Top 8 OS Android untuk PC dan Laptop Terbaik (Recommended)

  • oleh

Mengakses aplikasi atau game Android tak selamanya harus menggunakan HP atau Tablet, karena kini OS Android bisa kamu akses melalui PC & laptop. Hal ini didasarkan sistem Android yang sudah melalui banyak pengembangan dan pembaruan. Baik dari kompatibiltas, spesifikasi, ataupun fitur-fitur yang tersemat di dalamnya.

Hadirnya OS Android untuk PC dan laptop bisa menjadi alternatif selain emulator. Apabila dibandingkan dengan emulator, OS Android PC jauh lebih ringan karena langsung mengakses sistem operasi Android tanpa adanya aplikasi emulator yang terkesan memberatkan untuk PC & laptop spek minimum.

Jika kamu menggunakan OS Android ini pada PC atau laptop kamu maka secara tidak langsung kamu akan menjadikan OS Android seperti sistem utama. Mengapa demikian? Karena OS Android bisa mengakses dan menggunakan seluruh source (CPU, RAM, GPU) seperti halnya OS Windows.

Rekomendasi OS Android untuk PC & Laptop

Selanjutnya jika kamu tertarik menggunakan OS Android untuk PC atau laptop kamu untuk menikmati sensasi menggunakan Android dengan lebih menyenangkan dan berbeda, maka kamu perlu menginstal OS Android tersebut.

Untuk OS Android PC saat ini banyak sekali yang bisa kamu coba gunakan sehingga mungkin kamu juga agak bingung mau memakai OS yang mana. Nah, karena itulah kami akan memberikan rekomendasi OS Android untuk PC dan laptop terbaik versi NeoTekno.

Android X86 Project

Android X86 Project merupakan salah satu pemain lama dalam OS Android untuk PC. Project ini dibuat oleh developer bernama Chin Wei Hwang dan Yi Sun, dan secara tidak langsung Android X8 inilah yang mendasari munculnya varian OS Android lain yang bisa dijalankan di PC ataupun laptop.

Android X86 sendiri memiliki tampilan yang kurang lebih sama dengan Android pada umumnya, karena pada dasarnya OS ini hanya berubah portingnya saja baik itu kode atau lainnya yang disesuaikan untuk bisa berjalan pada komputer. Jadi secara tampilan bisa dibilang sangat mirip.

OS Andorid X86 ini terbilang ringan sehingga cocok dijalankan pada PC ataupun laptop yang memiliki spesifikasi rendah. Tapi tergantung juga versi mana yang kamu pilih, karena terdapat beberapa varian Android mulai dari Android 7.1 (Nougat) sampai Android 9.0 Pie.

Varian Android tersebut juga semakin lama tentu akan semakin beragam, karena project ini akan mengalami pengembangan secara terus menerus dari waktu ke waktu. Nah, buat kamu yang tertarik menggunakannya, silakan kamu unduh melali situs resmi dari OS Android X86 Project ini.

Nama OSSitus Resmi
Android X 86 Projectwww.android-x86.org

Phoenix OS

Selanjutnya ada Phoenix OS yang merupakan OS Android yang dapat kamu jalankan di PC dan juga laptop, dengan rekomendasi prosesor sistem arsitektur X86. OS ini dikembangkan oleh perusahaan terkenal bernama Beijing Chaozouo Technology CO.Ltd.

Phoenix OS hadir ke permukaan dengan ciri khas tampilan yang simpel namun menarik, dan performa yang ditawarkan OS ini juga cukup memuaskan. Selain itu Phoenix OS juga dibekali dengan Octopus Mapping Controller yang akan membuat kamu mudah dan nyaman ketika bermain game Moba.

Jika kamu ingin mendapatkan OS ini, silakan kamu kunjungi situs remi dari pengembangnya dan disana kamu juga bisa memilih varian yang akan digunakan yakni Phoenix OS 64 bit dan 32 bit.

Nama OSSitus Resmi
Phoenix OSwww.phoenixos.com

Remix OS

Rekomendasi ketiga adalah Remix OS yang mana OS ini pernah menjadi OS Android populer di masanya. Remix OS sendiri merupakan sebuah OS Android untuk PC dan laptop yang dikembangkan oleh developer bernama JIDE mulai dari tahun 2016.

Remix OS ini juga didesain sedemikian rupa sehingga akan membuat penggunanya nyaman menggunakan Android di PC atau laptop karena tampilan UI OS ini sekilas terlihat hampir sama dengan OS Windows 10. Coba saja kamu jalankan Remix OS ini dan pasti kamu akan merasa familiar saat menggunakannya.

Ya, walaupun Remix OS merupakan salah satu varian yang berkualitas, namun sayangnya OS ini sudah berhenti melakukan pengembangan di versi terakhirnya tahun 2018 (Android 6 Marshmallow). Buat kamu yang ingin mencoba OS ini silakan kunjungi link situs resminya di bawah ini.

Nama OSSitus Resmi
Remix OSjide.com

Openthos

Openthos ialah sistem operasi Android bersifat open source yang dikembangkan untuk bisa berjalan di PC dan laptop dengan arsitektur X86. Karena OS ini bersifat open source maka siapa pun dapat memodifikasi dan melakukan pengembangan di dalamnya.

Sistem operasi Android yang satu ini terbilang sangat ringan dan bisa berjalan dengan lancar di semua kalangan PC dan laptop bahkan pada laptop jadul sekalipun. Dari segi tampilan OS ini mirip dengan sistem Linux Ubuntu terutama di bagian flat user interfacenya.

Namun ada hal yang membedakan Linux Ubuntu dengan Openthos ini, karena pada tampilan awalnya kita masih mendapati taskbar yang mirip dengan Windows. Tapi ini bukan menjadi masalah, karena justru keberadaan taskbar ini memiliki fungsi yang penting dan dapat memudahkan penggunanya.

Bila kamu tertarik menggunakan OS yang satu ini silakan kamu kunjungi situs resminya melalui link di bawah ini.

Nama OSSitus Resmi
OpenThosBisa dari Fooshub

Prime OS

Rekomendasi selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan kamu ketika ingin menggunakan sistem operasi Android di komputer adalah Prime OS. Sistem operasi yang satu ini juga sangat menarik lho, karena kamu akan mendapati fitur Decapro key mapping yang memudahkan kamu bermain game.

Bukan itu saja, Prime OS juga memiliki fitur keyboard shortcut yang masih bisa diakses layaknya ketika menggunakan dekstop. Fitur tersebut diantaranya adalah shortcut Alt + Tab, Alt + F4, fungsi taskbar yang serupa dengan Windows, dan lain sebagainya.

OS ini juga sudah sangat mumpuni ketika digunakan untu ngegame, karena performanya juga optimal dan oke banget. Bahkan dari segi kontronya sudah sangat bagus bahkan untuk menjalankan game populer seperti Mobile Legends, PUBG, dan sejenisnya.

Ada 3 versi Prime OS berdasarkan spesifikasi laptop atau PC yang kamu gunakan. Jadi, silakan sesuaikan saja.

  • Prime OS Mainline 64 bit untuk PC dan laptop dengan spek tinggi atau terbaru (keluaran diatas tahun 2014). Misalnya Intel core i generasi ke 5 dan sepadannya.
  • Prime OS Standard 64 bit untuk PC dan laptop dengan spek standar (tahun 2011 ke atas) seperti Intel Core i generasi 2 dan sepadannya.
  • Prime OS Classic 32 bit untuk PC maupun laptop dengan spesifikasi rendah dibawah ketentuan diatas. Versi OS Classic ini adalah OS Android untuk komputer yang sangat ringan dibandingkan versi Prime OS lainnya.

Untuk mendapatkannya silakan kunjungi situs resminya di bawah.

Nama OSSitus Resmi
Prime OSprimeos.in

Bliss OS

Meskipun tidak terlalu populer, tetapi Bliss OS juga terdapay fitur-fitur yang tidak kalah dengan lainnya. Mulai dari UI yang mirip desktop, Tincore Keymapper untuk menujang main game dan lainnya. Bliss OS masih dalam tahap Beta sehingga pengembangan yang terus dilakukan untuk lebih baik kedapannya.

Bliss OS dapat dipakai di berbagai versi PC dan laptop. Ketika kamu mengunjungi situs resminya kamu akan mendapatkan beberapa pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan CPU yang digunakan. Dengan begini maka kamu akan mendapatkan OS Android yang stabil dengan CPU kita.

Nama OSSitus Resmi
Bliss OSblissroms.com

Maru OS

Sistem operasi Android untuk PC dan laptop yang selanjutnya adalah Maru OS. Maru OS sendiri kurang lebih sama dengan OS yang sebelumnya, namun ada hal yang unik di dalamnya yakni kita bisa menghubungkan HP ke PC atau laptop lalu melakukan sinkronisasi keduanya.

Mungkin kebanyakan orang belum tahu OS yang satu ini, karena ya memang tidak begitu familiar. Tapi buat kamu yang ingin mencobanya, silakan kunjungi situs resminya.

Nama OSSitus Resmi
Maru OSmaruos.com

Chrome OS

Rekomendasi yang terakhir dari NeoTekno adalah Chrome OS. Ya, walaupun pada dasarnya Chrome OS ini bukan murni sistem operasi Android untuk PC, namun Chrome OS ini dapat menjalankan aplikasi ataupun game Android di komputer.

Chrome OS sendiri berbasis Gentoo Linux yang dibuat langsung oleh Google yang menjadi OS yang cukup stabil saat digunakan untuk main game seperti PUBG atau game berat lainnya. OS ini juga cukup ringan sehingga memungkinkan untuk diinstal di PC dan laptop dengan spesifikasi pas pasan.

Untuk mendapatkannya silakan searching saja di internet.

Akhir Kata

Daftar rekomendasi OS Android untuk PC yang kami tuliskan di atas tidaklah urut berdasarkan kualitas yang terbaik, tetapi kami tuliskan secara acak. Jadi silakan kamu pilih yang menurut kamu yang terbaik dan sesuai dengan PC atau laptop kamu.

Sebagai tambahan bawah semua yang berkaitan dengan mengubah sistem, maka kamu tentu harus menginstal OS tersebut di boot ketika komputer baru saja dinyalakan. Mungkin sekian dulu artikel mengenai Rekomendasi OS Android untuk PC dan laptop terbaik versi NeoTekno. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *