Lompat ke konten

Cara Cek Versi Windows yang Dipakai Laptop & Komputer

Sekarang kebanyakan PC atau laptop yang banyak dijual dipasaran biasanya sudah menyertakan sistem operasi Windows di dalamnya. Jadi, kamu tidak perlu lagi membeli tambahan DVD Windows untuk diinstal ke laptop atau komputer. Harga lisensi OS Windows untuk satu perangkat komputer juga tidaklah murah.

Oleh sebab itu, kehadiran built-in Windows sangatlah membantu konsumen, karena dengan begini harga laptop atau PC relatif lebih murah ketimbang harus membeli OS dan perangkat secara terpisah. Di lain sisi, kadang kita juga lupa untuk menanyakan OS Windows yang terinstal ketika awal pembelian, sehingga kita tidak tahu versinya.

Bila hal tersebut memang terjadi, mungkin kita juga perlu untuk mengecek versi Windows yang dipakai ketika dalam kondisi tertentu dan tentunya ketika dibutuhkan. Berangkat dari hal tersebutlah, pada kesempatan ini kami akan memberikan tutorialnya mengenai cara simpel cek versi Windows yang dipakai di komputer.

Tujuan Cek Versi Windows

Mengecek versi Windows mungkin termasuk hal yang jarang dilakukan, tapi ketika kita butuh tentu mau tidak mau harus melakukannya. Misalnya saja ketika ingin memasang aplikasi / program, kamu mungkin perlu memastikan operasi sistem yang digunakan, apakah sudah memenuhi sistem minimum yang dibutuhkan atau belum.

Tujuan lainnya adalah untuk menentukan versi peranti lunak yang kompatibel dengan sistem Windows kita, supaya dapat dijalankan dengan baik di laptop atau komputer. Disamping itu, beberapa fitur / dukungan Windows juga kerap hadir khusus di versi tertentu, sehingga kita perlu memastikannya agar bisa menggunakan fitur tersebut.

Ketika kamu sedang menyelesaikan kendala teknis pada sistem, seperti menginstal atau mengupdate driver, tentunya harus mengetahui versi Windows yang digunakan agar driver tersebut kompatibel dan bisa berjalan normal, juga agar laptop atau komputer tidak mengalami error lain karena salah versi.

Cara Cek Versi Windows

Kita untungnya bisa cek versi Windows di sejumlah varian yang tersedia baik di laptop ataupun komputer dengan sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk melihat versi Windows yang kamu pakai. Untuk lebih lengkapnya akan saya jelaskan pada ulasan di bawah ini.

Jadi pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya.

Lewat Sistem Properties

Sistem Properties adalah menu pada Windows yang berfungsi untuk menampilkan data-data informasi sistem. Informasi pada sistem properties ini yang ditampilkan hanya bagian dasarnya saja atau bagian umumnya saja. Meskipun begitu, pada menu ini juga sudah tertera informasi versi Windows yang kamu gunakan.

Menu ini ada pada semua versi Windows, jadi kamu bisa cek versi Windows melalui sistem properties ini dengan cara berikut:

  • Windows 10 / 11
  1. Pertama, silakan kamu buka Settings dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Jika sudah, silakan masuk ke menu System.
  3. Kemudian, scroll ke bawah lalu pilihlah About.
  4. Nah, pada bagian tersebut akan tampil informasi sistem, seperti bit Windows yang dipakai, versi Windows, dll.
  5. Selesai.
  • Windows 8 / 8.1
  1. Pertama, silakan kamu masuk terlebih dahulu ke menu Settings.
  2. Jika sudah, silakan akses menu Change PC Settings pada pilihan menu di halaman tersebut.
  3. Selanjutnya, silakan kamu klik opsi PC and Devices.
  4. Kemudian buka menu PC Info.
  5. Pada bagian tersebut, kamu bisa mengecek tipe arsitektur yang digunakan pada System type. Untuk melihat OS Build, kamu perlu membuka menu About Windows.
  6. Selesai.
  • Windows 7 / XP
  1. Pada Windows 7, silakan kamu buka terlebih dahulu menu Start.
  2. Selanjutnya, silakan ketikan Computer pada opsi pencarian.
  3. Setelah hasilnya muncul, silakan klik kanan Computer.
  4. Kemudian pilihlah opsi Properties.
  5. Jika sudah, silakan kamu cari Windows edition, lalu kamu akan menemukan About Windows disana.
  6. Nah, jika sudah, maka kamu akan menemukan informasi versi OS Build yang dipakai.

Melalui Dxdiag

Cara selanjutnya untuk mengecek versi Windows yang digunakan adalah menggunakan dxdiag. Nah, jika pada menu settings kamu hanya akan mendapatkan infotmasi sistem secara umum, namun untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak lagi, kamu bisa menggunakan dxdiag ini.

Berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, silakan buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Jika sudah muncul Run, silakan kamu ketik dxdiag pada bagian Open.
  3. Setelah itu, silakan kamu klik OK.
  4. Selanjutnya kamu akan dibawa masuk ke halaman DirectX Diagnostic Tool. Pada bagian ini, silakan periksa kolom Operating System untuk mengetahui informasi sistem Windows.
  5. Selesai. Informasi sistem yang ditampilkan lebih detail, kan.

Melalui About Menu

Pada generasi Windows yang baru, yakni Windows 10 dan 11 kamu akan mendapatkan tampilan yang sedikit berbeda dengan versi lawasnya. Disamping itu, pada versi tersebut juga banyak ditambahkan menu-menu yang sebelumnya tidak ada.

Nah, pada generasi ini kamu bisa mengecek data sistem dan versi Windows dengan mudah hanya melalui About menu. Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan kamu buka kolom Search Windows.
  2. Jika sudah, silakan kamu ketikkan About your PC.
  3. Setelah hasilnya muncul, silakan buka dengan cara klik dua kali atau dengan memilih opsi Open.
  4. Sesudah itu, kamu akan dibawa ke halaman informasi sistem. Pada bagian awal kamu akan melihat data-data spesifikasi perangkat, seperti edition, version, installed on, OS build, dll.
  5. Untuk melihat informasi Windows, silakan scroll saja ke bawah, atau dengan memilih tab lainnya yang ada.
  6. Selesai.

Lewat Command Prompt

Buat pengguna laptop atau komputer yang masih pemula, biasanya jarang menggunakan Command Prompt. Karena Command Prompt (CMD) ini memang fitur advanced yang hanya bisa dijalankan dengan mengakses kode-kode tertentu saja.

Ya walaupun begitu, pada fitur ini sebenarnya ada banyak sekali hal-hal yang bisa kita lakukan loh, terutama hal yang berkaitan dengan sistem. Nah, mengecek versi Windows juga termasuk salah satu hal yang bisa kamu lakukan di CMD.

Beriku caranya:

  1. Pertama, silakan tekan tombol kombinasi Windows + R untuk mengakses Run.
  2. Setelah itu, silakan kamu ketik CMD pada bagian Open.
  3. Selanjutnya tinggal klik OK.
  4. Jika sudah, maka Command Prompt akan terbuka. Pada bagian ini silakan kamu masukkan perintah ver kemudian tekan Enter.
  5. Tunggulah sesaat sampai muncul informasi versi Windows pada halaman tersebut.
  6. Perintah diatas hanya untuk mengecek versi Windows saja, nah untuk mengetahui informasi sistem lebih lanjut silakan masukkan perintah systeminfo | findstr /B /C:”OS Name” /C:”OS Version.
  7. Setelah itu, tinggal tekan Enter saja dan informasi sistem akan ditampilkan.
  8. Selesai.

Menggunakan Winver

Cara selanjutnya yang bisa kamu tempuh untuk mengetahui versi Windows di laptop atau PC adalah dengan menggunakan Winver. Winver sendiri merupakan singkatan dari Windows Version yang berarti dapat disimpulkan bahwa ini adalah fitur untuk mengetahui versi Windows.

Caranya menggunakan sangatlah mudah, berikut detailnya:

  1. Pertama, silakan buka Run dengan menekan Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan kamu opsi Open, kemudian ketik Winver.
  3. Jika sudah, silakan klik OK atau tekan saja Enter.
  4. Selanjutnya, kamu akan dibawa ke halaman baru yang menampilkan informasi versi Windows yang digunakan.
  5. Selesai. Informasi yang ditampilkan adalah nomor versi rilis Windows dan nomor build.

Gunakan Aplikasi Speecy

Speecy adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengecek spek laptop atau komputer. Lebih tepatnya ialah untuk menampilkan data-data komponen seperti, RAM, processor, memori, informasi sistem, versi Windows yang digunakan dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi Speecy.
  2. Setelah itu, silakan instal aplikasinya seperti biasa.
  3. Jika sudah, silakan jalankan dan buka aplikasi Speecy. Nah, pada halaman awal aplikasi kamu akan menemukan informasi komputer dengan cukup lengkap.
  4. Untuk mengetahui versi Windows dan informasi sitem dengan lebih detail, silakan kamu buka saja menu Operating System.
  5. Selesai.

Akhir Kata

Nah demikianlah tadi pembahasan mengenai cara simpel cek versi Windows yang dipakai di komputer dan juga laptop. Pada dasarnya untuk mengetahui versi Windows saja kamu bisa melakukannya dengan mengakses About Sistem di pengaturan Windows.

Namun, untuk mengetahui lebih detail mengenai informasi sistem, kamu perlu menggunakan cara lain yang sudah saya jelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang ingin mengetahui versi Windows yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.