Lompat ke konten

Cara Memakai Mic di Komputer / Laptop Windows Semua Versi

Penggunaan microphone di komputer dan laptop sekarang ini banyak diminati, dengan latar kebutuhan gaming, atau streaming. Selain itu penggunaan mic juga bisa untuk berbagai keperluan rekaman audio, dan bahkan kini ketika meet online pun sudah banyak yang menggunakan mic agar suara yang dihasilkan lebih berkualitas.

Disamping itu, ternyata masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara memakai dan mengaktifkan mic di komputer atau laptop Windows mereka, apalagi perihal mengatur/setting mic masih serasa tabu. Padahal caranya mudah loh, dan yang basic-basic itu mudah dipahami kok.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara memakai mic di komputer atau laptop Windows sekaligus cara setting secara dasar. Jadi, pastikan kalau kamu membaca artikel ini sampai selesai ya, untuk mengetahuinya secara detail.

Siapkan Microphone untuk Komputer / Laptop

Sebelum ke cara penggunaanya, terlebih dahulu kamu tentu harus memiliki microphone terlebih dahulu. Nah, jenis-jenis mic yang bisa kamu gunakan juga beragam, namun silakan sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Berikut beberapa rekomendasi mic untuk komputer atau laptop:

  1. Rekomendasi pertama, kamu bisa memakai headset yang memiliki mic bawaan. Contohnya seperti headset gaming atau headset bawaan HP.
  2. Rekomendasi kedua, kamu bisa menggunakan mic eksternal, yang bisa dibeli di marketplace. Contoh dari mic eksternal ini sangat banyak, seperti clip on yang ada pada gambar berikut.
  3. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan mic condenser apabila untuk berbagai kebutuhan professional seperti streaming, konten, dsb. Mic ini biasanya memiliki output suara yang berkualitas, sehingga membuat suara kamu lebih jelas, lebih jernih, dan lebih bagus. Di bawah ini adalah contoh mic condenser.

Tambahan:

  • Apabila kamu memilih headset dengan mic, biasanya kualitasnya menangkap suara dari mic-nya berbeda-beda. Jadi pastikan microphone-nya sensitif, agar suara yang ditangkap mic headset berkualitas.
  • Untuk headset biasanya memiliki konektor audio dan mic yang terpisah. Hal ini akan lebih memudahkan kamu ketika ingin mengaturnya, namun untuk menyambungkan dengan komputer kamu memerlukan tambahan alat bernama audio splitter.
  • Untuk mic condenser biasanya terdapat mixer audio yang harus disambungkan ke mic sebelum bisa dihubungkan ke komputer atau laptop. Mixer audio ini bisa kamu gunakan untuk setting-setting suara, echo, volume, bass, dll.
  • Pada beberapa mic condeser kecil, biasanya tidak ada mixer audio, dan hanya ada tombol volume, eco, dll, pada tubuh microphone-nya.
  • Biasanya, semakin mahal microphone atau headset, biasanya memiliki kualitas atau sensitifitas suara yang bagus, sehingga output audio yang dihasilkan juga berkualitas.

Cara Memakai Mic di Komputer / Laptop

Untuk memakai mic di komputer atau laptop pada dasarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa langkah yang perlu ditempuh, mulai dari menyambungkan, mengaktifkan device, setting mic di Windows, dan sebagainya.

Untuk lebih detailnya, silakan langsung simak ulasan di bawah ini!

Sambungkan Mic

Setelah kamu menyiapkan mic dengan tipe apapun, baik itu mic dari headset, mic eksternal, atau mic condenser, maka selanjutnya kamu perlu menghubungkannya dengan port yang ada di laptop atau komputer. Untuk mic headset dan mic eksternal, biasanya melalui port audio jack.

Apabila terdapat port audio dan mic yang terpisah, maka silakan sambungkan ke port mic-nya, ya. Jangan sampai salah. Kemudian untuk mic condenser biasanya menyambungkannya adalah melalui port USB.

Aktifkan Device Mic

Nah, ketika kita ingin telah menyambungkan mic dengan komputer atau laptop Windows, biasanya device mic tersebut belum aktif secara otomatis. Oleh karena itulah, kamu perlu menyalakannya terlebih dahulu melalui Device Manager.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan tekan ikon Start, kemudian pada pilihan menu yang muncul, silakan pilih Device Manager.
  2. Jika Device Manager sudah terbuka, silakan kamu masuk ke menu Sound, video and game controllers.
  3. Pada bagian tersebut, silakan kamu pilih perangkat atau nama mic yang sudah terhubung dengan laptop atau komputer.
  4. Silakan klik kanan pada bagian tersebut kemudian klik Enable Device.
  5. Selesai.

Pada Versi Windows 10 biasanya mic atau headset yang terhubung akan otomatis aktif device-nya dan kamu tidak perlu melakukan cara di atas. Biasanya akan muncul pop up peringatan untuk jika ada mic atau headset yang terhubung, dan kamu hanya perlu mengonfirmasinya dengan klik OK.

Selain mengaktifkan device mic, kamu mungkin perlu mengaktifkan microphone di pengaturan Windows. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings > pilih menu Privacy > klik tab Microphone > geser toggle Microphone menjadi ON.

Setting di Control Panel

Apabila kamu belum pernah menggunakan mic di laptop atau komputer kamu, maka tentu ada hal yang perlu di atau terlebih dahulu agar mic bisa digunakan dengan baik. Pengaturan tersebut meliputi sound, microphone properties, dan sebagainya.

Untuk lebih detailnya, silakan langsung ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Pertama, silakan buka kolom search Windows, kemudian ketik Control Panel.
  2. Setelah itu, silakan buka hasil pencariannya dengan klik Open.
  3. Setelah masuk ke Control Panel, silakan pilih menu Hardware and Sounds kemudian pilih Sounds.
  4. Pada halaman berikutnya, silakan klik tab Recording kemudian pastikan mic-nya sudah berfungsi dan dalam keadaan enable.
  5. Setelah mic aktif, silakan klik kanan pada opsi mic tersebut kemudian pilih Properties.
  6. Selanjutnya, silakan klik tab Listen yang berada di halaman Microphone Properties Kemudian ceklis pada opsi Listen to This Device.
  7. Jika sudah, silakan kamu masuk ke tab Levels pada halaman Microphone Properties. Pada bagian ini silakan kamu sesuaikan kedua pengaturan volume yang ada.
  8. Untuk opsi Microphone berfungsi mengatur suara yang dihasilkan oleh mic. Kamu bisa mengaturnya sampai maksimal agar suara yang dihasilkan tinggi.
  9. Selanjutnya untuk opsi Microphone Boost berfungsi untuk meningkatkan hasil suara. Silakan kamu atur saja sesuai keinginan. Disarankan agar jangan terlalu tinggi, karena kadang menimbulkan efek denging.
  10. Done.

Tips Jika Mic Tidak Berfungsi

Seharusnya dengan cara-cara di atas kamu akan bisa menggunakan mic di laptop atau komputer dengan normal. Namun, jika mic yang kamu gunakan tidak berfungsi atau tidak aktif, maka kamu mungkin perlu melakukan beberapa tips di bawah ini.

  1. Coba cek, apakah ada tombol ON-Off pada mic atau tidak. Jika ada, pastikan kamu sudah menghidupkannya, ya.
  2. Selanjutnya, silakan coba bicara dengan posisi mulut berada di dekat mic. Karena jika mic tidak befungsi, ada kemungkinan sensor suara atau sensitifitasnya rendah, sehingga perlu sumber suara yang sangat dekat.
  3. Coba tiup mic-nya dengan agak keras, untuk memastikan suara dapat ditangkap oleh mic.
  4. Kamu bisa juga mengatur Microphone Boost pada Control Panel sampai maksimal.
  5. Pastikan kalau kamu sudah melakukan langkah-langkah sebelumnya agar seluruh pengaturannya benar.
  6. Coba cek port audio yang disambungkan, dan bila menggunakan port USB, maka cobalah untuk memindahkannya ke port lain.
  7. Untuk port jack audio atau mic, biasnya hanya terdapat 1 port. Oleh karena itu, pastikan kamu menyambungkannya dengan benar. Bisa kamu lepas lagi, dan sambungkan ulang untuk memastikannya.
  8. Coba ganti perangkat mic yang kamu gunakan.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai cara simpel memakai mic di laptop atau komputer Windows. Tutorial di atas bisa kamu terapkan pada versi Windows 7, 8, 10, dan 11, karena mempunyai langkah-langkah yang sama, walaupun perlu penyesuaian secara tampilan.

Mungkin sekian dulu artikel yang dapat kamu bagikan, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.