Cara Ampuh Mengatasi Lampu Modem IndiHome LOS Merah

  • by

Ketika mengalami masalah lampu modem IndiHome LOS merah, biasanya semua layanan IndiHome tidak akan bisa digunakan. Termasuk pada jaringan WiFi, kamu tidak bisa menggunakannya untuk internetan.

Sudah jelas, hal ini tentu akan mengganggu semua aktivitas harian kamu, terlebih untuk kamu yang menggunakan layanan IndiHome untuk bekerja. Mau tidak mau, kamu harus mencari jaringan lain selama IndiHome belum bisa digunakan.

Tapi tenang, kali ini kami akan memberikan beberapa langkah untuk mengatasi IndiHome LOS merah. Semuanya akan kami urutkan dari cara yang paling mudah sampai cara yang direkomendasikan oleh pihak Telkom.

Penyebab Modem IndiHome LOS Merah

Sebelum melangkah ke cara mengatasi modem IndiHome LOS merah, alangkah baiknya kamu mengetahui penyebab dari masalah ini. Dengan begitu, kamu jadi lebih tahu langkah apa yang harus segera dilakukan.

Secara umum, masalah IndiHome LOS merah disebabkan karena problem modem itu sendiri, entah karena pengaturan modem salah, terdapat kabel yang bermasalah, ataupun memang sedang ada trouble dari pusat.

Kalau permasalahannya hanya terletak pada pengaturan modem saja, kemungkinan masih bisa diperbaiki sendiri. Namun, jika masalahnya disebabkan karena trouble dari pusat, maka hanya Telkom yang bisa memperbaikinya.

Cara Mengatasi IndiHome LOS Merah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, disini kami akan memberikan cara mengatasi lampu IndiHome LOS merah mulai dari cara mandiri sampai cara yang memerlukan teknisi IndiHome dari Telkom Indonesia.

Periksa Posisi Kabel Modem

Kabel modem merupakan salah satu fokus yang harus diperhatikan ketika mengalami lampu LOS merah. Pasalnya, ketika kabel modem tidak berada pada tempat yang tepat, atau kabel tersebut longgar, maka kabel tidak akan berfungsi.

Untuk itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cek posisi kabel tersebut, apakah sudah berapa pada tempat yang tepat atau belum. Jika kamu tidak pernah mengubah posisinya, maka abaikan cara ini.

Selanjutnya, kamu juga harus memastikan bahwa kabel tersebut terpasang dengan baik. Maksudnya, cek kabel modem dan jangan sampai longgar. Kalau longgar, silahkan kencangkan port (konektor) kabel tersebut.

Agar lebih sempurna, rapikan juga posisi kabel dan jangan sampai ada kabel yang tertekuk. Jika terdapat kabel yang masih tersisa, silahkan ringkas kabel tersebut dengan cara menggulungnya untuk menghindari kabel tertekuk.

Setelah semuanya kamu lakukan, sekarang silahkan cek modem IndiHome. Apakah lampunya sudah berwarna hijau atau masih merah. Kalau ternyata masih merah, silahkan lanjut ke cara selanjutnya.

Matikan dan Nyalakan Modem

Mematikan lalu menyalakan kembali modem merupakan cara yang sering direkomendasikan teknisi IndiHome dalam beberapa masalah. Apakah kamu pernah disuruh mematikan lalu menyalakan modem oleh teknisi IndiHome?

Jangan salah, cara ini memang cara yang cukup ampuh pada masalah tertentu, salah satunya adalah modem IndiHome LOS merah. Namun, tidak ada jaminan cara ini selalu berhasil karena dari segi penyebab saja bisa berbeda.

Untuk kamu yang ingin mencoba cara ini, silahkan baca panduan berikut:

  1. Perhatikan pada bagian belakang modem, kamu akan melihat tombol power.
  2. Silahkan tekan tombol tersebut (On/Off) sekali untuk mematikannya.
  3. Tunggu sampai modemnya benar-benar mati.
  4. Kalau sudah mati, nyalakan kembali dengan menekan tombol yang tadi.
  5. Selesai.

Setelah kamu berhasil menghidupkan kembali modem tersebut, kamu harus menunggu beberapa saat sampai fungsi modem berjalan sebagaimana mestinya. Silahkan perhatikan lampu LOS apakah sudah hijau atau belum.

Hubungi Teknisi Telkom

Kalau ternyata kedua cara sebelumnya tidak ada yang berhasil, maka langkah terakhir adalah menghubungi teknisi Telkom. Cara ini adalah cara pamungkas yang pasti akan mengatasi masalah IndiHome LOS merah.

Berdasarkan pengalaman penulis, permasalahan IndiHome LOS merah yang hanya bisa diselesaikan oleh teknisi IndiHome adalah sebagai berikut:

  • Kabel terputus
  • Perangkat modem bermasalah
  • Sedang ada gangguan pusat

Nah, untuk menghubungi pihak Telkom dalam rangka melakukan pengaduan terkait masalah lampu IndiHome LOS merah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa menggunakan Twitter, Facebook, call center, email, ataupun aplikasi myIndiHome.

Karena saat itu penulis melakukan pengaduan melalui email, maka kami akan memberikan penjelasan berdasarkan pengalaman saja ya. Nah, berikut ini adalah cara mengadukan IndiHome LOS melalui email.

  1. Pertama, silahkan buka Gmail (bisa lewat aplikasi atau website).
  2. Setelah itu, tulis pesan dan tujukan ke customercare@telkom.co.id
  3. Pada bagian Subjek, isi dengan Modem IndiHome LOS Merah.
  4. Untuk pesannya, silahkan tulis saja sesuai keinginan kamu.
  5. Jangan lupa, sertakan pula Nomor IndiHome kamu agar teknisi bisa melakukan pelacakan.
  6. Selesai.

Setelah mengirim email, kamu tinggal menunggu teknisi datang ke rumah. Berdasarkan pengalaman pribadi, teknisi datang ke rumah 1 hari setelah email dikirim. Jadi misal kamu mengirim email hari ini, maka besok teknisi IndiHome akan tiba.

Namun, kedatangan teknisi IndiHome juga tergantung antrean juga ya. Kalau antreannya tidak banyak, biasanya teknisi akan cepat sampai. Tapi kalau antreannya banyak, bisa saja prosesnya agak lama.

Cara Meminimalisir IndiHome LOS Merah

Untuk meminimalisir terjadinya masalah IndiHome LOS merah, sebenarnya kamu cukup melakukan perawatan sederhana. Dalam artian, kamu harus rajin melakukan pengecekan pada kabel-kabel modem yang kabel fiber yang tersisa.

Hal ini berkaitan dengan kerapian dan penempatan kabel tersebut. Usahakan untuk menempatkan sisa kabel fiber (biasanya sudah digulung oleh teknisi) pada tempat yang terang, jangan tempat tersembunyi.

Berdasarkan pengalaman penulis, kabel diletakkan di tempat yang sering dilewati oleh tikus. Jadi, kabel fiber optik IndiHome diputus tikus sehingga terjadi masalah lampu modem IndiHome LOS merah dan mengakibatkan layanan tidak bisa digunakan.

Oh ya, ketika kamu melihat lampu LOS berwarna merah dan kamu tidak mau ambil pusing, alangkah baiknya sesegera mungkin menghubungi teknisi IndiHome. Hal ini dilakukan agar masalah kamu segera diatasi oleh teknisi.

Soalnya, kalau kamu mengalami masalah IndiHome LOS namun kamu tidak melaporkannya pada pihak Telkom, maka mereka juga tidak akan melakukan perbaikan. Jadi, kamu wajib melaporkannya terlebih dahulu, baru teknisi akan memprosesnya.

Nah, seperti itulah cara mengatasi modem IndiHome LOS merah. Dari semua cara di atas, cara paling ampuh memang cara terakhir. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba cara 1 dan 2, karena memiliki potensi berhasil juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *