Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Mengetik di Laptop Windows

  • oleh

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan. Word banyak digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan seputar pengolahan kata, misalnya digunakan untuk membuat surat-menyurat, laporan, jurnal penelitian, Skripsi, dan lain sebagainya.

Mengetik menggunakan Word memang mudah dilakukan. Tidak heran jika biasanya yang paling awal dipelajari kebanyakan orang adalah Word dibanding dengan aplikasi lain yang tergabung dalam keluarga Microsoft Office.

Bagi orang awam sekalipun belajar Word tidaklah sulit, dibandingkan dengan belajar Excel ataupun PowerPoint. Meskipun software ini mudah digunakan, ternyata ada beberapa masalah yang sering muncul, salah satunya Word tidak bisa digunakan untuk mengetik.

Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Mengetik

Apakah kamu sedang membuka aplikasi Word, tapi malah Wordnya tidak bisa digunakan untuk mengetik? Permasalahan ini memang kerap terjadi. Tapi tenang, cara mengatasinya mudah kok.

Berikut kami berikan beberapa cara untuk mengatasi Word tidak bisa mengetik yang bisa kamu coba.

Restart Laptop atau Komputer

Hal pertama yang harus kamu coba untuk mengatasi Word tidak bisa mengetik adalah dengan merestart laptop atau komputer kamu. Ada kemungkinan dokumen yang kamu buka mengalami corrupt.

Selain itu, bisa juga karena laptop atau komputer kamu sedang menjalankan banyak aplikasi sekaligus, sehingga membuat laptop atau komputer kamu lemot, dan tidak bisa menjalankan program dengan baik.

Coba restart laptop atau komputer kamu, berikut caranya:

  1. Klik ikon Windows di pojok kiri bawah.
  2. Setelah itu pilih menu Power.
  3. Kemudian klik opsi Restart.
  4. Tunggu sampai proses restarting selesai.
  5. Coba buka kembali Word, dan silahkan coba untuk mengetik.
  6. Selesai.

Keluar dari Mode Baca

Ini yang kerap terjadi, bukan masalah Word tidak bida digunakan untuk mengetik. Tapi, ternyata kamu sedang berada dalam mode baca. Ya, wajar kalau kamu tidak bisa mengetik dan mengedit dokumen kamu.

Solusinya adalah kita keluar dari mode baca dan pindah ke mode edit dokumen. Berikut cara melakukannya:

  1. Cari opsi view pada Word yang kamu gunakan.
  2. Klik opsi tersebut.
  3. Setelah itu akan muncul tab, silahkan kamu pilih Edit Document.
  4. Selesai, kamu bisa mengetik lagi di Word.

Periksa Keyboard

Jika tidak bisa mengetik ada kemungkinan keyboard kamu rusak. Coba periksa keyboard yang kamu gunakan, dan pastikan keyboard dalam kondisi baik. Namun, jika kamu menggunakan keyboard eksternal, pastikan juga konektor berjalan lancar.

Untuk memastikan apakah keyboard masih berfungsi atau tidak, kamu bisa menggunakan keyboard virtual di laptop. Jika kamu bisa mengetik dengan keyboard virtual, berarti memang ada masalah dengan keyboard laptop kamu.

Silahkan baca: Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

Oh ya, ada kemungkinan lain yang sangat berkaitan dengan keyboard, yakni keyboard di laptop dan komputer terkunci. Hal ini bisa saja terjadi kalau kamu memang sengaja mengunci keyboard tersebut.

Matikan Document Protection

Alasan lain yang mungkin terjadi adalah file dalam mode proteksi. File Word yang diproteksi membuat file tersebut tidak bisa dilakukan pengeditan ataupun pengetikan. Untuk mengatasinya kamu hanya perlu meng-unlock file tersebut.

Cara mematikan document protection:

  1. Pertama, buka file word yang masih terkunci.
  2. Pilih menu File yang ada di bagian toolbar.
  3. Pilih opsi Info, kemudian klik Protection Document.
  4. Periksa opsi Mark as FinalRestrict Access dan Editing Restrict seperti gambar di bawah.
  5. Jika opsi tersebut dalam keadaan aktif, silahkan kamu nonaktifkan agar kamu bisa melakukan editing pada file Word tadi.
  6. Setelah itu klik opsi Mark as Final, dan klik OK.
  7. Buka file Word yang sudah kamu ubah barusan, dan klik opsi Edit Anyway.
  8. Selesai, sekarang Word sudah bida digunakan untuk mengetik.

Periksa Num Lock Key

Terkadang masalah tidak bisa mengetik di Word tidak hanya terjadi pada huruf saja. Kamu juga mengalami masalah ini ketika mengetik angka. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengecek Num Lock yang ada di keyboard.

Num Lock yang terkunci akan menyebabkan kamu tidak bisa menginput angka. Num Lock terkadang terkunci karena kamu tidak sengaja menekan tombolnya. Lalu, untuk mengaktifkannya kembali kamu hanya perlu menekan kembali tombol Num Lock.

Masuk ke Enable Editing

Terkadang masalah enable editing juga dialami sebagian orang dan menyebabkan Word tidak bisa digunakan untuk mengetik. Cara mengatasinya sangat mudah, kamu hanya perlu mengklik notifikasi enable editing yang muncul saat kamu membuka dokumen.

Setelah kamu melakukan cara tersebut, secara otomatis Word akan membuat dokumen bisa diedit. Kamu bisa mengubah, mengedit, dan mengetik di dalam dokumen tersebut normal seperti biasanya.

Tidak Ada Lembar Kerja

Hal konyol ini jangan sampai terjadi. Jangan sampai kamu hanya membuka Word-nya saja tetapi kamu tidak membuat atau membuka lembar kerja yang ingin kamu gunakan. Tanpa adanya lembar kerja, percuma kamu mengetik di keyboard karena teks tidak akan muncul.

Jadi, ketika kamu membuka aplikasi Word pastikan kalian membuat lembar kerja baru, atau membuka lembar kerja yang sudah ada. Kasus ini biasanya terjadi pada orang yang baru saja menggunakan perangkat komputer, dan mencoba membuka Word.

Gunakan Google Docs

Cara terakhir ini bisa menjadi jalan keluar ketika kamu sudah mencoba cara-cara di atas dan masih saja kamu tidak bisa mengetik di Word. Cobalah mengguakan Google Docs untuk menggantikan Word kamu yang error.

Google Docs cenderung sudah support untuk membuka semua format file Word. Google Docs berbasis online, jadi kamu memerlukan jaringan internet untuk mengaksesnya. Selain itu, aplikasi ini cederung lebih mudah dan efisien.

Fungsi dan fitur Google Docs juga hampir sama dengan Word dan kamu juga bisa menyimpan file ke dalam format .docx sehingga kamu bisa membuka dan mengedit melalui Word. Dengan syarat Word kamu sudah normal kembali.

Berikut cara menggunakan Google Docs:

  1. Login menggunakan akun Google kamu.
  2. Setelah itu, langsung buka Google Docs.
  3. Buka dokumen baru dengan klik lembar kerja kosong.
  4. Atau kamu bisa juga membuka file yang ingin kamu edit dengan cara Buka Pemilih File, kemudian upload file yang kamu inginkan.
  5. Selesai, sekarang kamu sudah bisa mengetik lagi.

Itulah beberapa tips yang kami berikan untuk menjawab permasalahan cara mengatasi Word tidak bisa mengetik. Silahkan coba selesaikan masalah tersebut menggunakan cara-cara yang sudah kami tuliskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *