Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat Write Protected

  • oleh

SD Card atau kartu memori saat ini banyak digunakan oleh para pemakai gadget, sebagai tambahan penyimpanan eksternal. SD Card banyak dipakai untuk mereka yang memiliki memori internal terbatas atau sudah penuh, sedangkan masih membutuhkan banyak penyimpanan yang lebih.

Secara umum, SD Card atau kartu memori mempunyai tiga jenis, yaitu SDSC yang mempunyai kapasitas maksimum 4 GB. Kemudian SDHC yang maksimum kapasitasnya 32 GB. Lalu yang terakhir adalah SDXC yang memiliki kapasitas sangat besar, yaitu maksimum 3 TB.

Ukuran SD Card sendiri terbilang mungil, namun fungsinya terbilang kompleks mulai dari digunakan untuk tempat menyimpan file atau data digital. Biasanya berupa video, foto atau gambar digital, suara digital, berkas digital, dan lain sebagainya yang sejenis.

SD Card Tidak Bisa Diformat Write Protected

Namun, disamping manfaat yang kompleks seperti yang kami tuliskan di atas, terkadang SD Card sering mengalami masalah misalnya SD card write protected. Biasanya masalah ini muncul ketika kamu ingin memformat kartu memori tersebut baik di HP ataupun komputer.

Mungkin diantara kalian banyak yang sudah menemui masalah ini, tapi tidak tahu apa maksud dari error write protected tersebut. Secara sederhana error tersebut memiliki arti kalau SD card kamu terkunci, sehingga kamu tidak bisa memformat, menghapus data, atau menambah data.

Write protected biasanya muncul karena beberapa penyebab diantaranya yaitu karena tombol kunci atau lock SD card belum dibuka, sehingga menyebabkan fungsi write SD card tidak bisa digunakan. Selain itu juga bisa disebabkan oleh kerusakan bawaan dari pabrik atau defect.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengikuti cara-cara yang sudah kami tuliskan di bawah ini.

Unlock SD Card

Pertama, untuk mengatasi kartu memori tidak bisa diformat karena error write protected adalah dengan membuka kunci kartu memori. Banyak pengguna SD card yang sering lupa membuka kunci tersebut, karena memang letak tombol lock sekilas sulit terlihat. karena terletak di bagian samping kartu memori.

Apabila SD card masih terkunci, maka fungsi write dari SD card tidak akan bisa berjalan. Nah, untuk mengatasinya silakan kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, cari terlebih dulu tombol lock di bagian samping kartu memori atau adapter.
  2. Perhatikan tombol tersebut, apabila tangkai arahnya ke lock maka artinya terkunci.
  3. Jika iya, silakan buka saja tombol lock tersebut atau geser ke posisi tidak terkunci (unlock).
  4. Selesai, dan pesan write protected akan hilang.

Oh iya, kamu mungkin perlu tahu juga kalau fungsi SD card dikunci adalah untuk mencegah dari kerusakan yang bisa saja terjadi akibat faktor eksternal. Misal karena salah setting oleh penggunanya, ataupun karena virus. Disamping itu, terkadang karena SD card dikunci malah muncul error write protected.

Garansikan SD Card

Cara yang kedua untuk mengatasi write protected adalah dengan menggaransikan kartu memori kamu. Jika kamu sudah mencoba cara yang pertama namu belum berhasil, mungkin hal yang bisa terjadi pada SD card kamu ialah sudah rusak dari bawaan pabriknya, sehingga muncul masalah write protected.

Cara untuk mengatasinya silakan kamu datangi tempat dimana kamu membeli SD card tersebut. Lalu jelaskan perihal masalah SD card yang sedang kamu hadapi. Kemudian jika memang masalah tersebut akibat kerusakan pabrik, biasanya dari pihak konter akan menggantinya dengan yang baru.

Namun, perlu di ingit kalau SD card kamu ada garansinya dan sedang dalam masa garansi. Jika tidak, kamu bisa mencoba cara yang selanjutnya.

Periksa Konektor SD Card

Perangkat eksternal seperti SD card tetu memiliki konektor yang fungsinya sebagai penyambung. Biasanya konektor tersebut berwarna kuning mengkilap. Silakan kamu periksa bagian tersebut apakah terdapat debu atau kotoran tidak, karena jika kotor terkadang bisa menyebabkan error.

Salah satu cara yang cukup efektif dalam mengatasi masalah SD card write protected adalah dengan membersihkan konektor tersebut dengan karet penghapus atau mengelapnya dengan tisu yang sudah di tetesi dengan cairan pembersih atau bisa juga dengan minyak kayu putih.

Cara ini berlaku untuk SD card yang pada dasarnya lempengan konektornya kotor yang menyebabkan fungsi konektor sebagai penyambung menjadi terganggu. Namun, jika kamu sudah melakukan cara ini namun belum berhasil, kamu harus mencoba cara yang selanjutnya.

Gunakan Regedit

Regedit merupakan program utilitas dengan fungsi mengatur konfigurasi pada sistem operasi Windows, mulai dari aplikasi bahkan sampai booting. Di dalam Regedit juga terdapat perintah write protect untuk mengunci fungsi write di kartu memori dan perangkat tertentu.

Untuk mengatasi masalah write protect kamu bisa mematikan fitur tersebut, berikut caranya:

  1. Pertama tekan tombol kombinasi Windows+R untuk membuka jendela Run.
  2. Selanjutnya ketik Regedit kemudian klik OK.
  3. Setelah itu buka HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet.
  4. Selanjutnya silakan masuk ke folder Control lalu Storage Device Policies.
  5. Klik dua kali pada pengaturan Write Protected.
  6. Setelah terbuka, silakan ketik dan ubah value menjadi 0.
  7. Kemudian tekan tombol OK, dan selesai.
  8. Coba tes kartu memori kamu, kemugkinan besar sudah betul kembali.
  9. Setelah itu tes deh sd card kamu, pasti sudah betul lagi.

Gunakan CMD

Command Prompt atau CMD bisa kamu coba gunakan untuk mengatasi kartu memori yang muncul pesan write protected. Tentu kamu tahu kalau CMD merupakan tool powerfull yang bisa digunakan untuk melakukan program apa saja.

Untuk melakukannya silakan kamu ikuti ulasan di bawah ini:

  1. Pertama kamu harus sambungkan kartu memori yang error menggunakan Card Reader.
  2. Selanjutnya silakan tekan tombol kombinasi Windows+R untuk membuka jendela Run.
  3. Setelah itu pada bagian Open silakan ketik CMD kemudian klik OK.
  4. Jika sudah silakan kamu ketik Diskpart kemudian tekan Enter.
  5. Setelah itu kamu akan masuk ke Diskpart, langkah selanjutnya silakan ketik Listdisk kemudian Enter.
  6. Lalu setelah itu ketik Select Disk 1 kemudian Enter lagi (Sesuaikanlah Disk 1 ini dengan SD card di Diskpart).
  7. Jika sudah ketik attribute disk clear readonly lalu Enter lagi.
  8. Tunggu sesaat sampai muncul pesan Successfully.
  9. Lepas SD card dari card reader, dan sekarang cobalah format ulang memori kamu.
  10. Selesai, semoga berhasil.

Format Melalui HP

Kebanyakan error write protected banyak ditemui ketika memformat SD card di komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Oleh karena itu terkadang efektif jika kamu mencoba format kartu memori kamu melalui HP android.

Berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama masukkan SD card yang mengalami error ke dalam HP kamu.
  2. Kemudian itu buka File Manager di HP kamu.
  3. Setelah itu tekan dan tahan opsi penyimpanan eksternal atau SD card sampai muncul pilihan format.
  4. Jika kamu pengguna HP Xiaomi, kamu bisa mencari opsi format melalui pengaturan, lalu pilih hapus kartu SD seperti di bawah.
  5. Jika sudah pilih opsi format untuk memulai proses format SD card.
  6. Tunggu sampai prosessnya berjalan sampai selesai.

Gunakan Low Level Format

Cara format ini bukan cara yang biasa, karena low level format merupakan metode format penyimpanan eksternal yang bisa membersihkan sampai ke akar-akarnya. Jadi buat SD card kamu yang tidak bisa diformat atau write protected bisa memakai cara yang terakhir ini.

Nah, untuk melakukanya dibawah ini caranya:

  1. Pertama silakan kamu search di Goggle aplikasi HDD Low Level Format. Atau kamu bisa juga mengunjungi link disini.
  2. Download aplikasi tersebut.
  3. Setelah selesai mengunduh aplikasi HDD Low Level Format, silakan buka aplikasinya.
  4. Selanjutnya sambungkan SD card kamu ke komputer atau laptop menggunakan Card Reader.
  5. Kemudian kamu hanya perlu mengikuti panduan format yang sudah tertera pada aplikasi tersebut.
  6. Prosesnya biasanya hanya beberapa menit tergantung kapasitas dan banyak data di SD card kamu.

Nah, mungkin cukup sekian artikel mengenai cara mengatasi SD card tidak bisa diformat write protected. Silakan ikuti semua cara-cara yang sudah kami tuliskan di atas. Namun, jika masalahnya belum teratasi kamu harus mengganti SD card kamu dengan yang baru. Semoga artikel ini bermanfaaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *