Cara Mudah Mengatasi Unknown USB Device di OS Windows

  • oleh

Secara bahasa USB merupakan kepanjangan dari Universal Serial Bus dan USB merupakan sebuah konektor yang sering digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat satu dengan perangkat lainnya. Misalnya saja menghubungkan keyboard, printer, mouse atau perangkat sejenisnya ke komputer.

Disamping itu kadang ketika kamu menghubungkan perangkat USB dengan PC atau laptop kamu tapi PC kamu tidak bisa mengenali perangkat yang dihubungkan tersebut. Biasanya karena USB device descripto error atau tidak berfungsi, dan kamu akan mendapatkan pesan seperti “Unknown USB Device (Device Descriptor Request Failed)”.

Masalah tersebut sering muncul di perangkat dengan OS Windows 10, dan biasanya pesan unknown USB device muncul secara tiba-tiba. Akibatnya adalah perangkat USB yang kamu hubungkan dengan komputer atau laptop menjadi tidak terdeteksi.

Cara Mengatasi Unknown USB Device

Sebelum ke cara mengatasi unkown USB device, kamu terlebih dulu harus mengetahui penyebab dari masalah tersebut. Penyebab munculnya error unkown USB device secara garis besar ada dua, yaitu masalah pada hardware USB, atau bahkan terjadi masalah pada sistem Windows.

Jika, masalahnya pada hardware kemungkinan port USB atau konektornya tidak berfungsi alias rusak, dan bisa juga perangkat yang kamu gunakan seperti keyboard, mouse, dll sudah rusak. Sedangkan pada sistem Windows disebabkan oleh file corrupt, driver USB error, konfigurasi salah, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi Unknown USB Device (Device Descriptor Request Failed) silakan simak cara-cara yang kami tuliskan di bawah.

Instal Ulang Driver USB

Pada dasarnya driver USB default pasti sudah terinstal otomatis di OS Windows PC atau laptop kamu. Meski demikian, terkadang driver USB yang terinstal bermasalah, jadi disini tidak ada salahnya kalau kamu coba menginstal ulang driver USB tersebut.

Hal ini bisa jadi langkah awal dalam mengatasi masalah unkown USB Device. Nah, berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, buka Device Manager dengan cara menekan tombol kombinasi Windows+R.
  2. Pada bagian Open, silakan kamu ketik devmgmt.msc kemudian tekan Enter.
  3. Setelah itu, silakan buka pada kolom Universal Serial Bus controllers.
  4. Jika sudah, cari perangkat USB yang kamu sambungkan dan muncul pesan “descriptor request failed“.
  5. Lalu setelah ketemu, klik kanan pada perangkat tersebut dan Uninstall Device.
  6. Terakhir, restart laptop atau komputer kamu dan secara otomatis driver USB-nya akan terinstal kembali. Jangan lupa tes kembali perangat yang tadi mengalami error.

Update Driver USB

Selain menginstal ulang, kamu bisa juga mengupdate driver dari perangkat USB yang terhubung di laptop atau komputer kamu. Karena terkadanag driver yang belum diupdate akan membuatnya error dan bisa menjadi penyebab unkown USB device.

Berikut cara mengupdate driver USB yang kamu gunakan:

  1. Buka menu start, kemudian pada kolom pencarian silahkan kamu ketik Device Manager.
  2. Klik dua kali pada menu tersebut.
  3. Setelah itu akan muncul tab baru, silahkan kamu pilih perangkat USB yang kamu gunakan. Misalnya sebagai contoh, disini perangkat USB saya adalah mouse maka saya memilih Mice and other pointing devices.
  4. Selanjutnya klik kanan pada perangkat yang kamu gunakan, dan pilih Update Driver.
  5. Kemudian pilih opsi Search automatically for drivers. Lalu, ikuti proses berikutnya.
  6. Selesai.

Matikan Fitur Fast Startup

Fitur fast startup pada komputer atau laptop mempunyai manfaat untuk mempercepat proses booting Windows. Dengan menggunakan ini maka Windows akan dipacu lebih cepat dari biasannya, tapi terkadang hal ini menyebabkan munculnya bug yang membuat beberapa fungsi Windows error.

Hal tersebut juga menjadi salah satu pemicu munculnya masalah pada USB yaitu unkown USB device. Untuk mengatasinya silakan matikan fitur tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, masuk ke menu kolom pencarian Windows.
  2. Setelah itu ketik Control Panel.
  3. Setelah muncul hasilnya, silakan kamu klik dua kali untuk membuka Control Panel.
  4. Masuk ke kolom pencarian ketik Power Options, lalu enter.
  5. Selanjutnya klik pada menu Change what the power button do.
  6. Kemudian klik Change Settings Currently Unavailable.
  7. Hilangkan tanda centang pada Turn on Fast Startup.
  8. Restart laptop atau komputer kamu, dan selesai.

Perbarui Driver Generic USB Hub

Salah satu hal yang tidak banyak di perhatikan oleh para pengguna Windows adalah driver generic USB hub yang terinstal pada perangkatnya kadaluwarsa, sehingga fungsinya tidak berjalan semestinya. Fungsi dari driver generic USB adalah untuk membaca perangkat USB yang terhubung ke laptop atau komputer.

Dengan memperbarui driver tersebut kamu bisa memperbaiki error unkown USB device. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka menu start, kemudian pada kolom pencarian silahkan kamu ketik Device Manager.
  2. Klik dua kali pada menu tersebut.
  3. Kemudian buka pada kolom Universal Serial Bus Controller.
  4. Setelah itu klik kanan pada Generic USB Hub, lalu pilih opsi Update.
  5. Selanjutnya silakan ikuti langkah-langkah pada jendela panduan yang muncul.
  6. Selamat mencoba.

Matikan USB Selective Suspend

Di operasi sistem Windows, fitur USB selective suspend digunakan untuk menempatkan salah satu port USB ke mode ditangguhkan, tetapi tidak mempengaruhi fungsi dari port USB lainnya. Fitur ini bisa berjalan dengan benar apabila driver perangkat USB sudah mendukung selective suspend.

Terkadang ada orang yang menggunakan fitur ini tetapi perangkat USB-nya belum mendukung selective suspend, sehingga menyebabkan error dan muncul pesan “Unknown USB Device (Device Descriptor Request Failed)”. Jadi, mematikan fitur ini menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Di bawah ini cara melakukannya:

  1. Pertama, masuk ke menu kolom pencarian Windows.
  2. Setelah itu ketik Control Panel.
  3. Setelah muncul hasilnya, silakan kamu klik dua kali untuk membuka Control Panel.
  4. Masuk ke kolom pencarian ketik Power Options, lalu enter.
  5. Selanjutnya klik pada menu Change power saving settings.
  6. Kemudian klik Change Plan Settings pada opsi power pilihan kamu.
  7. Jika sudah, klik Change Advanced Power Settings, dan
  8. Ganti pengaturan USB Selective ke Disabled.
  9. Selesai, lalu restart laptop atau PC kamu.

Coba Lakukan Troubleshoot

Jika kamu telah mencoba cara-cara di atas tetapi kamu masih belum bisa mengatasi masalah Unknown USB Device ada kemungkinan kamu harus melakukan Troubleshoot Windows. Hal ini bertujuan untuk mencari sumber masalah secara sistematis dan menghilangkan penyebab potensial dari masalah tersebut.

Di bawah ini langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, buka terlebih dahulu Control Panel.
  2. Setelah itu ketikkan kata kunci Troubleshooter pada kolom pencarian di Control Panel.
  3. Kemudian klik pada bagian Find and Fix Problem.
  4. Setelah itu kamu akan dibawa ke tab baru, silakan pilih Additional troubleshooters.
  5. Scroll ke bawah untuk melihat dan memulai opsi troubleshoot silakan klik pada perangkat bermasalah dan klik pada tulisan Run the troubleshooter di bawahnya.
  6. Tunggulah sampai masalah selesai terdeteksi, dan jendela tersebut akan memunculkan masalah yang dihadapi.

Setelah selesai kamu tinggal menjalankan perintah yang tertuai pada instruksi layar. Karena masalah yang muncul bisa beragam-ragam, setiap laptop atau komputer yang berbeda dan pada kondisi spesifik akan memunculkan masalah yang berbeda pula.

Periksa Perangkat USB Eksternal

Jika kamu sudah mencoba semua cara di atas tetapi masalah Unknown USB Device belum juga teratasi, ada kemungkinan masalahnya bukan pada sistem Windows di laptop atau PC kamu. Tetapi terletak pada perangkat USB eksternal, atau bisa juga port USB kamu yang rusak.

Coba kamu periksa USB dari perangkat yang kamu gunakan apakah konektor USB tersebut kotor atau rusak. Apabila konektor USB tersebut kotor, silakan bersihkan dengan kuas kecil atau menggunakan cotton bud. Karena bisa saja USB yang kotor bisa jadi faktor penyebab masalah tersebut.

Selanjutnya, jika konektor USB pada perangkat yang kamu gunakan rusak, silakan ganti kabel USB tersebut ke yang baru. Jika sudah di ganti tetapi masih belum berfungsi, maka silakan kamu coba di laptop atau perangkat lain, untuk memastikan perangkat USB yang kamu gunakan benar-benar berfungsi atau tidak.

Setelah kamu coba di komputer atau laptop lain dan berfungsi dengan baik, maka dipastikan kalau port USB di Motherboard laptop atau komputer kamu mengalami kerusakan dan perlu di ganti. Jadi, bawalah laptop atau komputer kamu ke tempat servis komputer terdekat.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian artikel mengenai cara mengatasi Unknown USB Device di Windows 10 yang dapat kami bagikan. Semoga cara-cara yang kami tuliskan di atas bisa menjadi panduan dan membantu kamu dalam mengatasi masalah unkown USB device.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *