Cara Mengatasi CD / DVD Tidak Terbaca di Laptop dan PC

  • oleh

CD (Compact Disk) dan DVD (Digital Versatile Disc) merupakan media atau alat penyimpanan optik dan cukup populer. CD dan DVD juga menjadi perangkat yang tidak kalah penting untuk perangkat komputer atau laptop. Ya, walaupun sudah ada MMC, SD, Flashdisk, dan perangkat sejenisnya.

DVD dan CD memiliki komposisi serta penggunaan yang hampir serupa, namun ada sedikit perbedaan yaitu pada kapasitas penyimpanannya. DVD menawarkan penyimpanan data lebih besar dibandingkan CD. DVD biasa dipakai untuk file program dan video, sedangkan CD biasa untuk program dan audio.

DVD dan CD juga telah menjadi teknologi umum, dan keduanya ini sering dianggap menjadi hal yang sama dan menjadi synonym syndrome. Namun, ketika kamu ingin menggunakan perangkat ini pada komputer atau laptop kamu, eh tapi malah enggak bisa diputar karena tidak terbaca di laptop atau komputer kamu.

Penyebab CD atau DVD Tidak Terbaca

Sama seperti komponen eketronik sejenisnya, CD dan DVD juga kerap mengalami masalah ketika ingin dijalankan. Misalnya saja CD atau DVD tidak terbaca di laptop atau PC kamu. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor entah itu dari hardware ataupun software perangkat.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab CD atau DVD tidak terbaca di laptop dan komputer:

  • DVD atau CD rusak.
  • Kerusakan pada drive DVD atau CD.
  • Salah ketika proses burning.
  • Drive Optics lemah.
  • CD atau DVD drive kotor.
  • Pemasangan CD atau DVD tidak sesuai.
  • DVD atau CD room tidak mendukung.
  • Resolusi layar tidak sesuai dengan dukungan CD atau DVD.

Cara Mengatasi CD atau DVD Tidak Terbaca

Nah, untuk mengatasi CD atau DVD tidak terbaca sebenarnya ada banyak yang bisa kamu coba, hal ini tergantung pada kondisi masing-masing CD dan DVD atau perangkat kamu, ya. Tapi tenang, kamu bisa mencoba tips-tips yang kami tuliskan di bawah ini. Yuk, simak ulasan ini sampai selesai.

Bersihkan DVD atau CD Drive

Hal pertama dan yang paling sederhana yang perlu kamu coba adalah dengan membersihkan DVD atau CD drive di laptop atau komputer kamu. Karena kalau optik pada drive tersebut kotor, makan akan membuat CD atau DVD sulit terbaca.

Hal ini biasa disebabkan oleh kotoran atau debu yang masuk ke dalam drive. Jadi silakan kamu lakukan perawatan dan bersihkan drive CD atau DVD ini secara berkala agar kamu tidak mengalami masalah ini. Nah, berikut ini cara melakukannya:

  1. Tips pertama, yaitu gunakan kompresor udara untuk menyemprotkannya ke dalam drive DVD. Karena dengan ini kotoran dan debu yang ada di dalamnya akan keluar dengan mudah. Tapi dengan syarat kalau kamu mempunyai alatnya, atau kamu bisa juga meminjam ke bengkel terdekat.
  2. Tips kedua, yaitu menggunakan kuas. Kamu bisa menggunakan kuas untuk menyapukannya pada drive CD atau DVD di perangkat kamu. Pastikan kalau kamu menggunakan kuas yang bersih dan lembut.
  3. Tips ketiga, Kalau nggak ada kedua alat di atas, silakan kamu coba bersihkan menggunakan tisu atau kapas halus. Caranya cukup usapkan saja pada drive tersebut, dan pastikan tisu atau kapas tersebut tidak ada yang tersangkut, ya.
  4. Tips empat, apapun cara yang kamu pilih diantara ketiga cara yang kami tuliskan, silakan pastikan kalau kamu membersihkan optical drive dan pada media drive di perangkat kamu.

Bersihkan Kaset

Selain drive yang kotor, bisa juga kaset CD atau DVD kamu juga kotor sehingga menyebabkan CD atau DVD tidak terbaca di laptop atau komputer kamu. Coba kamu periksa baik-baik kaset yang kamu gunakan, apakah kotor atau tidak. Terutama kamu periksa pada bagian terpenting pada kaset yakni bagian bawahnya.

Nah, jika kamu mendapati kaset yang kamu gunakan kotor, maka solusinya adalah silakan kamu bersihkan kaset tersebut menggunakan cairan khusus yang biasa disebut Discwasher untuk membersihkan CD atau DVD, lalu mengelapnya secara perlahan sampai kering.

Namun, kalau kamu tidak memilikinya, kamu bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai ganti cairan khusus tersebut. Caranya kamu cukup teteskan secukupnya pada kaset, lalu kamu tinggal mengelapnya menggunakan tisu atau kain sampai kering.

Pastikan kalau kamu mengelapnya dengan perlahan, hal ini bertujuan agar kaset tidak tergores. Setelah itu, silakan kamu coba pasangkan kembali CD atau DVD tersebut ke perangkat kamu.

Periksa Kondisi CD atau DVD

Cara yang kedua adalah melakukan pemeriksaan pada kondidi CD atau DVD yang kamu gunakan, karena mungkin saja masalah CD atau DVD tidak terbaca di laptop atau komputer bersumber dari kaset CD atau DVD yang kamu gunakan.

Mungkin saja kaset tersebut rusak secara fisik, sehingga tidak berfungsi seperti semula. Misalnya saja optik pada CD atau DVD sudah melemah fungsinya atau bahkan rusak. Untuk memastikan apakah ada kerusakan secara fisik pada CD atau DVD kamu sebenarnya mudah. Kamu hanya perlu mencoba kaset tersebut pada DVD drive lain.

Lalu, bila CD atau DVD yang kamu coba di perangkat lain terbaca maka bisa dipastikan kerusakannya bukan pada kaset, melainkan pada sistem perangkat kamu. Tapi jika pada perangkat lain tidak terbaca, maka dipastikan CD atau DVD kamu sudah rusak.

Untuk mengatasi CD atau DVD tidak terbaca karena masalah fisik kaset hanya ada satu, yakni kamu harus mengganti kaset tersebut ke yang baru. Mau tidak mau kamu harus melakukan ini, agar kamu bisa menggunakan CD atau DVD lagi.

Karena CD atau DVD tersebut rusak secara fisik, maka resikonya adalah data yang tersimpan pada kaset tersebut akan hilang dan tidak akan bisa diselamatkan.

Pastikan Konektor Terpasang Dengan Benar

Hal selanjutnya yang kemungkinan bisa menjadi penyebab CD atau DVD tidak terbaca adalah karena konektor antara drive dengan motherboard tidak terpasang dengan benar. Hal ini tentu membuat drive kaset tidak akan bisa digunakan.

Cobalah periksa konektor tersebut dengan cara di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka casing laptop yang kamu pakai.
  2. Selanjutnya, coba lihatlah pada bagian slot konektor penghubung DVD drive dengan motherboard.
  3. Apabila konektor tersebut tidak terpasang dengan benar, silahkan kamu sambungkan kembali dengan benar.
  4. Setelah selesai, pasang kembali casing laptop.
  5. Terakhir, silakan coba pasang dan jalankan CD atau DVD kamu kembali.

Coba Burning Ulang Kaset

Sama seperti yang sudah kami tuliskan di atas pada bagian penyebab CD atau DVD tidak terbaca, yaitu salah ketika proses burning. Apabila hal ini terjadi, maka file dan data-data yang tersimpan di dalam CD atau DVD tersebut corrupt dan tidak bisa dibaca.

Karena proses burnig kaset tidak sempurnya, maka solusinya adalah kamu harus melakukan burning ulang pada CD atau DVD tersebut. Entah kamu melakukan burning menggunakan aplikasi bawaan OS Windows atau dengan aplikasi tambahan lainnya, cara burning ulang CD atau DVD tetaplah sama.

Cara melakukannya yaitu dengan memasukkan ulang kaset CD atau DVD kamu ke dalam drive, lalu buka aplikasi yang biasa kamu pakai untuk burning kaset, dan silakan masukkan file atau data-data ke dalamnya. Kamu juga bisa burning ulang ketika terjadi kerusakan kaset secara fisik, sebelum kamu mengganti kaset tersebut.

Gunakan DVD Repair Tools

Apabila kamu telah mecoba cara-cara di atas namun kamu belum bisa mengatsi CD atau DVD tidak terbaca pada laptop atau komputer kamu, maka selanjutnya kamu perlu mencoba memperbaiki sistem atau device dari CD atau DVD pada perangkat kamu.

Salah satu metode yang bisa kamu coba, adalah dengan memanfaatkan aplikasi DVD Drive Repair Tools. Berikut caranya:

  1. Pertam-tama silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi DVD Drive Repair Tools.
  2. Setelah selesai mengunduh, silakan instal aplikasinya seperti biasa.
  3. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut lalu kamu akan masuk ke halaman utama aplikasi.
  4. Silakan cari menu DVD Drive Repair Tools, lalu buka menu tersebut.
  5. Setelah itu kamu akan melakukan repairing padang device DVD di perangkat kamu, silakan ikuti saja pentunjuk yang ada sampai selesai.
  6. Terakhir, silakan restart laptop kamu.
  7. Semoga berhasil.

Menggunakan CMD

Siapa sih yang nggak tahu aplikasi Command Prompt? Pasti semua pengguna laptop atau komputer sudah mengetahui dan sudah pernah menggunakan aplikasi ini untuk berbagai hal. Karena pada dasanya aplikasi ini cukup powerful ketika digunakan untuk mengatasi masalah pada sistem.

Nah, karena itulah kamu bisa menggunakan CMD untuk mengatasi CD atau DVD laptop tidak terbaca. Berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Selanjutnya ketikkan CMD pada jendela yang muncul, lalu klik OK.
  3. Jika sudah, maka kamu akan di bawah ke jendela utama Command Prompt.
  4. Pada jendela ini, silakan input perintah reg.exe add lalu Enter.
  5. Kemudian masukkan perintah HKLM\System\CurrentControlSet\Set\f\v EnumDevice1 /t (enter) REG_DWORD /d 0x00000001 dan tekan tombol Enter.
  6. Selesai, sekarang kamu bisa menggunakan CD atau DVD kamu kembali.

Gunakan External DVD Drive

Tips terakhir yang kami berikan adalah, gunakan DVD drive external. Nah, cara yang ini bisa kamu lakukan apabila perangkat yang bermasalah terletak pada drive di laptop atau komputer kamu. Jadi hanya dengan menambahkan DVD drive external, maka masalah CD atau DVD tidak terbaca akan hilang.

Kamu bisa membeli DVD drive ini di toko aksesoris atau perlengkapan komputer di dekat rumah kamu. Setelah itu, tinggal kamu pasangkan ke perangkat kamu, deh.

Selamat mencoba!!

Akhir Kata

Ketika kamu mengalami masalah CD atau DVD tidak terbaca, jangan buru-buru pergi ke tempat service untuk mengatasinya, karena kamu bisa mengatasinya sendiri. Kecuali jika kamu tidak bisa atau tidak berani membuka casing laptop seperti cara yang ke-4, maka sebaiknya mintalah bantuan pada ahlinya.

Mungkin cukup sekian artikel kami mengenai cara mengatasi CD atau DVD tidak terbaca di laptop atau PC. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *