Lompat ke konten

Cara Menghapus Driver Printer di Laptop atau PC Windows

Untuk bisa menggunakan printer kita harus memiliki driver-nya terlebih dahulu di laptop atau PC. Nah, jika perangkat tersebut sudah pernah tersambung dengan beberapa printer yang berbeda-beda maka akan banyak driver printer yang terspasang di dalam laptop atau PC tersebut.

Driver printer yang banyak tersebut sebaiknya dihapus beberapa yang memang sudah tidak terpakai, agar ketika ingin print maka kamu tidak bingung memilih dari banyaknya driver yang terinstal di PC atau laptop kamu. Hal ini juga bertujuan untuk menjegah terjadinya masalah seperti printer tidak merespon perintah print.

Selain itu, menghapus driver printer juga kebanyakan dilakukan dengan tujuan untuk mengganti driver lama yang mungkin saja corrupt atau tidak berfungsi dengan driver yang baru, agar printer bisa digunakan untuk melakukan print dengan normal.

Cara Menghapus Driver Printer

Untuk menghapus atau meng-uninstall driver printer ini caranya agak berbeda dengan menghapus program atau komponen lainnya di laptop atau PC, karena harus menggunakan cara khusus. Untuk caranya, silakan langsung kamu praktikkan dengan mengikuti panduan di bawah ini.

  1. Pertama, silakan kamu buka program Control Panel di laptop atau PC.
  2. Untuk caranya bisa melalui Start Menu, atau dengan menekan tombol kombinasi Windows + R kemudian ketik Control Panel dan tekan Enter.
  3. Setelah halaman Control Panel terbuka, silakan kamu masuk ke menu View by kemudian ubah menjadi Large icons.
  4. Selanjutnya, silakan kamu pilih menu Devices and Printers.
  5. Nah, pada halaman berikutnya yang terbuka, silakan kamu pilih nama printer yang akan dihapus kemudian klik kanan kemudian pilih opsi Remove Device.
  6. Setelah itu, kamu akan mendapatkan pop up notifikasi user account. Pada bagian ini, silakan kamu klik Yes untuk melanjutkan proses penghapusan printer dari laptop atau PC kamu.
  7. Ikuti prosesnya sampai selesai.

Sekarang printer sudah berhasil dihapus dari laptop atau PC Windows kamu sekaligus dengan driver-nya. Nah, apabila kamu ingin menghapus driver printer lain (lebih dari satu), maka silakan ulangi saja langkah-langkah remove device di atas.

Solusi Tidak Bisa Hapus Driver Printer

Dengan cara di atas, seharusnya printer dan driver sudah berhasil dihapus dari laptop atau PC Windows kamu. Namun, tidak menutup kemungkinan juga kalau dengan cara tersebut driver printer masih belum berhasil dihapus, entah karena muncul error atau karena prosesnya yang memang gagal.

Oleh karena itulah, silakan kamu coba dua tahapan di bawah ini, yaitu restart print spooler dan menghapus registry printer, agar driver printer berhasil dihapus.

  • Restart Print Spooler
  1. Pertama, silakan kamu buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketikkan services.msc kemudian tekan Enter.
  3. Jika sudah, maka halaman services akan terbuka. Pada bagian ini, silakan kamu scroll ke bawah dan temukan Print Spooler.
  4. Jika sudah ditemukan, silakan kamu klik panan pada Print Spooler tersebut kemudian pilih opsi Stop.
  5. Selanjutnya, silakan buka Windows Explorer kemudian masuk ke partisi C: atau partisi system.
  6. Berikutnya, buka folder Windows > System32 > spool > PRINTERS.
  7. Kemudian hapus semua file yang ada didalam folder printers tersebut.
  8. Sekarang, silakan buka kembali halaman services tadi, kemudian klik kanan lagi pada Print Spooler dan pilih opsi Start.
  9. Jika sudah, kamu bisa mengulangi lagi cara menghapus driver printer di atas.
  • Delete Registry Printer

Jika setelah restart print spooler, driver printer masih belum berhasil di hapus, maka langsung saja kita bersihkan registry-nya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah. Dengan begini maka driver printer juga akan ikut terhapus.

  1. Pertama, silakan buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketik Regedit kemudian tekan Enter.
  3. Jika sudah, maka halaman Registry Editor akan terbuka. Silakan kamu buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Print > Printers.
  4. Selanjutnya, silakan pilih printer yang akan dihapus drivernya, kemudian klik kanan pada printer tersebut kemudian pilih opsi Delete.
  5. Langkah terakhir, silakan Restart Windows.
  6. Done.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai cara menghapus driver printer di laptop atau PC Windows. Semoga dengan mengikuti panduan di atas, kamu bisa menghapus driver printer dengan mudah.

Mungkin cukup sekian dulu artikel yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.