Cara Mengatur Margin di Microsoft Word (Sesuai Keinginan)

  • by

Ketika membuka lembar kerja Microsoft Word, kamu akan diberikan pengaturan margin default yakni 2,54cm pada semua sisi. Hal ini tidak menjadi masalah ketika dokumen yang kamu buat tidak memiliki standar sendiri, khususnya terkait margin.

Lain halnya ketika tugas yang kamu buat memiliki aturan pokok dalam pembuatannya, misal margin top 3cm, right 3cm, bottom 3cm, dan left 4cm. Maka, kamu harus mengikuti standar yang sudah diberikan dengan mengatur margin sesuai ketentuan.

Cara mengatur margin di Word sebenarnya tidaklah sulit, hampir mirip dengan cara mengubah ukuran kertas yang sudah dibahas sebelumnya. Perbedaan mencolok dari kedua cara ini hanya terletak pada tab Page Setup saja.

Cara Mengatur Margin di Microsoft Word

Untuk mengubah margin di Microsoft Word, kamu bisa menggunakan 2 cara yakni dialog box Page Setup dan ribbon Margins (Custom Margins). Sebenarnya, arah dari kedua cara tersebut sama saja, yaitu membuka Page Setup.

Melalui Custom Margins

Pada ribbon Margins, kamu akan melihat list margins yang tersedia seperti normal, narrow, moderate, wide, dan mirrored. Namun, kamu tidak membutuhkan itu semua kalau kamu sudah memiliki ukuran margin sendiri.

Berikut cara mengubah margin yang pertama:

  1. Buka tab Page Layout atau Layout.
  2. Klik pada ribbon Margins > pilih Customs Margins pada bagian paling bawah untuk membuka pengaturan margin.
  3. Setelah terbuka, kamu bisa langsung mengubahnya sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, kami ingin mengatur margin Word dengan ketentuan op 3cm, right 3cm, bottom 3cm, dan left 4cm.
  4. Jika sudah, kamu bisa menyimpan pengaturan margin dengan klik OK.
  5. Selesai.

Nah, cara di atas adalah mengatur margin di Word menggunakan ribbon Margins yang terletak pada tab Page Setup. Cara ini tergolong cara yang umum dan cepat, namun ada yang lebih efektif lagi ketimbang cara ini.

Melalui Page Setup

Cara kedua untuk mengubah margin di Microsoft adalah menggunakan dialog box Page Setup. Cara ini sedikit lebih cepat daripada cara sebelumnya karena tidak perlu membuka drop-down Margins, melainkan langsung membuka Page Setup.

Berikut cara mengatur margin di Word yang kedua:

  1. Pertama, buka tab Page Layout atau Layout.
  2. Setelah itu, klik doalog box Page Setup untuk membuka pengaturan margin di Word.
  3. Setelah pengaturan margin terbuka, silahkan atur margin sesuai keinginan kamu. Di bawah ini adalah contoh pengaturan margin dengan ketentuan ketentuan margin top 3cm, right 3cm, bottom 3cm, dan left 4cm.
  4. Terakhir, klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  5. Selesai.

Bagaimana, cara di atas memang sedikit lebih cepat bukan daripada cara sebelumnya? Tapi kembali lagi ke pribadi masing-masing, apakah cocok dengan cara yang kedua ini atau lebih cocok dengan cara pertama.

Cara Mengatur Margin Default di Word

Jika kamu sedang mengerjakan tugas seperti skripsi ataupun tugas lain yang memiliki standar margin sendiri, menjadikan margin tersebut menjadi default adalah pilihan yang sangat tepat karena akan menghemat sedikit waktu.

Ketika kamu memutuskan untuk mengatur margin default di Microsoft Word, maka setiap kamu membuka lembar kerja baru, margin yang diterapkan sudah sesuai dengan apa yang kamu setup sebelumnya. Bagaimana, tertarik?

Untuk mengatur margin default di Microsoft Word, kamu tinggal klik Set As Default pada jendela Page Setup. Nanti, kamu akan melihat jendela “Do you want to change the default settings for page setup?” Silahkan pilih Yes lalu klik OK untuk menyimpan.

Demikianlah artikel mengenai cara mengatur margin di Microsoft Word semua versi, mulai Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 ataupun versi lainnya. Pada intinya, cara di versi Word satu dengan lainnya tetaplah sama, jikapun ada perbedaan cuma sedikit saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *