Lompat ke konten

Cara Membuat Word Jadi Landscape (Semua Versi Office)

Tidak semua dokumen harus menggunakan orientasi halaman portrait, ada juga yang lebih tepat menggunakan bentuk landscape. Contohnya saja untuk membuat halaman yang berisikan sebuah info dalam bentuk tabel dengan jumlah kolom yang cukup banyak.

Buat yang belum tahu, portrait adalah bentuk halaman dengan posisi berdiri (vertikal), sedangkan landscape adalah bentuk halaman dengan posisi tertidur (horizontal). Atau sederhananya, portrait itu seperti buku tulis biasa dan landscape seperti buku gambar.

Nah, buat kamu yang ingin membuat halaman di dokumen Word menjadi bentuk landscape, kami telah menyiapkan dua cara yang berbeda. Pertama yaitu membuat semua halaman di Word menjadi landscape, dan yang kedua adalah mengubah satu atau beberapa halaman portrait jadi landscape. Jadi silahkan pilih sesuai kebutuhan!

Cara Membuat Semua Halaman Word Jadi Landscape

Mengubah semua page atau halaman di Microsoft Word bisa kamu lakukan pada dokumen baru maupun dokumen yang sudah berisi beberapa halaman. Cara melakukannya juga terbilang sangat simple, yaitu dengan memanfaatkan fitur orientation di tab layout. Berikut langkah-langkah lengkapnya:

  1. Buat atau buka dokumen Word yang ingin kamu ubah jadi landscape.
  2. Buka tab Layout.
  3. Klik opsi Orientation.
  4. Pilih Landscape.
    Buat Halaman Landscape di Word

Dengan melakukan cara di atas, kini semua halaman yang tadinya berbentuk portrait akan berubah menjadi landscape. Tapi pada dokumen Word yang sudah ada isinya, biasanya tatanan tulisan dan elemen lain akan sedikit berubah, jadi kamu harus mengeditnya sendiri agar terlihat rapi.

Cara Membuat Landscape di Halaman Tertentu Saja

Nyatanya, mengubah salah satu atau beberapa halaman di Word menjadi landscape masih sangat jarang diketahui oleh para pengguna Microsoft Office, apalagi bagi pengguna yang terbilang masih baru. Tapi sebenarnya itu tidak sulit kok! Silahkan ikuti saja setiap langkah yang sudah kami tuliskan di bawah ini:

  1. Buka dokumen Word yang ingin kamu ubah jadi landscape di halaman tertentu.
  2. Pilih semua teks (blok) di halaman yang ingin kamu ubah ke landscape.
  3. Klik tab Layout.
  4. Klik kotakan dengan tanda panah ke bawah di bagian Page Setup.
    Buka Pengaturan Page Setup Word
  5. Pada jendela yang muncul, klik Landscape pada opsi Orientation.
  6. Di bagian Preview, klik tanda panah ke bawah dan pilih Selected Text.
    Buat Halaman Landscape di Halaman Tertentu
  7. Klik OK untuk menerapkan.

Selanjutnya, silahkan edit margin dan tata letak dari isi halaman yang sudah diubah ke landscape agar terlihat semakin rapi. Ulangi langkah-langkah di atas pada halaman lain yang juga ingin kamu ubah dari portrait menjadi landscape.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Oh iya, cara membuat Word jadi landscape di atas bisa diterapkan di semua versi Microsoft Word ya! Mulai dari Microsoft Office Word 2007, 2010, 2013, 2019, 2021, hingga Office 365. Paling kamu hanya perlu menyesuaikan tampilan jendela Word-nya saja!

2 tanggapan pada “Cara Membuat Word Jadi Landscape (Semua Versi Office)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.