Lompat ke konten

Cara Sharing Data dari Komputer / HP Satu ke yang Lain

Untuk bisa sharing data dari satu perangkat ke perangkat lain, baik itu smartphone ataupun komputer, tentunya kamu membutuhkan media atau perantara untuk sharing data tersebut. Nah, secara umum sharing data bisa dilakukan dengan kabel dan wireless.

Pada beberapa kondisi tertentu sharing data tersebut, entah dari HP ke komputer atau sebaliknya sangatlah dibutuhkan. Misalnya ketika ingin menyalin sesuatu yang penting, memindahkan file penting, atau hanya sekedar bertukar data.

Nah, disisi lain, ternyata masih banyak orang yang belum tahu cara sharing data tersebut baik dengan menggunakan kabel ataupun nirkabel (wireless). Untuk itu, disini kami akan memberikan tutorial sharing data secara lengkap dengan dua cara tersebut.

Cara Sharing Data dengan Kabel & Wireless

Sharing data menggunakan perangkat berkabel seperti USB Flashdisk, Memori Card atau tanpa kabel (wireless) seperti menggunakan jaringan WiFi, menggunakan software khusus akan kami jelaskan secara detail caranya pada ulasan di bawah ini.

Jadi, pastikan kalau kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Melalui Jaringan WiFi

Untuk melakukan sharing data secara nirkabel dari laptop atau komputer satu ke yang lainnya mengharuskan kamu untuk saling terhubung dalam 1 jaringan WiFi yang sama. Nah, setelah itu kamu juga harus mematikan password protected sharing pada WiFi dan baru tentukan data atau folder yang ingin dibagikan.

Bingung? Yuk, langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu klik kanan pada ikon WiFi di komputer kemudian pilih Open Network & Internet settings. Setelah itu, silakan klik Properties pada jaringan WiFi yang akan digunakan sebagai media transfer data.
  2. Pada halaman selanjutnya, silakan pilih opsi Private pada Network Profile. Lalu geser ke bawah untuk melihat IP Address. Silakan kamu catat IP tersebut karena nanti akan digunakan untuk mengakses dari komputer lain.
  3. Setelah itu, silakan back ke halaman sebelumnya lalu klik Network and Sharing Center yang berada di kanan halaman. Setelah itu, silakan klik pada Change Advanced Sharing Settings  di menu sebelah kiri.
  4. Sesudah itu pilih Turn on network discovery, kemudian pilih juga opsi Turn on file and printer sharing.
  5. Klik tanda panah pada All Network kemudian scroll ke bawah dan pilih Turn off password protected sharing, lalu klik Save changes.
  6. Selanjutnya, silakan buka File Explorer dan carilah folder yang akan kamu share. Setelah itu, silakan klik kanan pada folder tersebut kemudian pilih Properties.
  7. Pada halaman selanjutnya, silakan pilih tab Sharing lalu klik opsi Share. Berikutnya, silakan klik tanda panah ke bawah pada kolom kemudian ubah opsinya ke Everyone, lalu setelahnya silakan klik Add.
  8. Klik tanda panah di sebelah Read, kemudian ubahlah Permission level menjadi Read/Write agar file bisa diakses oleh komputer lain. Selanjutnya, silakan klik Share, kemudian klik Done.
  9. Jika sudah, silakan kamu buka alamat IP address kita melalui Run dari komputer lain yang ingin mengakses data tersebut. Caranya dengan menekan tombol Windows + R lalu ketik IP dengan menambahkan tanda \\ didepannya. Contohnya \\192.168.110.104 setelah itu tinggal Enter.
  10. Setelah itu pada komputer 2 akan muncul semua folder yang sudah kamu share tadi. Disana kamu bisa copy, edit, atau lainnya.

Menggunakan Bluetooth

Selanjutnya jika kamu ingin sharing data tanpa kabel dari HP ke laptop/komputer dan dari komputer 1 ke komputer lain. Nah, Bluetooth sendiri merupakan teknologi komunikasi wireless untuk multimedia dengan jangkauan terbatas. Fungsi Bluetooth adalah untuk melakukan tukar menukar informasi diantara perangkat satu dengan peralatan lain.

Berikut cara memindahkan file dari HP ke laptop menggunakan Bluetooth:

  1. Pertama, silakan aktifkan bluetooth Bluetooth di HP kamu.
  2. Setelah itu buka komputer kamu dan bukalah search Windows kemudian ketik Bluetooth and other device settings lalu tekan Enter.
  3. Setelah itu akan muncul halaman baru, silakan kamu hidupkan Bluetooth di komputer kamu dan klik Add Bluetooth or other device.
  4. Pada halaman berikutnya, silakan pilih Bluetooth, lalu sambungkan Bluetooth HP kamu.
  5. Jika sudah, silakan kembali ke HP kamu, lalu buka File Manager. Disana silakan pilih file yang akan di-share ke komputer. Caranya tekan dan tahan beberapa saat sampai muncul pilihan Share via Bluetooth.
  6. Setelah itu akan muncul pilihan, pilih saja Bluetooth tujuan kamu.

Nah, dengan menggunakan bluetooth kamu bisa melakukan sharing dari HP ke HP, dari HP ke komputer, atau dari komputer ke komputer lain. Nah, jika ingin share dari komputer ke komputer lain atau ke HP menggunakan bluetooth, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

  1. Pertama silakan buka File Explorer dengan menekan tombol kombinasi Windows + E.
  2. Setelah itu, silakan cari file yang ingin di-share ke perangkat lain.
  3. Setelah ketemu, silakan klik kanan pada folder tersebut kemudian pilih Send to lalu klik Bluetooth device.
  4. Pada halaman berikutnya, silakan kamu pilih Bluetooth dari perangkat tujuan, dan silakan sambungkan.
  5. Done.

Melalui Nearby Sharing

Selanjutnya pada komputer Windows 10 terdapat fitur bernama Nearby Sharing yang fungsinya untuk share atau berbagi data dari komputer satu ke komputer lainnya secara nirkabel. Cara menggunakannya juga mudah, kurang lebih sistemnya sama seperti bluetooth.

Nah, untuk lebih detailnya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan aktifkan Nearby Sharing pada kedua komputer. Caranya adalah, buka Settings dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke menu System.
  3. Selanjutnya, silakan pilih tab Shared experiences kemudian aktifkan Nearby sharing dengan klik ikon On-Off. Selain itu, silakan kamu ubah pengaturan pada “I can share or receive content form” menjadi Everyone nearby.
  4. Dengan begitu Nearby Sharing sudah diaktifkan. Selanjutnya, silakan buka komputer yang akan digunakan untuk sharing data. Silakan buka file Explorer kemudian cari file yang akan dibagikan.
  5. Setelah ketemu, silakan pilih file tersebut kemudian klik kanan dan pilih Share.
  6. Kemudian pilih komputer atau laptop target.
  7. Selanjutnya, pada komputer penerima akan muncul pop up notifikasi. Silakan kamu pilih Save untuk menerima file yang dikirim tersebut.
  8. Selesai.

Gunakan Kabel Data

Cara selanjutnya untuk transfer data dari HP ke komputer atau dari komputer ke HP adalah dengan menggunakan kabel data. Kabel data sendiri merupakan perangkat keras yang menjadi sarana penghubung atau alat sinkronisasi komputer dan HP.

Kabel data juga menjadi alat transfer data yang lumayan cepat atau gesit untuk digunakan memindahkan atau membagikan file. Nah, untuk cara transfer data dari dari HP ke komputer atau dari komputer ke HP menggunakan kabel data kurang lebih seperti ini:

  1. Siapkan kabel data yang sudah support transfer file (bukan cuma buat charge saja).
  2. Selanjutnya, silakan sambungkan ke HP dan komputer kamu yang akan digunakan untuk transfer data.
  3. Tunggu sesaat hingga muncul notifikasi di HP kamu, kemudian pilih mode Transfer file.
  4. Setelah itu buka File Exploler di laptop kamu. Biasanya akan muncul drive baru yang sesuai dengan nama HP yang kamu gunakan.
  5. Klik drive tersebut, pilih penyimpanan internal atau eksternal. Setelah itu akan muncul file-file yang ada di HP kamu.
  6. Pilih file yang ingin di share ke komputer. Jika ingin memindahkan beberapa file, kamu bisa menekan tombol CTRL sambil klik mouse untuk memilih file.
  7. Jika sudah kamu tinggal memindahkannya ke penyimpanan di komputer kamu.
  8. Nah, bila ingin transfer data dari komputer ke HP menggunakan kabel data. Kamu hanya perlu memilih file dan tinggal copy/cut ke penyimpanan HP.
  9. Done.

Menggunakan Flashdisk

Flashdisk merupakan sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan melalui port USB. Flashdisk ini mampu menyimpan berbagai format data dan juga mempunyai kapasitas penyimpanan yang beragam. Nah, saat ini flashdisk memang banyak dipakai untuk menyimpan dan sharing data.

Nah, disini kamu juga bisa memanfaatkan flashdisk untuk berbagi data dari HP ke komputer dan sebaliknya atau dari komputer satu ke komputer lainnya. Untuk cara melakukannya kurang lebih seperti ini:

  1. Pertama, silakan siapkan USB Flashdisk sebagai media untuk transfer data.
  2. Setelah itu, silakan kamu hubungkan Flashdisk tersebut ke komputer atau HP kamu. Biasanya kalau di HP, kamu memerlukan USB OTG.
  3. Biasanya akan ada notifikasi bila flashdisk sudah terhubung. Jika sudah, silakan kamu buka File Manager atau File Explorer di komputer atau HP kamu.
  4. Nah, disana akan muncul drive penyimpanan baru yakni drive flashdisk yang terhubung tersebut.
  5. Silakan kamu salin data yang akan dibagikan kemudian paste-kan pada drive flashdisk tersebut.
  6. Nah, jika sudah silakan kamu lepaskan flashdisk kemudian hubungkan ke perangkat tujuan yang akan menerima file tersebut.
  7. Silakan kamu buka media penyimpanan di perangkat tujuan, kemudian copy/cut file di flashdisk lalu tempelkan ke penyimpanan perangkat tujuan.
  8. Selesai.

Menggunakan Card Reader

Card reader merupakan perangkat khusus yang berfungsi untuk membuat Micro SD Card bisa terbaca di laptop atau PC. Card reader sendiri ada yang bentuknya seperti SD Card namun ukurannya besar, dan ada juga yang berbentuk seperti flashdisk dan terdapat beberapa lubang guna untuk memasukkan kartu memori.

Lubang pada USB Card Reader tersebut biasanya beragam, ada yang kecil untuk Micro SD (kartu memori HP) ada juga yang besar untuk kartu memori laptop. Nah, kamu bisa memanfaatkan card reader ini untuk sharing data dari HP ke komputer, atau dari laptop ke PC lain.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan lepas kartu memori dari HP atau laptop kamu, kemudian masukkan ke dalam Card Reader.
  2. Pasang Card Reader tersebut ke komputer tujuan, lalu tunggulah beberapa saat sampai drive tersebut terbaca.
  3. Buka File Exploler pada komputer, kemudian masuk ke pastisi dari Card Reader tersebut. Biasanya bernama USB Drive E / F dan sebagainya.
  4. Setelah itu silakan kamu cari file yang diinginkan pada memori yang terpasang di Card Rader. Setelah itu, tinggal copy/cut file tersebut.
  5. Jika sudah silakan paste/tempel ke direktori penyimpanan di komputer kamu.

Memanfaatkan Software SHAREit

SHAREit merupakan salah satu aplikasi sharing data yang cukup populer di kalangan pengguna HP Android. Aplikasi ini bisa digunakan untuk transfer data dengan cara membuat jaringan Hotspot dan WiFi khusus yang akan terhubung ke perangkat pengirim dan penerima.

Disamping itu SHAREit juga hadir untuk pengguna komputer. Jadi disamping kamu bisa transfer data dari HP ke HP menggunakan SHAREit, kamu juga bisa melakukan transfer data dari PC ke HP atau dari HP ke PC. Nah, kalau untuk transfer dari HP ke HP agaknya kamu sudah tahu, kan.

Namun, untuk transfer dari HP ke PC kayaknya perlu kami jelaskan deh. Nah, cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Download dan instal terlebih daluhu aplikasi SHAREit di HP dan laptop kamu. Kamu bisa download SHAREit for PC disini.
  2. Buka SHAREit di HP dan laptop kamu. Pada SHAREit HP silakan kamu pilih opsi Kirim, dan pada SHAREit PC silakan pilih opsi Terima.
  3. Pilih file yang ingin kamu kirimkan dari HP ke PC kamu, jika sudah pilih opsi kirim.
  4. Setelah itu SHAREit di HP kamu akan mendeteksi sinyal dari SHAREit yang ada di laptop kamu.
  5. Pilih Connect PC kemudian pilih opsi Go.
  6. Buka barcode SHAREit PC dengan cara pilih opsi Click here to connect phone lalu klik Tampilkan Kode QR.
  7. Setelah itu silakan scann barcode tersebut untuk menggunakan SHAREit HP kamu untuk menghubungkan.
  8. Tunggu sampai koneksi berhasil, maka secara otomatis file akan ditransfer.

Melalui Aplikasi ShareMe

ShareMe merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk sharing data dari perangkat satu ke perangkat lainnya. ShareMe bekerja dengan menggunakan fitur WiFi direct yang memungkinkan untuk berbagi atau transfer data dengan perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Nah, terkait cara transfer data dari HP ke PC menggunakan ShareMe kurang lebih seperti ini:

  1. Buka aplikasi ShareMe di HP kamu, jika belum punya kamu bisa download di Play Store.
  2. Pada awal tampilan, silakan kamu scroll ke bawah dan pilih Berbagi ke PC.
  3. Setelah itu klik Mulai, untuk menyambungkan laptop dan HP ke jaringan yang sama. Biasanya pada ShareMe ada alamat yang harus di catat. Misalnya ftp://192.168.1.4:2121.
  4. Buka File Exploler di laptop kamu dan pada menu This PC silakan masukkan alamat yang tertera pada ShareMe tersebut.
  5. Jika sudah, silakan tekan Enter dan setelahnya akan muncul file-file dari HP kamu.
  6. Nah, selanjutnya silakan kamu lakukan hal yang diinginkan, baik itu copy/cut file tersebut ke komputer atau sebaliknya.

Memanfaatkan Google Drive

Nah, cara lain untuk bisa sharing data dari perangkat satu ke perangkat lainnya, baik itu smartphone atupun PC kamu bisa memanfaatkan Google Drive. Nah, program Google Drive ini memungkinkan penggunanya menyimpan data di server mereka yang nantinya bisa diakses atau saling berbagi berkas ke perangkat lain.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi atau website Google Drive di HP atau komputer kamu.
  2. Jika Google Drive sudah terbuka, silakan login terlebih dahulu menggunakan email.
  3. Kemudian, silakan kamu klik opsi Baru (tombol plus) pada halaman tersebut.
  4. Pilih dan upload file yang ingin kamu share dari HP atau komputer. Setelah itu silakan tunggu proses upload file tersebut selesai.
  5. Selanjutnya, silakan buka Google Drive dari HP atau komputer tujuan, kemudian Login dengan akun yang sama dengan yang digunakan untuk upload file.
  6. Pada menu Drive Saya akan muncul file yang tadi kamu upload dari perangkat sebelumnya.
  7. Selesai, kamu bisa mengakses file tadi di perangkat lain.

Akhir Kata

Nah, begitulah tadi pembahasan kita mengenai cara sharing data dari komputer / HP satu ke yang lainnya menggunakan metode kabel dan nirkabel (wireless). Semua metode sharing data yang kami ketahui telah kami jelaskan secara detail pada artikel ini, dan semuanya bisa kamu baca dan ikuti caranya pada ulasan di atas.

Silakan kamu pilih metode sharing data dari perangkat satu ke perangkat lainnya baik itu HP atau komputer yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.