Cara Menghapus Tag Instagram di Postingan Foto atau Video

Sebagai salah satu media sosial terbaik, Instagram tentu memiliki berbagai fitur yang sangat berguna, salah satunya yaitu fitur tag. Fitur tag berguna untuk menandai pengguna Instagram lain di dalam sebuah postingan foto atau video.

Dengan fitur tag tersebut, kamu bisa menandai orang lain dalam post foto atau video kamu di Instagram, begitu juga untuk sebaliknya. Namun terdapat beberapa kasus tag atau menandai yang mana mungkin akan membuat kamu tidak nyaman.

Jika kamu mengalami hal tersebut dan kamu merasa terganggu, kamu bisa memilih untuk menghapus tag di postingan yang menandai kamu tanpa izin. Untuk itu, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Cara Menghapus Tag di Instagram

Terdapat 3 cara berbeda untuk menghapus tag atau tanda di postingan Instagram, yaitu menghapus tag secara sementara, menghapus tag secara permanen, dan menghapus semua atau beberapa tag sekaligus.

Hapus Tag Sementara

Jika kamu hanya ingin menghapus tag secara sementara agar nantinya kamu bisa memunculkan kembali tag tersebut, kamu bisa memilih untuk menghapusnya secara sementara atau menyembunyikannya dari profil kamu.

  1. Jalankan aplikasi Instagram lalu buka profil Instagram kamu.
  2. Buka menu Tag dengan ikon orang.
  3. Pilih salah satu postingan yang akan kamu hapus tandanya.
  4. Tap titik tiga pada postingan tersebut lalu pilih Tandai Opsi.
  5. Lalu pilih Sembunyikan dari Profil Saya.

Karena penghapusan tag tersebut hanya bersifat sementara atau dengan kata lain hanya menyembunyikannya saja dari profil Instagram kamu, maka suatu saat kamu bisa menampilkan kembali postingan tersebut di profil Instagram kamu.

Hapus Tag Permanen

Jika kamu lebih memilih untuk menghapus tag Instagram secara permanen dari profil kamu dan postingan tersebut, maka kamu bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka profil Instagram kamu.
  2. Pilih jendela Tag atau Tandai.
  3. Pilih salah satu foto atau video yang akan kamu hapus tag atau tandanya.
  4. Klik titik tiga pada postingan tersebut, lalu pilih Tandai Opsi.
  5. Selanjutnya pilih opsi Hapus Saya dari Postingan.

Setelah kamu menghapus tag secara permanen dengan langkah-langkah di atas, kini tag akun kamu pada postingan tersebut telah dihapus, selain itu postingan yang menandai kamu tersebut juga akan hilang dari profil kamu.

Hapus Semua Tag

Jika kamu ingin menghapus tag postingan profil kamu dengan jumlah yang banyak sekaligus, maka kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah, daripada harus menghapusnya satu demi satu menggunakan cara di atas.

Pasalnya, Instagram juga telah menghadirkan fitur khusus untuk menghapus beberapa atau semua tag sekaligus. Untuk melakukannya, silahkan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Jalankan aplikasi Instagram lalu buka halaman profil IG kamu.
  2. Tap tiga garis di pojok kanan atas, lalu pilih opsi Pengaturan.
  3. Pada jendela pengaturan, pilih opsi Privasi, lalu pilih Postingan.
  4. Pilih Setujui Tanda Secara Otomatis di bagian Postingan yang Ditandai.
  5. Untuk menghapus beberapa tag sekaligus, klik Edit, lalu pilih beberapa postingan.
  6. Jika sudah, pilih Hapus untuk menghapus semua tag secara permanen atau pilih Sembunyikan untuk menyembunyikannya dari profil IG kamu.

Cara Mengembalikan Tag Instagram

Jika kamu ingin mengembalikan tag yang telah kamu hapus sebelumnya, jangan khawatir. Kamu bisa mengembalikan tag tersebut dan memunculkan kembali postingan yang menandai kamu di profil Instagram milik kamu.

Namun tentu saja fitur ini hanya bisa kamu gunakan jika sebelumnya kamu menghapus tag postingan tersebut secara sementara. Untuk mengembalikannya, silahkan lakukan cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Instagram lalu cari postingan yang menandai kamu.
  2. Klik titik tiga pada postingan tersebut lalu pilih Tandai Opsi.
  3. Terakhir, pilih Tampilkan di Profil.

Mengatur Siapa Saja yang Bisa Menandai

Instagram juga menyediakan pengaturan untuk mengatur siapa saja yang bisa menandai kamu dalam postingan Instagram baik foto atau video. Untuk mengaturnya, silahkan lakukan cara di bawah ini.

  1. Jalankan aplikasi Instagram, lalu buka profil Instagram kamu.
  2. Tekan garis tiga di pojok kanan atas, lalu buka Pengaturan.
  3. Buka pengaturan Privasi lalu pilih opsi Mentions.
  4. Pada bagian Izinkan @Sebutan Dari, pilih salah satu opsi sesuai dengan keinginan kamu.

Keterangan: Jika kamu memilih opsi Semua Orang, maka semua pengguna Instagram bisa menandai kamu dalam postingan foto atau video. Jika kamu memilih Orang yang Anda Ikuti maka hanya orang yang kamu follow yang bisa menandai kamu, jika kamu memilih Tidak Seorang Pun, maka tidak ada yang bisa menandai kamu.

Baca Juga Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram

Sekian artikel mengenai cara menghapus tag Instagram, silahkan gunakan salah satu cara yang paling sesuai. Baik menghapusnya sementara, menghapusnya secara permanen, atau menghapus beberapa post sekaligus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *