Aplikasi Al-Quran (APK) Terbaik untuk HP Android

  • oleh

Salah satu bentuk ibadah yang nilainya sangat agung di sisi Allah adalah membaca Al-Qur’an. Bahkan, bacaan Alquran dari seorang hamba akan menjadi syafaat untuknya di Akhirat kelak.

Kalau kamu punya HP Android dan ingin memanen pahala, kamu bisa install aplikasi Al-Quran terbaik untuk Android sehingga kamu bisa membuka dan membaca Alquran di mana pun berada.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi aplikasi Alquran terbaik, di bawah ini sudah kami kumpulkan 14 diantaranya yang bisa dicoba.

Al Quran Indonesia

via Google Play

Bagi yang mencari aplikasi Al Quran offline gratis untuk Android, rekomendasi pertama kami adalah aplikasi bernama Al Quran Indonesia. Selain karena pengembangnya asli Indonesia, aplikasi ini cukup bagus baik dari segi tampilan serta fitur yang ditawarkan.

Bayangkan saja, aplikasi Al Quran ini dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia, plus audio mp3 murottal full 114 surah atau 30 juz. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk memilih mode potrait atau landscape saat membaca Al Quran.

Oh iya, sekadar informasi, aplikasi Al Quran gratis ini di Playstore sudah di-install lebih dari 10 juta kali. Rating nya juga cukup tinggi di mana ia mendapatkan nilai 4,8 dari sekitar 997.923 pengguna yang memberi ulasan.

Nama aplikasiAl Quran Indonesia
PengembangAndi Unpam
Rating4,8
Ukuran18 MB
DownloadGoogle Play

Quran for Android

via Google Play

Selanjutnya ada aplikasi Al Quran terbaik bernama Quran for Android. Aplikasi yang dikembangkan oleh quran.com ini juga bisa digunakan secara gratis dengan berbagai fitur yang terus diperbarui.

Jika kamu suka membaca Al Quran sambil mentadabburi maknanya, Quran for Android sudah dilengkapi fitur terjemahan dan tafsir dalam 20 lebih bahasa. Ada juga fitur audio tilawah yang bisa diputar dan diulang-ulang.

Selain itu, fitur bookmark dan menandai ayat akan memudahkan kamu menyimpan ayat atau surat terakhir yang dibaca. Juga, gambar yang sesuai Quran Madani serta adanya mode malam akan membuat nyaman saat kamu membaca Al Quran dengan aplikasi ini.

Nama aplikasiQuran for Android
Pengembangquran.com
Rating4,8
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Al’Quran Bahasa Indonesia

via Google Play

Dikembangkan oleh Seconda Variante, aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia ini hadir dalam dua versi yaitu versi free dan berbayar. Namun, versi gratis nya saja sudah cukup, terlebih bagi kamu yang hanya membutuhkan teks bacaan Al Quran.

Selain itu, versi free dari Al Quran Bahasa Indonesia ini tetap disemati berbagai fitur menarik seperti warna tajwid untuk memudahkan membaca Alquran, meneruskan bacaan terakhir, serta pengingat doa harian.

Fitur lainnya, kamu bisa men-copy ayat, melakukan pencarian juz, ayat dan surah, berbagi ayat favorit ke media sosial, hingga mendengarkan audio murrotal dari ayat mana saja. Lalu, ada juga pengingat waktu sholat yang bisa diatur sesuai lokasi kamu.

Nama aplikasiAl’Quran Bahasa Indonesia
PengembangSeconda Variante
Rating4,7
Ukuran13 MB
DownloadGoogle Play

MyQuran Al Quran dan Terjemahan

via Google Play

MyQuran Al Quran merupakan salah satu aplikasi Alqur’an terbaik buah fikir anak bangsa. Mengusung konsep tidak biasa dengan sentuhan UI/UX yang menarik. Tersedia berbagai tema yang bisa diganti sesuka hati, mode gelap terang, fullscreen, potrait dan landscape.

Sementara untuk teks bacaan Alquran, aplikasi ini sudah dilengkapi 30 juz 114 surah yang bisa dibaca offline. Teks bacaan disesuaikan dengan versi cetak dan sudah mendapatkan sertifikat TASHIH dari Kemenag RI.

Selanjutnya kalau kamu butuh terjemahan, MyQuran juga dilengkapi terjemahan dari Kemenag RI lengkap dengan terjemahan per kata. Ada juga fitur MyDoa yang bisa dibagikan, fitur bookmark, hingga audio murrotal dari beberapa Qori dunia.

Nama aplikasiMyQuran Al Quran dan Terjemahan
Pengembangthe WALi studio
Rating4,8
Ukuran32 MB
DownloadGoogle Play

Al-Quran (Free)

via Google Play

Jumlah install yang menyentuh angka 10 juta lebih menjadi bukti akan kepopuleran aplikasi Al-Quran Free ini. Semua itu diraih berkat tersedianya berbagai fitur yang akan memudahkan pengguna saat membaca Alquran.

Selain bisa mengatur gaya bacaan, Al-Quran Free dilengkapi juga dengan fitur makna per kata yang bisa diakses saat sedang membaca. Sementara bagi yang ingin menghafal, Al-Quran Free menyediakan fitur menghafal dua tingkat per kata atau per ayat.

Lalu untuk fitur lainnya, Al-Quran Free mendukung zooming font, share ayat ke media sosial, sinkronisasi suara bacaan dari beberapa imam seperti seperti Maher Al Maaiqli, Fares Abbad, Mishari Rashid, Abdul Rahman AL sudais, dan Saad Al Ghamidi.

Nama aplikasiAl-Quran (Free)
PengembangISYSWAY
Rating4,7
Ukuran15 MB
DownloadGoogle Play

Ayat – Al Quran

via Google Play

Aplikasi Alquran buatan ETC KSU ini juga cukup populer dengan jumlah install di angka 10 juta lebih. Menawarkan teks bacaan Alquran madani, aplikasi ini akan menghadirkan sensasi membaca Al Qur’an seperti membaca versi cetak Madinah.

Dari segi fitur, aplikasi ini sudah bisa dikatakan lengkap mulai dari teks bacaan yang dilengkapi tajwid berwarna. Selain itu, kamu bisa melatih kecepatan membaca berdasarkan interval waktu. Juga, tersedia fitur pencarian ayat, bab, surah, hingga nomor halaman.

Aaplikasi Alquran Android ini disemati pula tafsir dengan 6 versi berbeda diantaranya tafsir Ibnu Katsir dan Al Qurtubi, terjemahan dalam 20 lebih bahasa, pengaturan bahasa aplikasi Inggris-Arab, dan audio murottal dari beberapa Qori terkenal.

Nama aplikasiAyat – Al Quran
PengembangETC KSU
Rating4,3
Ukuran9,1 MB
DownloadGoogle Play

Al Quran (Tafsir & Per Kata)

via Google Play

Aplikasi membaca Alquran di Android yang didesain untuk membantu semua kalangan yang ingin belajar membaca Al Qur’an. Tersedia mode baca dalam bentuk mushaf dan juga mode baca kata per kata disertai tajwid.

Lalu, aplikasi Alquran terbaik buatan Greentech Apps Foundation ini dilengkapi juga fitur pemutar audio per ayat yang bisa diulang. Fitur ini tentu akan sangat membantu kamu yang sedang menghafal Al-Quran.

Selain itu, aplikasi ini sudah dilengkapi berbagai fitur standar seperti fitur pencarian, menampilkan beberapa terjemahan sekaligus seperti terjemahan Indonesia, Malaysia, dan Inggris. Juga, tersedia audio murottal dari beberapa Qori dunia.

Nama aplikasiAl Quran (Tafsir & Per Kata)
PengembangGreentech Apps
Rating4,9
Ukuran17 MB
DownloadGoogle Play

Al Quran: Audio & Buku Arab

via Google Play

Aplikasi Al-Quran Kareem ini dibuat oleh pengembang yang berkantor di Hong Kong. Ditujukan untuk muslim seluruh dunia dengan dukungan terjemahan dalam banyak bahasa termasuk Indonesia.

Fitur menarik yang ada dalam aplikasi Alquran satu ini adalah shortcut ke surah-surah favorit seperti surah Al-Fatihah, Al-Baqarah, Al-Kahfi, An-Nur, Surah Yasin, dan yang lainnya. Selain itu, ada juga shortcut audio murottal dari beberapa Qori seperti Ahmed Al Ajmi hingga Syaikh Sudais.

Namun, dari beberapa ulasan pengguna di Playstore, katanya aplikasi ini mengandung iklan yang isinya kurang relevan. Untuk itu, jika kamu hendak menggunakan aplikasi ini, diharapkan untuk mengabaikan pesan dari iklan yang muncul.

Nama aplikasiAl Quran: Audio & Buku Arab
PengembangE-ALIM TECHNOLOGY
Rating4,6
Ukuran9,2 MB
DownloadGoogle Play

Quran Pro Qur’an

via Google Play

Meskipun di Playstore aplikasi ini tercatat baru diinstall oleh sekitar 1 juta orang saja, tapi fiturnya tidak perlu diragukan. Selain gratis, aplikasi Alquran terbaik ini membawa fitur lengkap yang tak kalah dengan aplikasi premium.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya audio murottal dari 50 qori, terjemahan dalam 20 bahasa, tafsir Jalalayn Arab, translasi bahasa Inggris, hingga fitur untuk menandai ayat atau surat tertentu.

Satu hal yang paling terasa saat pertama kali menggunakan aplikasi Quran Pro Qur’an adalah antarmukanya yang rapi. Ukurannya yang sekitar 29 MB juga membuat aplikasi ini cukup ringan pada HP dengan spek rendah.

Nama aplikasiQuran Pro Qur’an
PengembangQuanticapps Ltd
Rating4,7
Ukuran29 MB
DownloadGoogle Play

Al-Quran al-Hadi

via Google Play

Aplikasi ini juga bikinan orang Indonesia yaitu yang tergabung dalam Pusat Kajian Hadis. Di Playstore, saat ini Al-Qur’an Al-Hadi sudah mendapatkan jumlah install yang lumayan yakni sekitar 500 ribu lebih.

Keunggulan aplikasi Alqur’an gratis ini yaitu adanya fitur kajian ayat yang akan memberi pemahaman kepada pembaca tentang ayat yang mereka baca. Selain itu, tentu fitur-fitur standar aplikasi Alquran juga sudah tersedia.

Fitur-fitur seperti pencarian ayat, mode baca mushaf, fitur terjemahan dan yang lainnya bisa ditemukan pada aplikasi ini. Dan, kalau pengguna menginginkan terjemahan dari berbagai versi, pengembang sudah menyiapkan situs web khusus di alamat alquranalhadi.com.

Nama aplikasiAl-Quran al-Hadi
PengembangPusat Kajian Hadis
Rating4,7
Ukuran46 MB
DownloadGoogle Play

Al Quran Bahasa Indonesia MP3

via Google Play

Rekomendasi berikutnya bagi kamu yang mencari aplikasi baca Qur’an di ponsel Android adalah Al Quran Bahasa Indonesia Mp3. Seperti yang lain, aplikasi ini juga menyiapkan bacaan Quran lengkap beserta tajwid dan terjemahan.

Adapun untuk teks terjemahan, aplikasi ini mendukung banyak bahasa salah satunya bahasa Indonesia. Lalu, bagi yang baru belajar membaca Qur’an, aplikasi ini menyediakan fitur transliterasi untuk membantu memudahkan pelafalan kata.

Tidak ketinggalan pula fitur zikir harian dari Al-Qur’an, shourtcut ke ayat tertentu, pencarian surah secara instant, dan mem-bookmark ayat. Dan yang terakhir, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memilih jenis font, mengatur ukuran font, serta menyesuaikan warnanya.

Nama aplikasiAl Quran Bahasa Indonesia MP3
PengembangQuran Reading
Rating4,3
Ukuran25 MB
DownloadGoogle Play

Al Quran Perkata dan Tafsir

via Google Play

Diluncurkan dalam dua versi, Al Quran Perkata dan Tafsir termasuk salah satu aplikasi Qur’an terbaik karya developer Indonesia. Desain antarmukanya sangat elegan dengan 9 pilihan warna pada versi pro.

Mengenai fitur yang dibawa, aplikasi ini berisi teks bacaan Al-Quran versi Kemenag RI, jadwal sholat, arah kiblat, tajwid berwarna, terjemahan per kata, shortcut ke ayat tertentu, dan do’a-do’a mustajab.

Selain itu, tersedia juga fitur share ayat ke berbagai media sosial, audio murottal, pengulangan audio per ayat, tampilan berdasarkan surat dan juz, hingga berbagai versi tafsir mulai dari Al-Jalalayn sampai Kemenag RI.

Nama aplikasiAl Quran Perkata dan Tafsir
PengembangMuslim Media
Rating4,7
Ukuran16 MB
DownloadGoogle Play

Quran Kemenag

via Google Play

Seperti namanya, Alquran digital untuk Android ini dibuat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kehadirannya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan muslim Indonesia terhadap Quran versi digital.

Selain menyediakan teks bacaan Al-Qur’an lengkap 30 juz, Quran Kemenag juga disemati fitur terjemahan, dua versi tafsir yaitu versi ringkas dan tahlili, dan audio murottal dari Syaikh Mahmud Khalil Al-Husairy.

Adapun untuk mushafnya, Alquran Kemenag memakai mushaf Rasm Usmani yang merupakan standar mushaf Indonesia. Dan, tidak hanya tersedia untuk perangkat Android saja, Quran Kemenag juga hadir dalam format web dan iOS.

Nama aplikasiQuran Kemenag
PengembangLajnah Pentashihan Mushaf
Rating4,9
Ukuran19 MB
DownloadGoogle Play

MyQuran International PRO

via Google Play

Yang terakhir, aplikasi Al-Quran terbaik dalam daftar ini adalah MyQuran International PRO. Aplikasi Quran digital ini dikembangkan juga oleh developer dalam negeri yaitu the WALi studio.

Meskipun jumlah install nya di Playstore hanya 1000-an saja, tapi dari segi fitur tidak kalah dari aplikasi-aplikasi sebelumnya. Aplikasi Quran ini bahkan punya fitur yang bisa membantu kamu untuk menghafal Al-Qur’an dengan cepat.

Selain itu, ada juga fitur-fitur dasar seperti pencarian ayat, bookmarks ayat favorit, terjemahan, tajwid warna, berbagi ayat ke media sosial, tampilan fullscreen, audio murottal, hingga jadwal dan alarm pengingat membaca Al Qur’an.

Nama aplikasiMyQuran International PRO
Pengembangthe WALi studio
Rating4,9
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Itu tadi 14 aplikasi Al-Quran Android offline gratis yang bisa dicoba. Silahkan pilih yang paling disukai dan membuat kamu makin betah membaca Al Qur’an. Dan semoga, bacaan Qur’an kita bisa menjadi pemberat timbangan amal di akhirat. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *