Lompat ke konten

Cara Ampuh Memperbaiki Printer Error 5B00 Saat Mencetak

Penggunaan printer saat ini sudah semakin meningkat di berbagai kalangan. Biasanya printer dipakai untuk kebutuhan cetak-mencetak, terutama untuk mencetak dokumen dan gambar. Cara penggunaan printer sendiri terbilang mudah, karena setelah printer tersambung dan driver terinstal maka biasanya akan langsung bisa dipakai.

Nah meskipun demikian, bukan berarti printer tidak timbul masalah-masalah tertentu, yang mana akhirnya membuat proses cetak mencetak menjadi terganggu. Permasalahan yang timbul bisa beragam, contohnya printer tidak merespon perintah print, printer error 5B00, printer tidak terdeteksi, printer tidak berjalan dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami masalah error 5B00 pada printer yang kamu gunakan, jangan khawatir dan jangan buru-buru membawa printer ke tempat service, karena disini kami akan memberikan tutorial untuk memperbaiki error 5B00 tersebut. Jadi kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya.

Penyebab Printer Error 5B00

Umumnya penyebab munculnya pesan error 5B00 adalah karena ink absorter dan waste ink pad yang hampir penuh. Nah, hal itulah yang menyebabkan terhambatnya proses print, dan kadang menyebabkan printer macet ketika sedang digunakan untuk mencetak.

Ketika muncul pop up error 5B00 biasanya disertai pesan “A printer error has occured. See the manual and contact the service center”. Nah, pesan error tersebut memberikan isyarat kepada kita untuk segera memperbaikinya, dengan membaca buku petunjuk atau dengan membawanya ke service center.

Permasalahan ini bisa saja terjadi pada berbagai merk printer tanpa terkecuali, seperti contoh yang umum adalah printer Canon MP287, Canon IP2770, Canon MG2870, Canon G2000, Epson G3100, Epson L3110, Epson L360, dan lain sebagainya.

Ada ciri khusus ketika kamu sedang mengalami error 5B00 ini, yakni lampu LED printer biasanya akan berkedip-kedip. Tidak hanya itu, pada layar komputer atau laptop yang terhubung dengan printer juga akan muncul pop up dengan pesan error seperti gambar di atas.

Cara Memperbaiki Printer Error 5B00

Lalu, bagaimanakah cara memperbaiki printer error 5B00 ini? Nah, untuk mengatasi atau memperbaikinya sebenarnya ada beberapa metode khusus yang bisa kamu lakukan, mulai dari memperbaiki melalui printernya itu sendiri dan memalui aplikasi khusu

Untuk lebih detailnya akan kami jelaskan pada ulasan di bawah ini. Jadi pastikan kalau kamu membaca ulasannya sampai selesai, ya.

Restart Printer

Metode pertama yang perlu kamu coba adalah mulai ulang printer. Cara ini terbilang paling mudah dan harus kamu coba pertama kali sebelum ke metode berikutnya, karena terkadang printer muncul pesan error 5B00 adalah karena terdapat pengaturan printer yang bermasalah.

Nah, untuk itu kamu harus mencoba me-restart printer terlebih dahulu agar pengaturannya dimuat ulang ke default, dan biasanya cara ini juga lumayan efektif untuk mengatasi printer error 5B00. Nah, langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu copot terlebih dulu kabel USB printer.
  2. Setelah itu, copot juga kabel power printer yang terhubung.
  3. Selanjutnya, silakan kamu buka casing printer, lalu tekan dan tahan tombol power.
  4. Sambil tetap menekan tombol power, silakan lanjut untuk memasang kabel power printer.
  5. Jangan lepas dulu tombol powernya sampai lampu LED hijau printer menyala.
  6. Nanti setelah lampu LED tersebut mati, silakan tekan tombol power dua kali.
  7. Terakhir, silakan tutup casing printer.

Setelah melakukan semua langkah-langkah di atas, maka kamu telah berhasil me-restart printer, nah silakan kamu sambungkan ke komputer untuk mengeceknya.

Bersihkan Waste Ink Pad

Selanjutnya, cobalah untuk membersihkan waste ink pad (pad tinta) printer yang mengalami error 5B00 telebih dahulu, sebelum menuju ke metode yang selanjutnya. Untuk membersihkan pad tinta bisa dengan menggunakan kain untuk menghilangkan kotoran-kotoran tinta.

Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu siapkan alat untuk membuka casing printer.
  2. Jika sudah, silakan kamu buka casing waste ink printer yang biasanya terletak di bagian belakang.
  3. Setelah itu, silakan lepaskan waste ink tersebut dari dudukannya.
  4. Lepas dengan hati-hati agar tidak ada tinta yang tercecer.
  5. Selanjutnya, silakan kamu bersihkan tempat pembuangan tinta tersebut. Abapila terdapat busa untuk menyerap tinta, silakan kamu cuci atau bisa ganti busa tersebut.
  6. Jika sudah, silakan pasangkan kembali.
  7. Saya sarankan juga kamu untuk mengganti tinta printer, dengan menguras tinta lama dan mengganti dengan yang baru.

Setelah membersihkan waste ink pad, silakan coba pasangkan printer ke komputer kamu dan periksa apakah masih ada error 5B00 atau tidak. Jika masih ada, maka kamu perlu melakukan cara yang selanjutnya.

Masuk Ke Service Mode

Ketika dengan me-restart printer tidak bisa memperbaiki error 5B00, maka kamu perlu melakukan flashing pada printer. Nah, untuk melakukan flashing printer, kamu harus masuk ke service mode terlebih dahulu, kemudian baru bisa melakukan flashing printer dengan software khusus.

Sebenarnya, flashing juga tidak mewajibkan kamu untuk masuk ke service mode terlebih dahulu. Namun, hal ini sangat kami sarankan agar nantinya proses flashing bisa berjalan dengan lancar tanpa error apapun. Nah, untuk masuk ke service mode secara umum caranya kurang lebih seperti ini:

  1. Pertama, silakan kamu sambungkan printer ke laptop atau PC, kemudian pastikan printer dalam keadaan Off dengan kabel power yang terhubung.
  2. Selanjutnya, silakan kamu tekan dan tahan tombol Resume sekitar 3 sampai 5 detik.
  3. Kemudian, tekan tombol Power bersamaan dengan tombol resume tersebut (jangan dulu dilepas). Setelah itu tunggu hingga lampu hijau menyala (lampu indikator On).
  4. Lepaskan tombol Resume yang kamu tekan, tapi jangan lepas tombol Powernya.
  5. Jika sudah, silakan tekan tombol Resume 5 kali, sambil tetap menekan tombol Power. Nantinya lampu LED printer akan berkedip atau menyala bergantian.
  6. terakhir, lepaskan semua tombol yang kamu tekan tersebut.

Setelah selesai, silakan periksa pada komputer kamu, biasanya disana sistem akan mendeteksi perangkat baru, silakan kamu koneksikan ke printer tersebut kemudian lanjutkan proses flashing printer dengan resetter.

Gunakan Resetter

Resetter ini merupakan service tool dalam bentuk software yang berfungsi untuk me-reset atau flashing printer. Menggunakan resetter memang menjadi jurus jitu dalam mengatasi error 5B00 di printer apapun. Untuk software atau service tool tersebut sebenarnya tiap tipe printer berbeda-beda.

Jadi, silakan kamu cari resetter printer sesuai merk dan tipe printer yang bermasalah ya. Kamu bisa search di Google dengan kata kunci “reseter printer spasi merk & tipe printer”. Nah, aplikasinya sendiri tidak terlalu besar kok, biasanya tidak lebih dari 10 MB.

Selanjutnya, untuk panduan menggunakan resetter untuk flashing printer kurang lebih adalah sperti ini:

  1. Setelah kamu mengunduh aplikasi resetter-nya, silakan ekstrak kemudian instal terlebih dahulu.
  2. Masukkan 3 lembar atau lebih kertas ke dalam printer untuk keperluan reset, jangan lupa buka aplikasi resetter yang sudah kamu pasang ya.
  3. Di halaman aplikasi resetter yang terbuka, silakan tekan opsi MAIN kemudian klik Set yang biasanya berada di bagian Clear Ink Counter.
  4. Tunggu printer memproses dan melakukan print satu lembar kertas dengan hasil tulisan D=000*0.
  5. Lakukanlah hal yang sama seperti langkah 3 dan 4 pada bagian Ink Absorber Counter dengan menekan tombol MAIN kemudian klik Set.
  6. Jika sudah berhasil maka akan muncul notif A function was finished silakan klik saja OK.
  7. Jika sudah, tekan tombol EEPROM Clear kemudian ubah Paper menjadi RearTray pada jendela baru yang muncul.
  8. Klik OK kemudian tunggu printer menjalankan print otomatis.
  9. Setelah printer selesai mencetak, kamu akan akan melihat banyak tulisan pada kertas hasil print. Biasanya muncul TPAGE(TTL=00000) atau TPAGE dengan kode lainnya yang menunjukkan flashing atau reset telah berhasil.
  10. Terakhir, silakan matikan printernya lalu nyalakan kembali.
  11. Done.

Apabila nama menu dan tampilan pada service tool yang kamu gunakan berbeda, silakan sesuaikan saja. Atau untuk lebih pastinya silakan search saja cara menggunakan aplikasi resetter printer “nama printer kamu”.

Servis Printer

Ketika kamu sudah menjalankan semua cara di atas, akan tetapi printer error 5B00 tetap saja tidak dapat teratasi, maka kemungkinan ada kerusakan secara fisik pada salah satu komponen-komponen printer. Apabila kamu memiliki printer lain, maka cobalah untuk menggunakan printer tersebut untuk memastikannya.

Nah, jika hasilnya printer tersebut bisa digunakan di komputer atau laptop kamu, tentu printer yang mengalami error 5B00 itu mengalami kerusakan komponen. Oleh sebab itu, silakan kamu bawa saja printer tersebut ke tempat servis printer professional.

Lalu keluhkan saja apa masalah yang sedang kamu alami untuk nantinya dilakukan pengecekan lebih lanjut dan akan dilakukan perbaikan pada printer kamu.

Akhir Kata

Begitulah tadi pembahasan kita mengenai cara memperbaiki printer error 5B00 saat mencetak. Kadang permasalahan tersebut bisa dengan mudah diatasi hanya dengan me-restart printer, namun kadang juga kamu perlu me-reset atau flashing printer.

Mungkin sekian dulu artikel yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.