Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Mengalami masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian bisa jadi cukup menjengkelkan bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak, pekerjaan dapat menjadi kacau atau sulit diselesaikan sebagaimana mestinya karena ada tombol yang tidak berfungsi.

Apalagi jika yang tidak berfungsi adalah tombol huruf, angka, atau fungsi-fungsi lain yang sering kamu pakai, tentu penyelesaian pekerjaan akan makin sulit. Kamu harus cari alternatif tombol tersebut dengan cara copas huruf atau angka pada sebuah tulisan. Ribet!

Akan tetapi, kamu tak perlu begitu cemas karena artikel ini akan membahas secara singkat mengenai trik-trik sederhana untuk mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. Oke, silahkan langsung simak dan praktikkan ya.

Melakukan Restart Laptop

Ketika papan tik tidak berfungsi sebagian, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan restart. Tak jarang, melakukan restart laptop atau komputer menjadi solusi berbagai masalah yang terjadi pada sistem operasi. Karena itu, cara ini patut dicoba terlebih dahulu sebelum kamu melakukan tindakan lain.

Apabila kamu tidak bisa melakukan restart melalui “Start Menu”, tekan tombol daya di laptop selama beberapa saat sampai perangkat tersebut mati. Jika masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian ini masih belum teratasi, kamu mencoba langkah-langkah lainnya.

Melakukan System Restore

Terkadang, masalah keyboard laptop tidak berfungsi muncul setelah kamu melakukan instalasi  suatu program. Jika ini yang terjadi, kamu bisa mencoba untuk melakukan system restore.

Pengguna Windows 7 dan Windows 8 bisa melakukannya dengan membuka “Start Menu”, lalu cari “Recovery” di kolom search. Bagi kamu pengguna Windows XP, “System Restore” bisa ditemukan dengan membuka “Start Menu”, lalu klik “All Programs”, “Accessories”, dan ”System Tools” secara berurutan.

Menu “System Restore” ini akan membuat laptop kamu kembali pada keadaan sebelum dilakukan instalasi suatu program yang menjadi masalah. Secara otomatis, program-program yang bermasalah akan hilang dari sistem kamu. Jadi, jangan lupa untuk mem-backup semua data yang penting terlebih dahulu sebagai antisipasi. 

Periksa Driver Keyboard

Adanya masalah pada driver juga dapat menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau bahkan seluruhnya. Hal ini dapat terjadi jika kamu melakukan pemasangan perangkat lunak pihak ketiga, adanya serangan virus, dan sebagainya. 

  1. Kamu bisa melakukan pengecekan dengan membuka “Device Manager” melalui “Start Menu”, lalu ketik device manager” pada kolom pencarian.
  2. Setelah masuk ke “Device Manager”, perhatikan bagian “Keyboards”. Apabila ada tanda segitiga berwarna kuning, besar kemungkinan bahwa driver papan tik mengalami masalah.
  3. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengunduh driver terbaru untuk keyboard tersebut di situs produsen laptopnya. 
  4. Kamu juga bisa mencoba mengeklik dua kali pada jenis papan tik yang muncul di bawah bagian “Keyboards” untuk mencari driver yang diperlukan.
  5. Selanjutnya, pilih menu driver dan klik “Update Driver” sebagai alternatif mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. 

Cek Fungsi NumLock

Tak jarang, masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian terjadi karena hal yang cukup sepele, seperti fungsi Num Lock yang tidak aktif pada saat akan menginput nomor. Apabila fungsi Num Lock tidak aktif, karakter yang muncul ketika kamu menekan angka-angka pada papan tik biasanya akan berbeda dari tombol yang ditekan.

Pada papan tik komputer, kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi ini dengan menekan tombol Num Lock yang biasanya ada di sekitar tombol angka. Sementara itu, pada papan tik laptop, biasanya kamu perlu menekan tombol Fn bersamaan dengan NumLk atau NumLock untuk mengaktifkan dan mematikan fungsi tersebut.

Kamu mungkin perlu menghubungi customer support dari produsen laptop apabila cara mematikan dan mengaktifkan fungsi Num Lock berbeda dari yang telah disebutkan di atas.

Melepas Baterai Laptop

Adakalanya masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian terjadi karena perangkat tersebut membutuhkan reset secara fisik. Apabila hal tersebut terjadi, cobalah untuk mengatasinya dengan mematikan laptop kamu, lalu lepaskan baterai serta kabel adapter.

Diamkan selama kurang lebih satu menit. Kemudian, tekan tombol power dan tahan selama kurang lebih 60 detik. Setelah itu, pasang kembali baterai seperti semula dan coba hidupkan laptop kamu seperti biasa. 

Jika perangkat memang membutuhkan reset ulang, kemungkinan cara ini akan mengembalikan fungsi papan tik seperti semula.

Membersihkan Kotoran dan Debu

Jika keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf atau karakter tertentu, ada kemungkinan bagian bawah dari tombol-tombol tersebut penuh dengan debu dan kotoran. Adanya debu dan kotoran memang sering menjadi penyebab utama kerusakan komponen-komponen laptop, termasuk papan tik.

Biasanya, kotoran dan debu tersebut terselip di antara tombol-tombol papan tik dan menutupi komponen di dalamnya. Makin lama jangka pemakaian laptop tentunya akan makin banyak pula kotoran yang terakumulasi di dalamnya.

Untuk mencegah keyboard tidak berfungsi sebagian akibat adanya debu atau kotoran, kamu tentu perlu membersihkannya secara berkala. Cara membersihkan keyboard yang paling mudah adalah dengan membalikkan atau memiringkan laptop 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya. 

Kamu juga bisa memanfaatkan pembersih khusus papan tik yang tersedia di pasaran. Alat ini umumnya berbentuk seperti vakum kecil untuk menyingkirkan debu pada keyboard.

Apabila papan tik tersebut tidak berfungsi setelah tersiram air, kamu harus membersihkan bagian dalamnya juga. Lepaskan tombol-tombol pada keyboard terlebih dahulu, lalu bersihkan papan sirkuitnya. Gunakan cotton bud atau kain halus yang sudah diberi sedikit alkohol untuk membersihkannya.

Perlu diketahui bahwa melepaskan tombol-tombol pada papan tik merupakan suatu hal yang membutuhkan keahlian tertentu dan tidak selalu mudah dilakukan oleh orang awam. Karena itu, ada baiknya kamu tidak mencobanya sendiri jika belum menguasainya.

Mencoba melakukannya sendiri tanpa pengalaman bisa jadi justru akan membuat masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian ini menjadi makin parah. 

Cek Konektor Keyboard

Jika setelah melakukan instalasi ulang driver keyboard kamu masih tidak berfungsi sebagaimana mestinya, ada kemungkinan perangkat tersebut mengalami masalah pada konektornya. Apabila konektor papan tik tertekuk, rusak, terlepas, atau renggang, bukan tidak mungkin sistem laptop kamu tidak bisa mendeteksinya.

Untuk memperbaikinya, kamu harus membuka papan tik tersebut sehingga dapat menghubungkan konektornya kembali. Kamu bisa cek video tutorial untuk membuka laptop dan memasang kembali konektor keyboard yang lepas di YouTube. 

Akan tetapi, jika kamu tidak cukup yakin bisa melakukannya, jangan mencoba mengatasi sendiri masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian ini karena dapat memperparah kerusakan.

Manfaatkan On-Screen Keyboard

Dalam keadaan mendesak dan tidak dimungkinkan untuk mencoba cara memperbaiki keyboard laptop yang memerlukan skill, kamu bisa memanfaatkan on-screen keyboard sebagai alternatif.

Meskipun tidak senyaman menggunakan papan tik biasa, cara ini cukup membantu jika hanya ada beberapa tombol pada laptop yang tidak berfungsi.

Kamu bisa mengaktifkan on-screen keyboard dengan mengakses “Start Menu”“Program”“Accessories”“Accessibility” secara berurutan. Atau kalau mau lebih mudah, tekan Windows + Rketik OSKtekan Enter.

Mengganti Keyboard Bawaan

Terakhir, jika kamu masih belum bisa menggunakan papan tik laptop seperti semula, mungkin ini merupakan waktu yang tepat untuk mengganti keyboard bawaan dengan yang baru.

Apabila kamu tidak bisa membongkar keyboard yang lama dan memasang yang baru sendiri, pergilah ke tempat servis tepercaya agar masalah tersebut dapat ditangani secara profesional.

Ingatlah untuk tidak mencoba mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian dengan cara yang belum begitu kamu kuasai agar tidak memperparah keadaan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *