Lompat ke konten

Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Dibuka (Semua Versi Word)

  • oleh

Microsoft Office Word merupakan aplikasi pengolah kata paling favorit dan banyak digunakan sejak dulu. Meski saat ini sudah tersedia berbagai macam program seperti Google Docs, tapi Microsoft Word masih menjadi salah satu pilihan untuk digunakan.

Namun sayang, terkadang satu masalah muncul pada aplikasi Microsoft Word, yaitu aplikasi tiba-tiba tidak bisa dibuka. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa sebab, salah satunya adalah aplikasi belum diaktivasi dan juga service Microsoft Office belum diaktifkan.

Untuk itu, melakukan aktivasi Microsoft Office bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah Microsoft Word tidak bisa dibuka. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa kamu gunakan. Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Penyebab Microsoft Word Tidak Bisa Dibuka

Terdapat beberapa penyebab yang biasa ditemukan pada kasus aplikasi Microsoft Word tidak bisa dibuka atau dijalankan. Beberapa penyebab di bawah ini sangat sering ditemukan di semua versi Microsoft Word.

  • Aplikasi Microsoft Office belum diaktivasi
  • Instalasi Microsoft Office yang tidak sempurna
  • Microsoft Word mengalami Corrupt
  • Adanya masalah pada sistem operasi Windows
  • Aplikasi Microsoft Office terkena virus
  • Adanya program service yang tidak berjalan

Mengatasi Word Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui berbagai macam penyebab dari aplikasi Microsoft Word tidak bisa dibuka. Berikut telah kami siapkan beberapa cara untuk mengatasi Microsoft Office Word tidak dapat dibuka sama sekali.

Pastikan Microsoft Office Sudah Diaktivasi

Kasus yang paling sering ditemukan pada aplikasi Microsoft Office Word yang tidak bisa dibuka adalah aplikasi tersebut belum diaktivasi. Jadi, jangan lupa untuk melakukan aktivasi Microsoft Office terlebih dahulu sebelum digunakan.

Bagi kamu yang merasa Microsoft Office yang terpasang belum diaktivasi, ada baiknya agar segera melakukan proses aktivasi dengan membeli lisensi melalui situs resmi, baik itu lewat Microsoft atau melalui Marketplace.

Hindari Lisensi Bajakan

Ya! Melakukan aktivasi merupakan salah satu cara untuk mengatasi Microsoft Word tidak bisa dibuka. Namun, kamu juga harus memperhatikan dari mana lisensi yang akan digunakan untuk melakukan aktivasi Microsoft Office.

Hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari lisensi yang tidak resmi atau bajakan yang bisa membuat antivirus di perangkat kamu memblokir lisensi bajakan tersebut. Sehingga menjadi penyebab Microsoft Word tidak bisa dibuka.

Aktifkan Semua Service Microsoft Office

Jika kamu sudah berhasil melakukan aktivasi, maka cara untuk mengatasi Microsoft Word yang tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan mengaktifkan semua service dari Microsoft Office.

Bagi kamu yang mengerti cara kerja semua service Windows, pasti akan mudah memilih mana service yang digunakan. Namun, bagi kamu yang tidak mengerti mengenai sistem service Windows, kamu bisa mengaktifkan semua service Microsoft Office dengan langkah berikut:

  1. Pilih Run pada Start menu atau tekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  2. Ketikkan msconfig, kemudian tekan Enter.
    msconfig
  3. Pilih tab Service.
  4. Aktifkan semua services dari Microsoft Office atau Microsoft Corporation, atau bisa juga dengan klik tombol Enable All, lalu Klik OK.
    Aktifkan Services

Repair Microsoft Office

Apabila semua service sudah diaktifkan namun Microsoft Word masih tidak bisa dibuka, solusi lain yang dapat kamu lakukan adalah melakukan repair Microsoft Office. Ada dua cara yang bisa kamu pilih, yaitu repair secara online atau offline. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi Control Panel pada perangkat yang kamu gunakan.
  2. Pilih Uninstall a program di kategori Programs.
    Uninstall a Program
  3. Klik kanan pada aplikasi Microsoft Office, kemudian pilih Change.
    Repair Microsoft Office
  4. Pilih Quick Repair untuk melakukan repair secara Offline. atau Online Repair untuk melakukan repair secara Online agar lebih maksimal.
    Repair Office

Lakukan Update Windows

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi Microsoft Word yang tidak dapat berjalan adalah dengan melakukan Update Windows, ini bertujuan untuk memperbaiki bug sistem Windows yang bisa mengakibatkan Office Word tidak dapat dibuka.

  1. Buka Settings Windows.
  2. Pilih opsi Update & Security.
  3. Klik pilihan Windows Update.
  4. Pilih Check for update untuk mengetahui apakah ada versi update terbaru.
  5. Lakukan proses Update ika ada versi update terbaru.
  6. Restart PC atau Laptop.

Install Ulang Microsoft Office

Setelah semua cara di atas dilakukan, namun Microsoft Word masih saja tidak bisa dibuka, cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan install ulang aplikasi Microsoft Office. Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download atau siapkan aplikasi installer Microsoft Office versi terbaru.
  2. Klik Start Menu, kemudian pilih Settings.
  3. Pilih opsi Apps.
  4. Klik Apps & Features.
  5. Pilih aplikasi Microsoft Office, kemudian Uninstall.
    Uninstall Microsoft Office

Setelah aplikasi Microsoft Office berhasil diuninstall, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses instalasi Microsoft Office baru. Namun, kami sarankan agar kamu menghapus file cache terlebih dahulu dan lakukan restart perangkat.

Semua cara mengatasi Word tidak bisa dibuka di atas, berlaku untuk semua versi Microsoft Office, mulai dari Office 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, hingga Office 365. Jika masih ada kendala, jangan sungkan untuk tanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.