harus memindahkan tangan ke mouse. Berikut caranya:

  1. Buka halaman Word yang berisi tulisan yang akan kamu kasih pangkat.
  2. Seleksi semua angka atau huruf yang akan kamu ubah menjadi pangkat atas.
  3. Tekan tombol Ctrl + Shift + (+) secara bersamaan.

Dengan begitu maka angka atau huruf tersebut akan berubah menjadi sebuah pangkat yang terletak di bagian atas. Selain menggunakan kombinasi tersebut, kamu juga bisa menggunakan kombinasi Alt + H + 6, hasilnya sama.

Menggunakan Equation

Equation merupakan sebuah fitur khusus di Word yang berisikan berbagai macam rumus. Jadi dengan fitur ini kamu bisa membuat perpangkatan dengan sangat mudah. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

  1. Buka dokumen Word kamu.
  2. Pilih tab Insert, kemudian pilih Equation, dan pilih Insert New Equation.
  3. Pilih opsi ex untuk menambahkan pangkat.
  4. Pilih format pangkat yang sesuai. Dalam hal ini pangkat atas.

Cara Membuat Pangkat Bawah di Word

Selain membuat pangkat di bagian atas, kamu juga bisa membuat pangkat di bagian bawah. Berikut ini 3 cara membuat pangkat dibawah di Word yang bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah.

Memanfaatkan Subscript

Jika Superscript digunakan untuk membuat pangkat di bagian atas, maka Subscript memiliki fungsi untuk membuat fungsi di bagian bawah. Cara menggunakannya juga mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan tulisan dengan angka atau huruf yang ingin kamu jadikan pangkat bawah.
  2. Blok angka atau huruf tersebut.
  3. Pada tab Home, klik icon Subscript (X2).
  4. Selesai.

Memanfaatkan Tombol Kombinasi

Untuk kamu yang tidak suka melepaskan tangannya dari keyboard saat sedang mengetik, maka kamu bisa memilih untuk membuat pangkat bawah dengan menggunakan kombinasi tombol.

  1. Tuliskan nilai perpangkatan yang kamu inginkan.
  2. Seleksi angka atau huruf yang ingin kamu jadikan pangkat bawah.
  3. Tekan tombol Ctrl + = di keyboard.

Memanfaatkan Equation

Membuat pangkat bawah di Word juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan fitur Equation yang ada di tab Insert. Bingung cara menggunakannya? Silahkan simak langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka halaman Word.
  2. Klik tab Insert > Equation > New Equation.
  3. Pilih opsi ex, lalu pilih format pangkat bawah.

Sekian pembahasan lengkap mengenai bagaimana cara membuat pangkat di Word, baik itu pangkat atas atau pangkat bawah. Cara membuat pangkat di atas bisa digunakan di semua versi Word, baik Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2020, Word 365, dan versi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *