Cara Uninstall IDM Agar Bersih Sampai ke Akar-akarnya

  • oleh

Bagi kamu yang sering mendownload file di internet, tentu tidak asing lagi dengan IDM (Internet Download Manager), bukan? Ya, saya rasa aplikasi ini sudah cukup populer di kalangan pengguna laptop atau komputer, karena mengingat fitur dan berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Internet Download Manager sendiri biasa diartikan sebagai software downloader yang biasa digunakan untuk mendownload / mengunduh file dan data yang ada di internet. Software ini banyak dipakai karena kecepatan download (pengunduhan data) yang tinggi.

Selain pengunduhan cepat, IDM juga mampu menjaga kecepatan unduhan tersebut tetap stabil, dan bahkan bisa digunakan untuk resume (melanjutkan) download file yang sebelumnya terjeda atau tidak selesai. Tapi disamping itu ada sebagian pengguna yang malah ingin meng-uninstall aplikasi ini.

Alasan Uninstall IDM

Walaupun IDM memiliki berbagai fitur dan kelebihan, namun terkadang ada situasi dimana kamu harus melakukan uninstall IDM dari komputer atau laptop. Alasannya bisa saja karena adanya masalah tertentu, seperti IDM tidak muncul di browser, atau mungkin saja karena kamu ingin memindahkan lisensi IDM ke perangkat lain.

Ya, apapun itu alasannya, yang jelas kamu tidak lagi membutuhkan IDM tersebut dan ingin menggantinya atau bahkan tidak ingin menggunakannya lagi. Berangkat dari hal tersebut, tentunya kamu perlu mengetahui cara uninstall IDM yang benar agar bisa bersih sampai ke akar-akarnya.

Nah, untuk mengetahui caranya, silakan simak artikel ini sampai selesai!

Cara Uninstall IDM

Pada dasarnya meng-uninstall IDM caranya hampir sama dengan menghapus aplikasi-aplikasi pada umumnya. Namun, biasanya cara tersebut tidaklah menghapus integrasi sampai ke akarnya, karena itulah disini kami memberikan panduannya.

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Full Uninstall IDM

Pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan uninstall IDM secara Full. Hal ini bertujuan untuk menghapus data-data dan file konfigurasi IDM yang sebelumnya sudah terinstall di perangkat. Nah untuk lebih lengkapnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka Control Panel dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + R, kemudian ketikkan control panel dan tekan Enter.
  2. Jika sudah, kamu akan masuk ke halaman Control Panel. Pada bagian ini silakan pilih menu Uninstall a Program.
  3. Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman Program and Features. Carilah aplikasi Internet Download Manager.
  4. Kemudian, klik kanan pada aplikasi tersebut lalu klik Uninstall.
  5. Jika sudah, maka akan muncul jendela Uninstaller IDM. Di sini, silakan kamu pilih saja opsi Full (penuh) pada halaman tersebut, lalu klik saja Next.
  6. Tunggulah proses tersebut sampai selesai.
  7. Setelah itu akan muncul notifikasi peringatan, silakan kamu klik saja OK dan laptop atau komputer akan direstart.
  8. Setelah restart selesai, maka IDM sudah dihapus dari perangkat kamu.

Untuk membersihkan IDM sampai ke akar-akarnya, caranya tidak sampai disini saja loh. Karena kamu juga perlu delete registry IDM nya.

Delete Registry IDM

Setelah selesai menghapus IDM secara full bukan berarti sudah bersih semuanya, ya. Karena biasanya file registry IDM masih tersimpan di sistem dan tidak ikut terhapus setelah uninstall. Jadi, kamu perlu menghilangkan registry tersebut secara manual.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silakan kamu bukan jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketikkan Regedit pada bagian Open, lalu klik OK.
  3. Jika sudah, maka kamu akan masuk ke halaman Registry Editor. Tahap pertama, silakan kamu masuk ke HKEY_CURRENT_USER > SOFTWARE > Internet Download Manager. Setelah itu silakan klik kanan folder IDM tersebut, lalu pilih Delete.
  4. Tahap kedua, silakan kamu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Internet Download Manager. Hapus juga folder IDM disitu.
  5. Setelah selesai melakukan semua langkah di atas, silakan restart perangkat kamu.

Bersihkan Registry dengan CCleaner

CCleaner pada dasarnya mempunyai dua fungsi utama. Satu, memindai & menghapus file yang tidak berguna termasuk registry yang tidak dipakai. Dua, menghapus data pribadi seperti riwayat penjelajahan dan daftar file yang paling baru dibuka di berbagai program.

Nah, pada kesempatan ini kita akan menggunakan CCleaner untuk menghapus data registry IDM lain yang tertinggal. Ya, tujuannya agar proses delete registry bisa maksimal, dan tentunya akan bersih sampai ke akar-akarnya.

Berikut ini langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu software CCleaner melalui situs resminya.
  2. Setelah itu, silakan install aplikasinya seperti biasa.
  3. Jika sudah, lanjut jalankan aplikasinya, lalu setelah terbuka silakan kamu masuk ke menu Registry.
  4. Pada bagian tersebut, silakan kamu klik Scan for Issues, kemudian tunggulah sampai scanning selesai.
  5. Selanjutnya, klik opsi Fix Selected Issues untuk membersihkan semua registry yang tidak berguna.
  6. Selesai.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga (Opsional)

Selain melakukannya secara manual dengan memanfaatkan fitur Windows seperti sebelumnya. Kamu bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang khusus didesain untuk meng-uninstall aplikasi di laptop atau PC serta bisa membersihkan semua data aplikasi tersebut secara otomatis.

Ada banyak aplikasi yang bisa menjadi pilihan kamu untuk meng-uninstall aplikasi, berikut diantaranya:

Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama secara fundamental, dan untuk cara melakukan uninstall aplikasi menggunakan software tersebut hampir mirip-mirip.

Caranya kurang lebih seperti ini:

  1. Pertama, silakan kamu download aplikasi uninstaller yang diinginkan.
  2. Setelah itu, install aplikasi uninstaller-nya seperti menginstal aplikasi pada umumnya.
  3. Buka / jalankan software uninstaller yang sudah kamu install.
  4. Masuklah ke menu penghapusan program yang berada di aplikasi tersebut.
  5. Cari aplikasi IDM didalamnya, lalu pilihlah opsi Uninstall.
  6. Setelah itu kamu hanya perlu menunggu prosesnya sampai selesai.
  7. Restart perangkat seperti biasa, dan setelah itu IDM akan terhapus beserta seluruh data-data aplikasi, termasuk file registry.
  8. Selesai.

Akhir Kata

Begitulah tadi pembahasan kita mengenai cara uninstall IDM sampai bersih ke akar-akarnya di laptop atau komputer. Artikel ini bisa kamu jadikan panduan dan acuan ketika akan meng-uninstall Internet Download Manager, agar semuanya berjalan dengan benar dan lancar.

Semoga bermanfaat dan membantu, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *