Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri di Laptop atau PC

Kursor atau pointer adalah adalah indikator khusus yang ada pada layar monitor yang digunakan oleh program sebagai penunjuk atau pemusat perhatian dalam komunikasi antara pengguna dan program.

Kursor secara umum dibagi menjadi dua, yaitu kursor teks dan kursor tetikus. Kursor teks adalah indikator yang menunjukkan tempat teks akan diletakkan, biasanya berupa garis vertikal yang berkedip.

Sedangkan kursor tetikus adalah peranti penunjuk komputer yang digunakan untuk memilih sebuah program. Kursor ini biasanya berbentuk seperti tanda panah dan dapat digerakkan menggunakan alat tertentu seperti mouse.

Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri

Kamu sedang mengalami masalah kursor bergerak sendiri? Ya, saya pribadi pernah mengalaminya. Kursor bergerak sendiri secara random dan membuat saya sulit mengarahkannya untuk mengklik apa yang saya tuju, dan malah mengklik yang lain.

Permasalahan ini tentu akan membuat kamu merasa kesal dan geram. Misalnya saja, kursor bergerak sendiri ketika kamu sedang bermain game FPS. Hal ini tentu sangat mengganggu, karena akan membuat kamera game yang dimainkan menjadi tidak tentu arah.

Sebenarnya ada banyak kemungkinan yang menyebabkan kursor di laptop atau komputer kamu bergerak sendiri. Bisa saja karena mouse rusak, konektor rusak, atau karena tegangan listrik yang berlebihan.

Nah, di bawah ini kami akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi kursor bergerak sendiri di laptop atau PC kamu.

Cek Charger Laptop

Kalu kursor bergerak sendiri terjadi ketika kamu sedang men-charge laptop kamu, kemungkinan penyebabnya ada pada charge yang kamu gunakan. Biasanya charge yang digunakan bukan charge original.

Tegangan listrik yang dihasilkan charge original atau bawaan dengan charge bukan bawaan laptop tentu berbeda. Hal ini menyebabkan tegangan charge lebih besar dibanding yang laptop kamu butuhkan.

Jadi, untuk mengatasi kursor bergerak sendiri karena hal ini adalah, jangan mengecas laptop kamu ketika digunakan, atau kamu juga bisa mengganti charge yang original. Silahkan datangi toko komputer atau bisa juga melalui online shop resmi dari produsennya.

Cek Mousepad (Alas Mouse)

Faktor yang kedua ini bisa juga terjadi, coba cek mousepad yang kamu gunakan, dan silahkan bersikan mousepad kamu. Karena biasanya mousepad yang kotor bisa membuat sensor mouse tidak stabil, dan menyebabkan kursor bergerak sendiri.

Cara membersihkannya mudah kok, kamu bisa mencuci mousepad kamu menggunakan sedikit deterjen, dan merendamnya ke dalam air. Selain itu kamu bisa membersihkan mousepad kamu dengan menggunakan cairan pembersih kemudian mengelapnya.

Periksa Keadaan Mouse

Bisa jadi kursor di laptop atau PC kamu sendiri dikarenakan mouse bermasalah, entah kerena sudah rusak dan perlu diganti, atau karena konektornya yang bermasalah. Coba perhatikan baik-baik mouse yang kamu gunakan.

Apabila kamu menggunakan mouse kabel, masalah yang biasanya terjadi adalah pada kabel mouse yang terjepit, sehingga membuat pergerakan mouse tidak stabil. Atau bisa juga konektor USB pada mouse kamu rusak.

Kalau kamu menggunakan mouse wireless, masalah yang terjadi biasanya ada pada konektor USB yang bermasalah, baterai bermasalah, atau bisa juga karena ada mouse wireless lain yang bekerja di frekuensi yang sama.

Cara mengatasinya kamu pasti tahu lah, jika kabel terjepit atau bengkok kamu hanya perlu meluruskannya. Jika mouse atau konektor USB yang rusak, tidak ada cara yang kami rekomendasikan selain menggantinya.

Nonaktifkan Trackpad

Ketika kamu menggunakan mouse, sebaiknya kamu matikan sementara trackpad laptop kamu. Karena dengan cara ini kamu bisa mengatasi kursor di laptop kamu yang bergerak sendiri. Terutama kalau trackpad laptop kamu rusak.

Cara menonaktifkan trackpad menggunakan tombol kombinasi di setiap merek laptop memiliki cara yang berbeda-beda. Kamu bisa baca tabel dibawah ini dan silahkan sesuaikan dengan merk laptop kamu.

Merk LaptopTombol Kombinasi
MacFn + F2
AsusFn + F3 / F7 / F9
DellFn + F7
LenovoFn + F6
ToshibaFn + F9
AcerFn + F7

Restart Laptop atau PC

Masalah kursor bergerak sendiri tidak hanya datang dari mouse saja. Bisa saja kursor bergerak sendiri diakibatkan oleh sistem operasi mengalami error. Terutama kalau kamu menggunakan laptop untuk multitasking dalam jangka waktu lama.

Jadi, kalau terjadi error pada sistem, kamu bisa merestart laptop atau PC kamu. Lebih baik lagi kalau kamu shut down dan diamkan dulu beberapa menit, baru kemudian kamu hidupkan kembali.

Atur Sensitivitas

Kemungkinan selanjutnya yang menyebabkan kursor di laptop atau PC kamu bergerak sendiri adalah karena sensitivitas pointer yang terlalu tinggi. Jadi bisa membuat kursor tidak stabil dan bergerak sendiri.

Berikut cara mengatasi pointer bergerak sendiri dengan mengatur sensitivitas pointer:

  1. Pada menu Start, silahkan ketik dan klik Control Panel.
  2. Setelah muncul tab baru silahkan pilih Hardware and Sound.
  3. Pada menu tersebut akan muncul banyak pilihan, silahkan kamu pilih Mouse yang berada di bawah Devices and Printers.
  4. Jika sudah maka akan muncul tab Pointer Option. Silahkan kamu atur kecepatan atau sensitivitas pointer sesuai yang kamu inginkan.
  5. Selesai.

Update Driver Mouse

Selain mengatur sensitivitas pointer, kamu bisa juga mengupdate driver mouse yang kamu gunakan. Karena terkadanag driver yang belum diupdate akan membuat kursor menjadi tidak stabil dan bergerak sendiri.

Berikut cara mengupdate driver mouse:

  1. Buka menu start, kemudian pada kolom pencarian silahkan kamu ketik Device Manager.
  2. Klik dua kali pada menu tersebut.
  3. Setelah itu akan muncul tab baru, silahkan kamu pilih Mice and other pointing devices.
  4. Klik kanan pada mouse yang kamu gunakan, dan pilih Update Driver.
  5. Kemudian pilih opsi Search automatically for drivers. Lalu, ikuti proses berikutnya.
  6. Selesai.

Servis Laptop atau PC

Kalau cara-cara diatas sudah kamu coba namun kursor di laptop atau PC kamu masih bergerak sendiri, maka ada kemungkinan kalau ada komponen di dalam laptop atau PC kamu yang rusak.

Biasanya kalau pada PC masalahnya terletak pada port USB motherboard atau power suplay yang dayanya tidak stabil. Kalau untuk laptop biasanya masalahnya terletak pada kabel penghubung trackpad yang mengarah ke motherboard atau pada port USB.

Cara mengatasi kursor bergerak sendiri di laptop atau PC karena masalah ini yang paling mudah adalah membawa laptop atau PC kamu ke tempat servis komputer terdekat agar bisa di cek lebih lanjut.

Nah, demikianlah cara mengatasi kursor di laptop atau PC bergerak sendiri. Selamat mencoba cara-cara yang kami berikan, dan mudah-mudahan berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *