Cara Merapikan Titik Dua di Word dengan Mudah dan Cepat

Saat membuat sebuah dokumen apapun, apalagi dokumen formal, tentu kamu harus membuatnya dengan benar dan rapi. Dengan begitu, dokumen akan terlihat lebih profesional dan mudah untuk dibaca.

Salah satu hal yang sangat mencolok mata jika tidak ditata dengan rapi adalah penggunaan titik dua, biasanya titik dua ini digunakan untuk membuat dokumen berisi biodata seperti nama dan informasi pribadi lainnya.

Bagi yang belum pernah melakukannya, merapikan titik dua di Word memang terlihat cukup sulit. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai cara merapikan titik dua di dokumen Word.

Cara Merapikan Titik Dua di Word Semua Versi

Setidaknya terdapat 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat titik dua di halaman Word terlihat rapi dan enak untuk dipandang. Simak semua caranya di bawah ini dan pilih salah satu cara yang menurut kamu paling mudah dilakukan.

Gunakan Tab Keyboard

Cara pertama yaitu dengan menggunakan ilmu Tab, kamu bisa menemukan tombol ini di keyboard sebelah kiri. Dengan memanfaatkan tombol Tab ini kamu bisa dengan mudah merapikan titik dua di Word.

Berikut cara merapikan titik dua dengan tombol Tab:

  1. Siapkan dokumen dengan tulisan yang mengandung titik dua, disini kami mencontohkan teks berupa biodata.
  2. Selanjutnya, tempatkan kursor pada huruf terakhir tulisan yang paling panjang, kemudian tekan Tab, lalu beri titik dua (:).
  3. Setelah itu, pindah ke tulisan lain dan lakukan hal yang sama, tekan Tab lalu tekan titik dua(:).
  4. Jika posisinya belum sejajar, tekan tombol Tab lagi hingga kursornya sejajar, setelah itu baru beri tanda titik dua (:).
  5. Lakukan hal yang sama hingga selesai.

Catatan: Gunakan tombol Tab antara teks disebelah kiri dan tanda titik dua (:), jangan tambahkan spasi satupun, karena pasti akan berantakan dan sulit untuk dirapikan.

Atur Menggunakan Ruler

Meski merapikannya menggunakan tombol Tab cukup mudah untuk dilakukan, namun bayangkan jika kamu memiliki banyak baris yang harus dirapikan, tentu akan sangat memakan waktu bukan?

Sebagai alternatif lain, kamu bisa merapikan titik dua tersebut dengan memanfaatkan fitur Ruler atau penggaris yang ada di aplikasi Word. Dengan cara ini, kamu bisa melakukannya lebih cepat.

Simak langkah-langkah merapikan titik dua dengan penggaris di Word berikut ini:

  1. Buka dokumen Word yang akan kamu rapikan titik duanya.
  2. Pastikan bahwa fitur Ruler sudah muncul, jika belum buka tab View, kemudian centang opsi Ruler.
  3. Selanjutnya, pastikan semua tulisan sudah memiliki tanda titik dua (:).
  4. Selain itu pastikan juga kamu sudah menggunakan Tab untuk memberikan jarak antara tulisan dan titik dua (:). Jangan gunakan Spasi.
  5. Seleksi semua tulisan tersebut dengan cara tekan Ctrl + A.
  6. Jika sudah, klik dan tahan pada bagian Ruler hingga muncul tanda L.
  7. Klik dan geser tanda L tersebut ke kanan atau kiri hingga titik dua menjadi sejajar dan rapi.

Buat Menggunakan Tabel

Selain menggunakan kedua cara di atas yang mengharuskan kamu untuk mengganti Spasi menjadi menggunakan Tab, kamu juga bisa dengan mudah membuat titik dua jadi rapi menggunakan tabel.

Berikut cara membuat titik dua menjadi sejajar di Word menggunakan tabel:

  1. Buat Tabel baru dengan cara klik tab Insert > Table, lalu tentukan jumlah baris dan kolom. Untuk kolom bisa 2 saja.
  2. Isi semua tabel tersebut dengan data yang kamu butuhkan, lalu masukkan tanda titik dua (:) di kolom kedua.
  3. Rapikan jarak antara kolom 1 dan kolom 2 dengan menggeser garis tabel.
  4. Hilangkan border atau garis tabel dengan cara seleksi semua bagian tabel, lalu klik icon Borders, dan pilih No Border.
  5. Selesai.

Itulah 3 cara merapikan titik dua yang bisa kamu lakukan di dokumen Word. Semua cara di atas bisa kamu lakukan di semua versi aplikasi Microsoft Office Word, jadi silahkan pilih saja cara mana yang akan kamu lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *