Lompat ke konten

Cara Mengubah Urutan Halaman di Word Agar Terlihat Rapi

Saat melakukan pengecekan ulang setelah membuat dokumen di Microsoft Office Word, tidak jarang ditemukan halaman yang urutannya ternyata kurang sesuai. Dimana hal ini bisa membuat dokumen jadi kurang enak dibaca.

Untuk membuatnya terlihat semakin rapi, enak dibaca, dan urutannya tepat, kamu harus mengubah urutan halaman yang tidak sesuai tersebut. Berikut telah kami siapkan cara mengubah urutan halaman di Word.

Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah posisi halaman, yaitu dengan menggunakan cut & paste, atau memanfaatkan fitur Navigation Pane jika kamu mengatur heading dalam dokumen Word yang kamu buat.

Cara Mengubah Urutan Halaman Word dengan Cut & Paste

Cara paling klasik untuk mengubah urutan halaman yang banyak digunakan oleh para pengguna Microsoft Office Word yaitu dengan cara Cut & Paste. Meski terdengar sangat manual, tapi cara ini benar-benar worth it.

  1. Buka dokumen Word yang ingin kamu ubah urutan halamannya.
  2. Tempatkan kursor di halaman yang ingin kamu pindahkan.
  3. Blok semua tulisan di halaman tersebut dengan cara klik lalu tarik mouse ke semua tulisan atau menggunakan tombol Shift + Panah.
  4. Klik kanan pada bagian halaman yang sudah di blok, lalu pilih opsi Cut. Bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + X.
    Cut Halaman Word
  5. Arahkan ke halaman tujuan atau buat halaman baru, klik kanan halaman tersebut lalu pilih Paste atau tekan Ctrl + V.

Dengan melakukan langkah-langkah singkat di atas, kini urutan halaman yang kamu inginkan sudah berubah. Ulangi langkah-langkah di atas untuk halaman lain yang juga ingin kamu ubah.

Cara Mengubah Urutan Halaman dengan Memanfaatkan Heading

Selain secara manual, kamu juga bisa mengubah urutan halaman dengan memanfaatkan heading yang sudah kamu buat di dokumen tersebut. Ingat, cara ini hanya berlaku jika kamu sudah menerapkan Heading!

  1. Buka dokumen Word kamu dan pastikan kamu sudah membuat heading.
  2. Buka tab View dan centang opsi Navigation Pane.
    Aktifkan Navigation Pane Word
  3. Pilih tab Headings pada jendela Navigation.
  4. Klik dan tahan lalu seret heading yang ingin kamu pindah ke posisi yang diinginkan.
    Mengubah urutan heading di Word

Setelah kamu mengubah urutan halaman dengan Navigation Pane, pastikan kamu mengecek kembali urutan halamannya secara manual, karena biasanya baris halaman dan format lain akan sedikit berubah. Jadi silahkan sesuaikan kembali agar terlihat rapi.

Kedua cara mengubah urutan halaman di Word tersebut, berlaku di semua versi Microsoft Office Word, seperti Word 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, dan Office 365. Tapi untuk versi 2007 dan 2003 fitur Navigation Pane bernama Document Map.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.