Cara Melihat Bit Laptop (32-bit / 64-bit) di OS Windows

Kebanyakan dari kamu mungkin tidak sadar bahwa mengetahui cara melihat bit laptop merupakan suatu hal yang cukup penting. Pasalnya, suatu saat kamu sendiri pasti akan membutuhkan informasi mengenai bit pada laptop.

Biasanya, kamu membutuhkan informasi ini ketika akan melakukan instalasi Windows atau perlu mengunduh suatu program. Sistem bit sendiri sebenarnya sudah ada sejak dulu, jadi baik laptop keluaran baru atau lama akan terbagi menjadi dua jenis, yaitu 32-bit dan 64-bit.

Lalu, bagaimana kamu bisa tahu bahwa laptop yang saat ini digunakan menjalankan sistem 32-bit atau 64-bit? Kamu bisa menemukan jawabannya dengan membaca ulasan di bawah ini. Silahkan baca sampai selesai, ya.

Ini Dia 7 Cara Melihat Bit Laptop dengan Mudah 

Sebelum mengecek apakah laptop kamu menjalankan sistem 32-bit atau 64-bit, mungkin ada baiknya untuk mengetahui lebih lanjut apa yang membedakan keduanya.

Secara umum, kedua angka tersebut menggambarkan perbedaan kapasitas prosesor yang tertanam di laptop kamu. Jika menggunakan sistem 64-bit, dapat dipastikan bahwa laptop tersebut dibekali dengan kemampuan yang lebih besar dalam memproses informasi.

Sistem operasi dan program-program tertentu yang dapat dipasang di atas prosesor tersebut pun akan berbeda. Jika prosesor laptop berkapasitas 64-bit, kamu harus memasang sistem operasi yang khusus dibuat untuk sistem 64-bit.

Dalam hal penambahan komponen laptop, kamu juga harus menyesuaikannya dengan sistem bit tersebut. Contohnya, laptop dengan RAM 4GB ke atas biasanya lebih disarankan untuk menggunakan sistem 64-bit.

Adapun untuk mengetahui sistem apa yang terpasang di perangkat kamu, cobalah beberapa cara melihat bit laptop berikut ini.

Melihat Bit Laptop Melalui My Computer

Jika menggunakan sistem operasi Windows, kamu bisa dengan mudah mengecek bit laptop melalui My Computer atau Windows Explorer.

Berikut caranya:

  1. Tekan tombol berlogo Windows pada papan tik, ketikkan “Windows Explorer lalu buka program tersebut.
  2. Setelah masuk ke Windows Explorer, klik kanan pada “This PC” atau “Computer“. Dari banyaknya pilihan yang muncul, klik opsi “Properties”.
  3. Jendela baru pun akan muncul dan menampilkan informasi mengenai versi Windows yang terpasang di laptop kamu. 
  4. Perhatikan bagian System – System Type untuk mengetahui apakah laptop kamu menggunakan sistem 32-bit atau 64-bit.

Selain melalui Windows Explorer, jendela informasi ini juga bisa kamu akses melalui Control Panel. Caranya, buka Control Panel dari Start Menu, lalu pilih “System and Security”. Selanjutnya, klik pada tulisan “System” untuk melihat informasi tipe sistem laptop kamu.

Perlu diingat bahwa cara tersebut berlaku untuk Windows 7. Jika kamu ingin mencoba cara mengetahui bit laptop Windows 10, langkah-langkahnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, ada beberapa istilah yang tidak sama.

Mengecek Bit Laptop Melalui System Information

Cara melihat bit laptop selanjutnya dapat dilakukan dengan membuka System Information yang ada di Windows kamu. Jendela yang satu ini secara umum menampilkan informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan System Properties.

Silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, cukup ketik “System Information” pada kolom pencarian yang ada di Start Menu Windows kamu. 
  2. Tekan tombol enter untuk langsung membuka jendela System Information tersebut.
  3. Tanpa perlu menunggu lama, kamu bisa langsung melihat ke bagian “System Type” yang ada di menu “System Summary”.

Jika disitu tertulis “x86-based pc”, hal itu  berarti prosesor yang digunakan adalah 32-bit. Sedangkan pada prosesor yang memakai sistem 64-bit akan tertulis “x64-based pc“.

Mengecek dengan DXDIAG

Sebenarnya, dua cara di atas sudah cukup simpel jika kamu hanya ingin mengetahui bit laptop. Akan tetapi, apabila kamu juga ingin melihat spesifikasi lebih lengkap dari perangkat tersebut, tidak ada salahnya untuk mengeceknya melalui DXDIAG.

Untuk mencoba cara melihat bit laptop ini, berikut caranya:

  1. Langsung saja tekan tombol berlogo Windows + R secara bersama-sama.
  2. Pada jendela Run yang muncul, ketik “DXDIAG”.
  3. Tunggu beberapa saat sampai sistem merespons perintah tersebut. 
  4. Jika jendela DirectX Diagnostic Tool telah muncul, kamu bisa perhatikan pada bagian “Operating System” untuk melihat sistem bit yang berjalan di laptop.

Melihat Bit Laptop Melalui Command Prompt

Ingin mencoba cara yang terlihat lebih keren untuk mengecek sistem yang berjalan di laptop? Kamu bisa menggunakan Command Prompt untuk melakukannya.

Langsung saja, berikut caranya:

  1. Buka Command Prompt atau CMD melalui fitur pencarian di Start Menu.
  2. Selanjutnya, ketik perintah berikut ini: echo %PROCESSOR_ARCHITECTURE%.
  3. Setelah selesai mengetik, tekan enter dan akan ditampilkan sistem prosesor yang terpasang di laptop kamu di bawah rangkaian perintah tersebut.
  4. Selesai.

Trik ini bisa dicoba untuk versi Windows apa saja. Jadi, kamu bisa menggunakannya juga sebagai cara melihat bit laptop Windows 8.

Mengecek Bit Laptop dengan Registry Editor

Fitur bawaan Windows ini ternyata bukan hanya membantu pada saat kamu mengedit registry yang ada di dalam sistem operasi. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengecek bit atau tipe prosesor yang tertanam di laptop.

Jika kamu ingin mencobanya, silahkan ikuti cara berikut:

  1. Tekan tombol berlogo Windows + R di papan tik secara bersamaan untuk membuka program “Run”.
  2. Setelah jendela “Run” terbuka, ketik regedit dan tekan tombol enter pada papan tik untuk masuk ke fitur Registry Editor.
  3. Buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE dengan cara klik satu kali.
  4. Pada menu drop-down yang muncul, pilih HARDWARE, selanjutnya DESCRIPTION, kemudian System, lalu CentralProcessor secara berurutan.
  5. Selanjutnya, klik pada folder “0” dan perhatikan bagian “Identifier” yang terbuka di samping daftar folder. Di situ, kamu bisa melihat bit laptop yang dimiliki.

Cara Melihat Bit Laptop Melalui Aplikasi CPU-Z

Cara melihat bit laptop lainnya yang juga bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z ini. Aplikasi CPU-Z dapat digunakan untuk mengecek spesifikasi laptop kamu secara lengkap dengan fokus utama pada prosesor yang tertanam di perangkat tersebut.

Meskipun lebih fokus pada informasi terkait prosesor, kamu juga bisa menemukan hal lain yang berhubungan dengan sistem dan lain sebagainya. Untuk mengecek apakah laptop kamu menggunakan sistem 32-bit atau 64-bit dengan CPU-Z, kamu tentu perlu mengunduh aplikasi CPU-Z terlebih dahulu.

Jika mengunduh CPU-Z versi portabel, biasanya kamu hanya perlu membuka aplikasi tersebut tanpa perlu melakukan instalasi terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan. Setelah aplikasi CPU-Z tersebut terbuka, periksa bagian System sebagai cara melihat bit laptop kamu. 

Mengecek Bit Laptop dengan Aplikasi SecurAble

Berbicara soal cara mengetahui processor 32-bit atau 64-bit, tentu tidak lepas dari berbagai software yang bisa melakukan pengecekan tersebut.

Selain CPU-Z yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa mencoba aplikasi SecurAble untuk mengetahui apakah laptop yang kamu pakai menjalankan sistem 32-bit atau 64-bit.

SecurAble merupakan aplikasi dengan ukuran yang cukup kecil. Kamu juga tidak perlu memasangnya ke laptop karena aplikasi ini bersifat portabel.

Cukup buka aplikasi SecuRable dan informasi yang kamu butuhkan terkait sistem bit laptop pun akan muncul di jendela perangkat lunak tersebut.

Terakhir, jika kamu memerlukan alternatif cara melihat bit laptop yang lainnya, aplikasi seperti, Astra32, Speecy, HWInfo, dan Free PC Audit bisa menjadi solusinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *