Lompat ke konten

Cara Membuat Barcode / QR Code Lokasi Google Maps Lengkap

Sebelum teknologi makin berkembang dan sebelum adanya Google Maps, kebanyakan orang ketika ingin membagikan suatu lokasi bisanya menggunakan denah atau peta. Misalnya saja yang banyak ditemui adalah denah lokasi pada undangan pernikahan, undangan acara resmi, lokasi perusahaan/bisnis, dan sebagainya.

Nah, denah tersebut bisa dikatakan tidak bisa memberikan gambaran lokasi secara jelas dan rinci. Mulai dari nama jalan, arah, dan petunjuk sekitar kadang hanya beberapa saja yang dicantumkan, sehingga membuat kebanyakan orang yang membacanya menjadi bingung.

Namun, saat ini denah atau peta sudah jarang ditemui karena mengingat berbagai kekurangannya, sehingga banyak orang yang lebih suka menggunakan QR code atau barcode Google Maps untuk membagikan lokasi. Barcode memang lebih simple dan akurat, dan untuk menggunakannya hanya tinggal scanning barcode.

Sekilas Tentang Barcode / QR Code

Sebelum dilanjutkan, kami akan mengulas sekilas mengenai barcode atau QR code. Mengapa harus begitu? Karena kami rasa banyak orang yang perlu tahu apa yang dimaksud dengan barcode atau QR code itu. Selain itu, kami harap dengan ulasan ini bisa menambah wawasan mengenai barcode atau QR code.

Nah, barcode atau QR code merupakan sekumpulan data optic yang bisa dibaca oleh mesin. Kode ini bisa dibaca dengan cara scanning lebar garis dan spasi garis, untuk menerjemahkan arti pada barcode, yang mana biasanya setiap ukuran memiliki arti yang berbeda-beda.

Pada mulanya, barcode atau QR code ini banyak digunakan di mall atau swalayan untuk meng-otomatiskan pemeriksaan barang-barang di mall atau swalayan tersebut agar prosesnya menjadi lebih cepat. Namun, saat ini penggunaan barcode sudah untuk berbagai keperluan seperti membuat lokasi.

  • Kelebihan Barcode

Barcode memiliki kelebihan dibanding dengan teknologi serupa yang lain. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Barcode memiliki tingkat akurasi data yang sangat tinggi.
  2. Speed atau kecepatan dalam memproses input data juga tinggi.
  3. Memudahkan dalam inventory control.
  4. Barcode lebih user friendly untuk berbagai kalangan.
  5. Teknologi barcode biayanya murah.
  6. Membuat barcode juga simpel dan mudah.
  7. Barcode mampu meningkatkan pelayanan.
  8. Barcode mudah dibaca melalui metode scanning.
  • Kenapa Harus Pakai Barcode Google Maps?

Dalam hal membuat barcode lokasi, Google Maps memang menjadi rekomendasi terbaik dibandingkan dengan lainnya. Salah satu alasannya adalah karena lokasi yang ditampilkan di Google Maps lebih lengkap, rinci, dan akurat, dan kamu bisa menggunakan GPS untuk menuju lokasi tersebut dengan mudah.

Alasan lainnya adalah seperti di bawah ini:

  1. Lokasi yang ditampilkan Google Maps lebih akurat, lengkap dan rinci.
  2. Kebanyakan pengguna smartphone mempunyai aplikasi Google Maps.
  3. Google Maps memiliki fitur preview lokasi.
  4. Google Maps memiliki fitur street view untuk melihat lokasi secara langsung melalui aplikasinya.
  5. Barcode bisa di-share ke berbagai sosial media dengan mudah.
  6. Google Maps merupakan aplikasi yang mudah dipakai dan dibuka.
  7. Untuk menggunakan barcode Google Maps, kita cukup melakukan scanning memakai smartphone yang dipakai.
  8. dan masih banyak keunggulan lainnya.

Cara Membuat Barcode Lokasi Google Maps

Selanjutnya mengenai cara untuk membuat barcode atau QR code lokasi Google Maps sebenarnya sangat mudah. Bahkan, bisa kamu lakukan langsung melalui HP Android, dengan cara memanfaatkan barcode generator, Google Maps langsung, atau melalui situs tertentu.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tutorial membuat barcode atau QR code lokasi Google Maps secara rinci. Untuk ulasannya bisa kamu simak di bawah ini, ya!

Menggunakan Barcode Generator

Untuk membuat barcode atau QR code lokasi yang mudah di Android bisa dengan menggunakan aplikasi Barcode Generator. Aplikasi ini selain bisa membuat barcode lokasi, juga bisa membuat berbagai jenis barcode untuk keperluan apapun.

Mengapa bisa begitu? Karena fungsi utama barcode atau QR code ini hanya satu, yaitu untuk menyimpan informasi. Jadi selain informasi lokasi, kamu bisa menyimpan informasi lain dengan barcode. Nah, untuk membuat barcode lokasi dengan Barcode Generator, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan instal terlebih dahulu aplikasi Barcode Generator melalui Google Play Store (size hanya 1,6 MB).
  2. Jika sudah terinstal, selanjutnya silakan buka terlebih dahulu aplikasi Google Maps.
  3. Kemudian cari lokasi yang ingin dibuat atau dibagikan dengan barcode. Kamu bisa mengetik lokasinya atau nama tempatnya secara manual melalui kolom pencarian.
  4. Jika sudah ketemu lokasinya, silakan kamu ketuk lokasinya. Setelahnya akan muncul jendela baru, silakan kamu ketuk tombol Share (bagikan) disana.
  5. Selanjutnya, silakan kamu bagikan lokasinya ke aplikasi Barcode Generator. Geser saja pada menunya kalau aplikasinya belum muncul.
  6. Setelah itu secara otomatis aplikasi Barcode Generator akan menampilkan alamat yang tertera tadi, beserta dengan barcode-nya.
  7. Untuk menyimpan barcode tersebut, kamu bisa screenshot.gambarnya, dan nanti bisa kamu cek di Galeri.

Simpel bukan? Nah, untuk hasil screenshot barusan, bisa kamu gunakan untuk keperluan editing. Seperti untuk disertakan ke dalam file undangan dan sebagainya.

Selain dengan screenshot, sebenarnya kamu bisa langsung membagikan barcode tersebut dengan cara ketuk logo Share > lalu ketuk Bagikan. Nah kamu bisa membagikannya melalui aplikasi WhatsApp, Telegram, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Menggunakan QR & Barcode Scanner

Metode selanjutnya untuk membuat barcode atau QR code lokasi Google Maps di HP Android atau iOS adalah dengan menggunakan aplikasi QR & Barcode Scanner. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

Nah, untuk menggunakannya silakan simak langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan kamu unduh terlebih dahulu aplikasi QR & Barcode Scanner melalui Play Store atau App Store.
  2. Setelah aplikasinya terinstal, selanjutnya silakan kamu buka Google Maps melalui aplikasi ataupun melalui browser.
  3. Setelah Google Maps terbuka, silakan kamu cari lokasi yang ingin diinginkan di kolom pencarian.
  4. Jika sudah ketemu lokasinya, silakan kamu pilih lokasi tersebut kemudian ketuk opsi Share, lalu pilih Copy Link.
  5. Selanjutnya, silakan kamu buka aplikasi QR & Barcode Scanner yang sebelumnya sudah diunduh, kemudian pada halaman utama aplikasinya, silakan pilih menu Buat QR di pojok kiri atas.
  6. Setelah itu, silakan ketuk pada menu URL kemudian masukkan/paste link yang sudah disalin sebelumnya ke kolom yang tersedia.
  7. Jika sudah, silakan ketuk tanda centang di sebelah kanan kolom URL tersebut, kemudian pilih Simpan.
  8. Done.

Setelah disimpan, maka barcode lokasi yang sudah kamu buat menggunakan aplikasi tersebut akan tersimpan di Galeri sebagai file Pictures (JPG). Nah, selain untuk membuat barcode, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membaca/scanning berbagai jenis barcode.

Jadi aplikasi ini bisa kamu gunakan sekalian untuk membaca barcode atau QR code, jika di HP kamu belum terinstal pemindai barcode atau QR code.

Lewat Situs Google Maps Langsung

Nah, kalau metode sebelumnya kita membutuhkan aplikasi tambahan untuk membuat barcode lokasi Google Maps. Tapi apakah bisa kita membuat barcode lokasi melalui situs Google Maps langsung? Jawabannya adalah bisa, sebenarnya pada situs Google Maps ada fitur untuk membuat barcode lokasi, loh.

Untuk cara membuatnya bisa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu buka browser yang biasa kamu gunakan.
  2. Setelah itu, silakan kunjungi situs Google Maps.
  3. Setelah situs Google Maps terbuka, silakan kamu cari lokasi yang diinginkan dengan cara mengetik lokasi pada kolom pencarian.
  4. Setelah hasil pencarian muncul, silakan kamu buka lokasinya kemudian pada halaman berikutnya silakan klik tombol Bagikan.
  5. Kemudian akan muncul link lokasi yang sudah kamu share. Nah, silakan kamu copy/salin link tersebut dengan mengetuk opsi Salin atau Copy.
  6. Selanjutnya, silakan kamu copy paste link https://chart.googleapis.com/chart?chs=150×150&cht=qr&chl= di browser kemudian copy paste link lokasi tadi di belakang link googleapis tersebut. Contohnya seperti gambar di bawah.
  7. Cara satu ini bisa kamu lakukan di browser Android, iOS (iPhone), Laptop, atau PC. Nah, untuk barcode yang muncul bisa langsung kamu simpan dengan mengunduhnya atau dengan screenshoot.

Melalui Situs Goqr.me

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa untuk membuat barcode atau QR code lokasi Google Maps bisa kamu lakukan melalui situs tertentu. Nah, salah satu situs yang populer untuk membuat barcode lokasi adalah Goqr.me.

Situs ini bisa kamu akses secara gratis melalui browser di HP atau komputer. Adapun cara membuat barcode atau QR code melalui situs goqr.me adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan link lokasi Google Maps yang akan dibuat QR code atau barcode-nya. Caranya sama dengan langkah ke-1 sampai ke-5 pada metode sebelumnya.
  2. Setelah mendapatkan link lokasinya, selanjutnya silakan kamu kunjungi situs Goqr.me.
  3. Setelah situsnya terbuka, silakan kamu klik menu URL (ikon bola dunia) pada bagian Type.
  4. Selanjutnya pada bagian Contents, silakan kamu paste-kan link lokasi Google Maps yang sudah kamu dapatkan sebelumnya kemudian Enter.
  5. Jika sudah maka pada bagian kanan sebelah kolom URL, kamu bisa melihat barcode atau QR code lokasi tersebut telah berhasil dibuat.
  6. Untuk menyimpannya, silakan klik tombol Download di bawah barcode-nya, kamudian tinggal pilih format gambarnya (SVG/EPS/PNG/JPEG).
  7. Selesai.

Lewat Situs Qrcode Monkey

Situs kedua yang bisa kamu gunakan untuk membuat barcode atau QR code lokasi Google Maps adalah situs Qrcode Monkey. Situs ini menyediakan pembuatan barcode yang cukup beragam, mulai dari barcode dari URL, teks, dokumen, Twitter, Facebook, dan lokasi.

Selain itu, kamu bisa juga menambahkan logo sendiri pada QR Code atau barcode yang dibuat oleh situs ini agar kesannya lebih personal, dan bisa sekalian sebagai ajang memperluas brand awareness. Untuk cara membuat barcode atau QR code malalui situs ini, berikut caranya:

  1. Siapkan link lokasi yang akan dibuat barcode dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  2. Jika sudah, silakan kamu kunjungi situs Qrcode Monkey melalui browser di perangkat kamu.
  3. Selanjutnya, pada bagian ENTER CONTENT, silakan kamu paste-kan link lokasi yang sebelumnya sudah kamu dapatkan lalu tekan Enter.
  4. Setelah itu, kamu bisa menambahkan logo yang ingin ditampilkan pada barcode atau QR code dengan cara klik pada bagian ADD LOGO IMAGE, kemudian upload logo yang diinginkan.
  5. Selain itu, kamu bisa mengubah pengaturan pada bagian SET COLORS dan CUSTOMIZE DESIGN (opsional).
  6. Jika sudah, silakan klik tombol Create QR Code, lalu atur Quality Image apabila diperlukan.
  7. Simpan QR code atau barcode tersebut dengan cara klik tombol Download PNG.
  8. Done.

Menggunakan QR Code Studio (PC)

Metode lain yang bisa kamu pakai untuk membuat barcode atau QR code lokasi Google Maps adalah dengan menggunakan software PC yaitu QR Code Studio. Software ini memiliki fitur yang lengkap yang bisa kamu eksplor untuk berbagai keperluan membuat QR Code.

Nah, untuk membuat barcode atau QR code dengan aplikasi PC ini bisa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu Download aplikasi QR Code Studio melalui PC Windows atau Mac kamu.
  2. Selanjutnya, silakan buka file aplikasi yang sudah diunduh lalu instal seperti biasa.
  3. Setelah aplikasinya terinstal, silakan kamu dapatkan terlebih dahulu URL atau link lokasi yang ingin dibuat barcode dengan cara sama seperti sebelumnya.
  4. Jika sudah, silakan buka aplikasi QR Code Studio, kemudian masukkan URL yang sudah disalin tadi pada kolom yang tersedia. 
  5. Kamu bisa mengubah pengaturan seperti ukuran QR Code, warna, resolusi, dan sebagainya apabila diperlukan.
  6. Jika sudah, silakan kamu simpan QR code atau barcode lokasi yang sudah dibuat dengan cara klik Save Settings apabila ingin menyimpannya dalam format .bc.
  7. Kalau ingin menyimpan barcode ke dalam format gambar bitmap atau JPG, silakan kamu klik Expert Barcode.
  8. Selesai, kamu bisa langsung membuka file .bc untuk melakukan perubahan pada QR code. Sementara untuk file JPG yang sudah diekspor tentu bisa langsung kamu gunakan atau bagikan.

Untuk memastikan QR code atau barcode yang sudah dibuat dengan cara-cara di atas, maka silakan kamu lakukan scanning atau memindainya melalui HP agar barcode tersebut bisa dipastikan sudah sesuai dan sudah benar.

Cara Membuat Barcode yang Keren

Pada dasarnya semua metode yang sudah kami tuliskan di atas hanya bisa membuat barcode atau QR code dengan desain yang standar atau biasa saja. Namun pada bagian ini, kamu bisa membuat barcode atau QR code dengan lebih keren dan desainnya berbeda dengan yang biasanya.

Untuk membuatnya kamu bisa melalui website bernama Qrd.by yang bisa diakses secara gratis. Nah, untuk melakukannya bisa dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan siapkan link atau URL lokasi yang ingin dibuat barcode atau QR code-nya dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  2. Jika sudah, silakan kamu buka website Qrd.by melalui browser di perangkat kamu.
  3. Setelah masuk ke websitenya, silakan kamu klik Create your designer WR code.
  4. Selanjutnya, silakan masukkan link atau URL lokasi ke kolom Link yang tersedia.
  5. Setelah itu kamu bisa memilih salah satu dari template QR code atau barcode yang disediakan situsnya.
  6. Pada bagian Logos, kamu bisa mengupload logo yang diinginkan dari perangkat atau bisa menggunakan logo yang ada disitu (contohnya saja logo Google Maps).
  7. Selanjutnya, pada bagian Colors dan Shapes and patterns bisa kamu sesuaikan dengan keinginan kamu.
  8. Setelah itu, silakan klik pada bagian Frame and fonts, lalu pada Frame label silakan kamu ganti teks sesuai keinginan (misalnya keterangan lokasi acara atau tulisan Scan Me).
  9. Kemudian pada bagian Options, kamu bisa setting besar ukuran barcode atau QR code lokasi.
  10. Kalau sudah selesai mengatur semuanya, kamu bisa langsung mengunduh barcode atau QR code tersebut dengan cara klik tombol Download.
  11. Setelah itu, silakan pilih format gambar yang akan di-download (PNG,, SVG, PDF, dan sebagainya).
  12. Selesai.

Cara Scan Barcode (Tambahan)

Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya barcode atau QR code ini secara garis besar berfungsi sebagai pengganti link atau URL. Mengapa demikian? Karena ketika kita melakukan scan pada barcode atau QR code tersebut, maka secara otomatis kita akan mengunjungi link yang di kodek-kan dalam barcode.

Contohnya, kamu melakukan scan barcode lokasi Google Maps, maka secara otomatis kamu akan diarahkan menuju link tersebut dan biasanya Google Maps dengan lokasi yang ada di barcode akan otomatis terbuka. Nah, untuk melakukan scan barcode, berikut caranya:

  1. Pertama, pastikan kalau kamu sudah mempunyai pemindai atau aplikasi scanner di HP kamu.
  2. Jika belum, silakan Instal terlebih dahulu aplikasi scanner. Contoh aplikasi scanner adalah QR & Barcode Scanner yang sebelumnya sudah saya ulas.
  3. Silakan kamu buka aplikasi scanner tersebut, kemudian jika ada pop up perizinan kamera, silakan ketuk Izinkan.
  4. Setelah itu, kamera scanner akan muncul muncul, silakan kamu arahkan kamera tersebut ke barcode atau QR code yang sudah dibuat.
  5. Setelah itu, biasanya akan muncul link. Nah, link Inilah yang saya katakan tadi untuk mengakses lokasi tersimpan.
  6. Biasanya kamu langsung diarahkan ke link tersebut, atau kadang kamu harus mengetuk link tersebut untuk menuju lokasi di Google Maps yang telah dibagikan.
  7. Sebenarnya, melakukan scanning barcode ini sangat mudah, dan mungkin kebanyakan orang juga sudah tahu caranya.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai cara simpel membuat barcode atau QR code lokasi Google Maps. Metode-metode yang kami tuliskan di atas bisa kamu pilih salah satu atau beberapa saja sesuai keinginan dan kebutuhan.

Mungkin cukup sekian dulu artikel yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.