Cara Membuat Tabel di Microsoft Word Paling Recommended

Tabel merupakan salah satu komponen penting yang sering dibutuhkan saat sedang membuat sebuah dokumen, khususnya di Microsoft Word. Tabel tersebut biasanya digunakan untuk menyajikan sebuah data tertentu.

Sebenarnya, membuat tabel di dokumen Word merupakan salah satu ilmu dasar yang cukup mudah untuk dikuasai. Namun, tidak sedikit pengguna yang masih belum mengerti bagaimana cara untuk membuat Tabel di Word.

Dengan begitu, kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai cara membuat tabel di Word, baik itu untuk perangkat PC Windows dan Mac atau perangkat HP Android dan iPhone. Simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Membuat Tabel di Word PC

Saat membuat tabel di Word, kamu bisa melakukannya dengan 2 cara yang berbeda, yaitu dengan membuat tabelnya terlebih dahulu baru mengisinya dengan tulisan, atau mengubah tulisan yang sudah ada menjadi sebuah tabel.

Membuat Tabel Kosong

Untuk kamu yang belum memiliki data berupa tulisan yang akan dibuat dalam bentuk tabel, lebih baik kamu membuat tabelnya terlebih dahulu. Berikut cara membuat tabel di Word Windows versi berapapun.

  1. Buka halaman Word lalu tempatkan kursor teks di bagian yang akan kamu tambahkan tabel.
  2. Pilih tab Insert, lalu pilih opsi Table.
  3. Akan muncul sebuah menu drop-down, pilih jumlah kolom dan baris melalui kotak-kotak yang ada.
  4. Secara otomatis tabel tersebut akan muncul di halaman Word kamu.
  5. Silahkan isi tabel tersebut dengan tulisan yang dibutuhkan.

Namun kotak-kotak yang muncul tersebut memiliki batasan dengan jumlah 10×8 kotak saja, jika kamu membutuhkan jumlah baris dan kolom yang lebih banyak, maka silahkan gunakan opsi Insert Table.

Setelah itu, masukkan jumlah kolom pada bagian Number of columns dan jumlah baris pada bagian Number of rows. Tidak hanya itu kamu juga bisa mengatur ukuran tabel tersebut dengan 3 pilihan berbeda, yaitu:

  • Fixed Column Width: Menyesuaikan lebar kolom sesuai kebutuhan kamu (bisa diatur otomatis)
  • AutoFit to Contents: Lebar tabel menyesuaikan dengan isi teks di dalamnya
  • AutoFit to Window: Lebar tabel menyesuaikan besarnya halaman (ukuran kertas)

Membuat Tabel dari Teks yang Sudah Ada

Jika kamu sudah terlanjur memiliki sebuah teks, kamu bisa mengubah teks tersebut kedalam bentuk tabel tanpa perlu membuatnya dari awal lagi. Cara membuat tabel dari teks yang ada juga tentunya sangat mudah. Silahkan ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Seleksi semua teks yang akan kamu ubah kedalam bentuk tabel.
  2. Klik tab Insert, kemudian pilih opsi Tabel.
  3. Pada menu yang muncul, pilih opsi Convert Text to Table.
  4. Akan muncul sebuah jendela, pilih opsi Separate text at.

Pada bagian Separate text at, akan muncul 4 opsi berbeda yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan teks yang di halaman tersebut. Diantaranya adalah:

  • Paragraphs: Mengatur tabel berdasarkan paragraf
  • Semicolons: Mengatur tabel berdasarkan titik koma (;)
  • Tabs: Mengatur tabel berdasarkan Tabs
  • Other: Mengatur tabel sesuai dengan pemisah teks kamu, bisa tanda strip (-), koma (-), dan tanda lainnya.

Jadi untuk bisa membuat sebuah tabel dari teks yang sudah ada, pastikan kamu menuliskan teks tersebut dengan dipisahkan oleh Tabs, Koma, Titik Koma, atau tanda lain pada bagian kolom. Untuk baris jelas dipisahkan berdasarkan paragraf.

Memodifikasi Tabel

Saat kamu membuat sebuah tabel di Word, maka secara otomatis akan muncul tab baru pada Table Tools yaitu Design dan Layout. Dengan kedua tab tersebut, kamu bisa mengatur segala hal mengenai tabel tersebut.

Terlebih dahulu akan kami bahas pada tab Design. Pada tab ini berisi beberapa sub kategori, mulai dari Table Style Options, Table Styles, dan Border. Untuk fungsi dan keterangannya silahkan simak poin berikut ini.

Table Style Options

Pada bagian ini berisi beberapa opsi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur gaya tabel tersebut, berikut isi dan juga penjelasan dari setiap opsi yang ada pada menu Table Styel Options.

  • Header Row: Memberikan Header pada masing-masing kolom tabel, ditandai dengan tulisan Bold di baris paling atas.
  • First Column: Memberikan tanda tulisan tebal di kolom pertama tabel (kolom paling kiri)
  • Total Row: Membuat baris terakhir menjadi baris total yang ditandai dengan munculnya 2 garis pembatas antara baris terakhir dengan baris sebelumnya.
  • Last Column: Membuat tulisan cetak tebal di kolom terakhir (kolom paling kanan)
  • Banded Rows: Memberikan efek warna selang-seling antar baris tabel.
  • Banded Rows: Memberikan efek warna selang-seling antar kolom tabel.

Tabel Styles

Dibagian sub kategori ini, kamu bisa memilih beragam tampilan tabel yang sudah tersedia agar tabel kamu semakin menarik dan tidak hanya bergaris hitam saja. Kamu juga bisa memodifikasi gaya tabel yang sudah ada sesuai keinginan kamu.

Borders

Bagian ini jelas berisi tentang beragam pengaturan borders atau garis tepi tabel. Mulai dari mengatur ketebalan garis, warna garis, bentuk garis, hingga menambah dan menghilangkan garis tabel.

Kemudian pada bagian Layout, berisi berbagai macam hal untuk mengatur tabel tersebut, mulai dari menggambar tabel baru, menambah atau menghapus baris dan kolom, melakukan merge dan lain sebagainya.

Cara membuat tabel di Word di atas dapat kamu lakukan di semua versi aplikasi Word, mulai dari Word 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, Word 365, dan versi lainnya.

Cara Membuat Tabel di Word HP

Untuk kamu yang menggunakan aplikasi Microsoft Office Word di perangkat HP, kamu juga bisa membuat tabel di halaman Word kamu. Berikut cara membuat tabel di Word HP Android atau iPhone:

  1. Buka dokumen Word di HP yang ingin kamu berikan tabel.
  2. Pilih opsi Sisipkan, kemudian pilih Tabel.
  3. Pilih jumlah kolom dan baris yang kamu inginkan.

Demikian pembahasan lengkap mengenai cara membuat tabel di Word yang dapat kamu lakukan di perangkat PC Windows atau Mac dan di perangkat HP Android atau iPhone. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *