Lompat ke konten

Cara Ampuh Mengatasi Layar HP Blank Hitam / Blank Putih

Layar HP yang mengalami blank hitam (black screen) atau blank putih (white screen) cukup sering terjadi, terutama di kalangan pengguna HP Android. Masalah ini bisa terjadi ketika HP sedang digunakan atau ketika baru dinyalakan. Dan ketika layar HP ini blank, maka pada layar tidak akan muncul gambar atau visual sama sekali.

Saya pribadi sudah beberapa kali mengalami layar HP blank ini, namun kebanyakan yang saya alami hanya blank ringan, dan biasanya cukup saya diamkan atau saya matikan beberapa saat, dan setelah itu biasanya normal. Namun ada juga kasus layar blank yang cukup parah, dan terjadi terus menerus dan tidak bisa diatasi dengan didiamkan.

Nah, masalah layar HP blank hitam atau putih ini sangat merepotkan jika tidak segera diatasi karena kamu tidak akan bisa menggunakan HP dengan normal seperti biasanya. Terutama jika kamu sangat butuh menggunakan HP tersebut saat itu juga untuk menyelesaikan pekerjaan atau kepentingan tertentu.

Penyebab Layar HP Blank

Sebelum lanjut ke inti pembahasannya, disini kami akan membahas sedikit penyebab layar HP blank karena mungkin saja kamu perlu untuk mengetahuinya.

Nah, berikut beberapa penyebab layar HP blank:

  • Bootloop

Bootloop kadang bisa membuat HP mengalami layar blank hitam ketika HP baru saja dinyalakan. Bootloop yang dimaksud disini bukan loading terus menerus ya, tapi hanya menampilkan layar hitam (black screen) saja.

  • Sistem Tidak Bisa Dimuat

Ketika HP baru dinyalakan, maka normalnya sistem akan dimuat secara otomatis dan kamu akan bisa masuk ke home smartphone seperti biasanya. Namun, ada juga loh, kasus di mana proses pemuatan tersebut gagal, sehingga HP hanya menampilkan layar hitam atau putih saja.

  • Sistem Tidak Stabil

Sistem yang tidak stabil bisa menjadi pemicu timbulnya masalah layar HP blank hitam atau blank putih. Hal ini biasanya terjadi ketika smartphone sedang digunakan, dan tiba-tiba HP mengalami crash dan hanya menampilkan layar putih atau hitam saja.

  • Baterai Rusak

Tidak jarang smartphone yang terbilang umurnya sudah tua mengalami masalah pada baterai. Hal yang umum terjadi adalah tegangan baterai sudah tidak powerfull lagi, sehingga tidak kuat untuk menampilkan gambar dan akhirnya hanya muncul layar hitam atau blank..

  • Layar HP Rusak

Bisa juga layar HP blank hitam atau blank putih disebabkan langsung dari komponen layar, seperti terdapat kerusakan atau masalah pada LCD, atau dari fleksibility layar.

Cara Mengatasi Layar HP Blank

Sebelum kamu membawa HP yang mengalami blank alangkah baiknya kamu coba untuk mengatasinya sendiri terlebih dahulu. Karena jika disimpulkan dari penyebab yang sudah saya bahas di atas, penyebab layar HP blank ini tidak melulu karena komponen, namun faktor sistem juga mungkin terjadi.

Untuk itu, ketika kamu mengalami masalah ini maka silakan coba gunakan metode perbaikan di bawah ini, karena dengan begitu kemungkinan besar HP yang blank masih bisa nomal lagi.

Lepas SD Card, SIM, & Baterai

Salah satu jenis blank pada HP yang sering terjadi adalah ketika HP baru dinyalakan tetapi sistem tidak bisa dimuat dengan normal, sehingga muncul black screen atau white screen. Blank satu ini masih tergolong ringan, karena kebanyakan bisa diatasi dengan cara berikut:

  1. Pertama, ketika layar blank sudah muncul, silakan kamu matikan lagi HP Android yang digunakan.
  2. Caranya biasanya bisa dengan menekan dan tahan tombol power sampai HP mati.
  3. Jika sudah, silakan kamu lepas SD Card, kartu SIM, dan juga baterai HP bila memungkinkan.
  4. Diamkan ponsel selama beberapa menit, lalu coba nyalakan kembali HP-nya.
  5. Selesai

Biasanya dengan begini sistem pada HP akan di-refresh dan dimuat ulang, sehingga masalah gagal load yang menampilkan layar blank hitam atau putih seharusnya bisa teratasi.

Cara ini mudah untuk HP Android dengan tipe baterai yang bisa dilepas (removable), tapi mungkin agak ribet untuk baterai tanam, karena kamu perlu membongkar casing terlebih dahulu.

Jadi jika kamu menggunakan HP dengan baterai tanam, apabila tidak memungkinkan melepas baterai maka cukup dengan melepas memori dan kartu SIM-nya saja. Tapi lebih efektif kalau dilepas baterainya walau kamu harus membongkar casing-nya terlebih dahulu. Lebih baik dicoba saja.

Bersihkan Cache Sistem

Cache merupakan bagian sistem yang mana berfungsi menyimpan data-data yang masih berhubungan dengan kerja sistem. Cache ini juga bisa mengakibatkan sistem menjadi error seperti HP crash ketika dipakai, sistem tidak bisa load, atau HP tiba-tiba mengalami layar blank.

Cara membersihkan cache sistem disini adalah dengan wiping file data dan cache pada recovery mode agar cache yang menyebabkan error akan hilang dan HP tidak blank lagi.

Solusinya sangat mudah. Cukup hapus saja cache-nya:

  1. Matikan HP Android kamu terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, tekan tombol power + volume down atau volume up untuk masuk ke Recovery Mode. Tombol kombinasi ini merupakan yang paling umum dipakai.
  3. Jika tidak bisa dengan tombol tersebut, silakan coba menekan tombol home + power + volume.
  4. Apabila sudah berhasil masuk ke Recovery Mode, silakan kamu pilih menu Wipe.
  5. Selanjutnya, pilih Wipe Cache.
  6. Tunggu proses pembersihan cache selesai.
  7. Setelah itu, silakan matikan HP kamu lewat mode Recovery.
  8. Jika sudah, silakan coba hidupkan kembali HP kamu.
  9. Semoga berhasil.

Kalau sudah mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya sistem bakal normal lagi, dan HP yang sempat blank akan teratasi.

Factory Reset HP

Jika dengan menghapus cache tidak bisa mengatasi layar HP blank, maka solusi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan factory reset. Dengan begini maka HP akan di-reset ke keadaan default sehingga masalah pada HP akan hilang, dan kondisi sistem HP akan seperti baru lagi.

Nah, untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, matikan HP, lalu tunggu sementara waktu.
  2. Selanjutnya, tekan tombol power + volume down atau volume up untuk masuk ke Recovery Mode.
  3. Jika sudah masuk ke Recovery Mode, silakan pilih opsi Factory Reset.
  4. Kemudian pilih Yes, lalu Delete All User Data.
  5. Tunggu proses tersebut selesai. Jika sudah, silakan pilih opsi Reboot System Now.
  6. Setelah HP selesai reboot, maka kondisi sistem akan kembali ke posisi semula dan seluruh data yang ada di HP kamu akan hilang, termasuk error juga akan ikut hilang.

Flashing Ulang HP

Flashing HP merupakan sebuah proses yang digunakan untuk mengubah atau mengganti sistem Android yang bermasalah atau rusak. Nah, hal ini dilakukan karena layar HP blank bisa dikarenakan sistem itu sendiri yang terdapat error atau corrupt yang biasanya diakibatkan serangan virus.

Untuk melakukan flashing, kamu membutuhkan bantuan perangkat komputer atau laptop. Selain itu kamu juga membutuhkan file sistem yang akan digunakan untuk mengganti sistem HP yang mati total. Nah, cara melakukannya sendiri berbeda-beda tergantung jenis dan merk HP kamu.

Jadi, disini kami tidak menjelaskan cara flashing ulang sistem HP secara terperinci karena pada dasarnya merk dan jenis HP yang mengalami masalah blank ini pastinya berbeda-beda, dan cara flashing-nya juga berbeda. Nah, untuk mengetahuinya kamu bisa mencari tahu di internet.

Kamu bisa mencari tahu dengan searching menggunakan kata kunci “Cara Flashing HP (merk handphone kamu)” di Google atau Youtube. Maka dengan ini kamu akan bisa mengetahui metode yang paling cocok diterapkan pada HP yang akan kamu flash.

Servis HP

Apabila kamu sudah mencoba semua cara yang kami tuliskan di atas, tetapi kamu belum bisa mengatasi layar HP yang mengalami blank hitam atau blank puti, maka ada kemungkinan kalau terjadi kerusakan pada hardware atau komponen tertentu pada HP kamu. Sehingga kamu harus memperbaikinya di tempat servis.

Nah, biasanya kerusakan touchscreen bisa membuat HP tidak ada gambar (blank hitam), dan bisa juga masalah pada komponen seperti chipset, IC, kapasitor, atau yang lainnya yang membuat HP mengalami blank.

Jadi silakan kamu pertimbangkan untuk memperbaiki HP yang mengalami blank ini di tempat servis, karena biasanya kerusakan komponen tidak bisa kita cek sendiri, dan membutuhkan alat serta tenaga ahli. Begitu juga dengan perbaikannya yang memerlukan tenaga professional.

Untuk biaya servis juga bervariasi, tapi kalau HP kamu masih dalam masa garansi tentu kamu bisa mendapatkan layanan servis secara gratis. Nah, jika HP sudah tidak dalam masa garansi dan biaya perbaikannya mahal dan tidak jauh beda dengan beli HP baru, maka mending ganti HP baru sekalian.

Akhir Kata

Demikian tadi tutorial untuk mengatasi layar HP blank putih, atau blank hitam yang bisa kamu coba praktikkan di semua merk HP, seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Lenovo, ASUS dan lain-lain.

Memang sih cara paling ampuh adalah dengan reparasi atau servis HP, tapi terkadang jika penyebabnya bukan karena hardware masih bisa kita atasi dengan metode-metode di atas. Jadi kamu tidak mesti langsung buru-buru ke tempat servis ketika mengalami masalah HP blank.

Mungkin itu saja artikel yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.