Cara Membuat Watermark di Word (Gambar, Teks, & Template)

Salah satu cara untuk menjaga sebuah hak cipta dari suatu karya adalah dengan menambahkan sebuah Watermark, termasuk juga untuk menjaga dokumen Word kamu agar tidak dicopas.

Dikutip dari KBBI, Watermark adalah sebuah tanda air dalam bentuk gambar, logo, atau tulisan yang disematkan pada sebuah kertas dan nampak samar-samar jika terkena sebuah sinar.

Namun saat ini, Watermark tidak hanya digunakan di kertas fisik saja, namun juga sering digunakan dalam karya digital. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai cara membuat watermark di Word.

Cara Membuat Watermark Word

Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat Watermark di Word, mulai dari menggunakan template yang sudah ada, menggunakan tulisan sendiri, hingga menggunakan gambar.

Berikut ini 3 cara membuat Watermark di Word untuk semua versi aplikasi Word, mulai dari Word 2003, Word 2007, Word 2010, Word 2013, Word 2016, Word 2019, Word 365, dan versi Microsoft Office lainnya.

Menggunakan Template

Pertama, kamu bisa membuat Watermark full paper di Word dengan memanfaatkan berbagai template yang telah tersedia di aplikasi tersebut. Beberapa template Watermark yang tersedia yaitu:

  • Confidential
  • Do Not Copy
  • Draft
  • Sample
  • Penting
  • SCMK
  • Rahasia
  • Jangan Disalin
  • Contoh
  • ASAP
  • Urgent

Itulah beberapa template yang ada di Word, namun perlu digaris bawahi bahwa tidak semua Word memiliki Watermark yang lengkap seperti pada gambar di atas. Kadang ada versi Word yang hanya memiliki Watermark dengan bahasa Inggris saja.

Berikut cara membuat Watermark dengan template yang sudah tersedia:

  1. Buka dokumen Word yang akan kamu beri Watermark.
  2. Klik tab Design.
  3. Klik opsi Watermark, yang ada di bagian Page Background.
  4. Cari dan pilih salah satu Watermark yang ada. Sesuaikan dengan jenis dokumen kamu.
  5. Klik Watermark tersebut untuk membuatnya.

Menggunakan Tulisan

Apabila kamu tidak menemukan template dengan teks yang kamu butuhkan, kamu bisa membuatnya sendiri. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat Watermark tulisan sendiri di Word.

  1. Jalankan aplikasi Word lalu buka dokumen kamu.
  2. Pilih tab Design, kemudian klik Watermark.
  3. Klik Custom Watermark pada menu yang muncul.
  4. Pada jendela Printed Watermark, pilih opsi Text Watermark.
  5. Di bagian Language biarkan saja default atau pilih Indonesian.
  6. Lalu isi tulisan Watermark yang kamu inginkan di bagian Text.
  7. Edit tampilan Watermark. Pilih jenis Font pada opsi Font, tentukan ukuran pada bagian Size, ganti warna Watermark di bagian Color, lalu tentukan Layout Watermark.
  8. Terakhir jangan lupa centang opsi Semitransparent untuk membuat Watermark sedikit transparan. Klik OK.

Menggunakan Gambar

Selain Custom Watermark dengan menggunakan sebuah tulisan, kamu juga bisa membuat Watermark di Word dengan menggunakan gambar, foto, atau logo tertentu. Simak caranya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Word, lalu buka dokumen Word.
  2. Buka tab Design, kemudian klik Watermark.
  3. Pilih opsi Custom Watermark.
  4. Pada jendela baru yang muncul, pilih Picture Watermark.
  5. Klik tombol Select Picture, lalu pilih gambar yang akan kamu jadikan sebagai Watermark.
  6. Pada bagian Scale biarkan saja Auto agar ukurannya di atur secara otomatis. Namun kamu juga bisa mengaturnya sendiri.
  7. Beri tanda centang pada opsi Washout untuk membuat gambar terlihat transparan. Atau hilangkan tanda centang jika kamu ingin menggunakan gambar asli (tidak transparan).
  8. Klik OK untuk menerapkan.

Itulah 3 cara membuat Watermark di Word yang dapat kamu lakukan pada semua versi aplikasi Microsoft Office. Sebagai catatan, di atas kami menggunakan Word versi 2016, jadi mungkin akan ada perbedaan tampilan menu (khususnya di versi 2007).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *