Cara Mengatasi Wireless Capability is Turned Off di Laptop

  • oleh

Wireless Capability is Turned Off merupakan sebuah permasalahan yang kerap dialami para pengguna laptop dan komputer. Pesan ini biasanya muncul ketika perangkat tidak bisa mendeteksi adanya koneksi atau karena tidak terkoneksinya internet dengan WiFi.

Ketika kamu mendapati pesan ini tentu akan sangat kesal karena jika komponen penangkap koneksi WiFi tersebut nonaktif tentu akan berakibat pada tidak adanya internet yang keluar ataupun masuk, sehingga kamu tidak dapat lagi berselancar di internet.

Karena hal itulah kamu tentu membutuhkan solusi untuk mengatasi masalah Wireless Capability is Turned Off agar kamu bisa segera menggunakan koneksi internet dengan normal seperti biasanya. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai karena kami akan memberikan cara-cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab Wireless Capability is Turned Off

Penyebab Wireless Capability is Turned Off ini ada beberapa hal yang memungkinkan, tetapi pada dasarnya masalah ini kebanyakan disebabkan oleh driver WiFi yang tidak berjalan normal atau rusak. Hal ini tentu akan membuat perangkat kamu tidak bisa terkoneksi dengan jaringan WiFi.

Tetapi ada beberapa hal yang mungkin saja terjadi, diantaranya:

  • Terjadi kesalahan pengaturan BIOS
  • Error pada tombol
  • Driver rusak atau kadaluwarsa
  • Dan lain-lain.

Intinya sih kebanyakan masih berhubungan dengan sistem.

Cara Mengatasi Wireless Capability is Turned Off

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah Wireless Capability is Turned Off, silakan coba beberapa solusi yang kami tuliskan di bawah ini untuk mengatasinya. Karena tidak semua kasus ini disebabkan oleh satu hal saja, maka pastikan kamu mencoba semua solusi yang kami berikan di bawah ya.

Pastikan Opsi Nirkabel Diaktifkan

Walau ada perangkat baik itu laptop atau komputer yang WiFi nya bisa terus hidup, tapi ada juga yang perlu kita nyalakan dulu secara manual. Hal pertama yang bisa kamu coba adalah dengan membuka pengaturan kemudian carilah opsi WiFi disana, dan pastikan sudah ON ya.

Kemudian untuk pengguna laptop bisa juga dengan memakai tombol WiFi di keyboard, dan pada beberapa laptop terkadang ada lampu indikasi di sebelah tombol WiFi tersebut yang mengindikasikan bahwa WiFi sudah dinyalakan.

Coba Aktifkan WiFi Saat di Menu Login

Sebelum laptop atau komputer diaktifkan, pasti akan muncul halaman awal bernama Login Screen. Halaman awal tersebut memiliki fungsi sebagai UI (User Interface) ketika program pada laptop dan komputer sedang dimuat. Selain itu ada juga beberapa fitur lain seperti Password.

Kemudian pada versi Windows 8 dan 10, Login Screen tersebut sudah terdapat menu untuk menyambungkan koneksi WiFi. Jadi kamu bisa mencoba mengaktifkan WiFi melalui menu tersebut, dan siapa tau dengan hal sepele ini pesan Wireless Capability is Turned Off bisa teratasi.

Periksa Power Management Settings

Jika kamu sudah memastikan WiFi sudah aktif tapi masalah ini belum juga teratasi, maka kamu perlu mencoba memeriksa power management settings di laptop atau komputer kamu. Hal ini bertujuan untuk memastikan Wireless Network Adapter sudah pada pengaturan yang semestinya.

Untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Kemudian pada bagian Open silakan kamu ketik devmgmt.msc lalu Enter.
  3. Jika sudah, maka kamu akan dibawa ke halaman Device Manager, dan pada bagian ini silakan kamu klik Network Adapters.
  4. Selanjutnya silakan pilih Wireless Network Adapter yang terinstall di perangkat kamu, lalu klik dua kali dan kamu akan mendapati jendela baru yang muncul.
  5. Setelah itu, silakan kamu pilih tab Power Management.
  6. Kemudian hilangkan centang pada opsi Allow the computer to turn off this device to save power.
  7. Kalau sudah, klik OK lalu restart komputer atau laptop kamu.

Lakukan Power Cycling

Power Cycling merupakan langkah-langkah menghilangkan arus listrik laptop dan hal ini dilakukan dengan tujuan membuat arus listrik mengalir pada komponen laptop direset. Nah, akibat dari komponen direset adalah hilangnya pengaturan termasuk konfigurasi WiFi direset dan diperbaiki.

Cara ini cukup efektif khusus pada perangkat laptop yang mengalami masalah Wireless Capability is Turned off, dan tidak bisa dilakukan pada komputer atau PC.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, matikan laptop (shut down) terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya lepas semua perangkat eksternal yang terhubung ke laptop.
  3. Lepas juga charger laptop apabila terhubung.
  4. Jika sudah, silakan kamu lepas baterai laptop kamu dan biarkan laptop selama 5 menit agar arus listrik di kapasitor hilang.
  5. Setelah itu pasang kembali baterai laptopnya dan nyalakan kembali laptop kamu.
  6. Setelah nyala, silakan cek WiFi nya apakah sudah normal atau belum.

Coba Pakai Mobility Center

Mobility Center menyimpan sebagian besar pengaturan penting Windows, dan disana kamu juga bisa menemukan pengaturan WiFi. Ketik kamu sedang mengalami masalah Wireless Capability bisa mencoba mengaktifkan WiFi pada pengaturan Windows Mobility Center.

Cara ini cukup efektif dan mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Nah, berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama silakan buka menu pencarian Windows, kemudian ketik Windows Mobility Center.
  2. Setelah hasil pencariannya muncul silakan buka dengan klik opsi open atau dengan klik dua kali.
  3. Jika sudah, silakan periksa pengaturan Wireless dan klik tombol Turn Wireless On untuk mengaktifkannya.
  4. Tunggu sampai WiFi nya hidup, dan kemungkinan besar pesan error Wireless Capability akan hilang.
  5. Selesai.

Reinstall Driver WiFi

Driver WiFi yang sudah diinstall mungkin perlu diganti jika terdapat masalah Wireless Capability is Turned Off. Driver WiFi tersebut bisa kamu temukan di Device Manager, dan disana kamu bisa menghapus semua driver yang terinstall dan nanti setelah direstart maka komputer akan menginstalnya secara otomatis.

Berikut caranya:

  1. Pertama silakan kamu buka menu pencarian Windows lalu ketikkan Device Manager.
  2. Setelah hasilnya muncul silakan buka program tersebut.
  3. Kemudian jika sudah maka kamu akan masuk ke halaman utama Device Manager, nah disana silakan kamu pilih Network Adapter.
  4. Selanjutnya kamu akan menemukan driver WiFi yang terinstal, silakan klik kanan dan pilih Uninstall pada driver-driver yang ada didalamnya.
  5. Setelah selesai, silakan restart laptop atau komputer kamu lalu coba cek WiFi nya kembali.
  6. Biasanya cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah Wireless Capability is Turned Off yang diakibatkan oleh driver rusak.

Cek Adapter WiFi

Pada dasarnya setiap adapter untuk bisa connect ke internet tentu akan terdeteksi di sebuah program bernama Control Panel. Nah, tidak jarang juga pada adapter tersebut statusnya ternyata disable dan ini kadang terjadi tanpa disengaja dan tanpa pengetahuan kita.

Jadi, silakan kamu periksa adapter tersebut untuk memastikannya tidak dalam kondisi disable. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka search Windows lalu ketikkan Control Panel dan tekan Enter.
  2. Jika sudah maka Control Panel akan terbuka, silakan kamu masuk ke bagian Network And Internet.
  3. Kemudian buka Network And Sharing Center lalu pilih Change Adapter Settings.
  4. Selanjutnya pilih adapter WiFi yang ada didalamnya, kemudian klik Enable This Network Device.
  5. Jika sudah, silakan periksa kembali WiFi nya apakah sudah normal atau belum.

Cek Pengaturan WiFi Services

Hal terakhir yang bisa kamu coba ada memastikan pengaturan WiFi service sesuai dan dalam keadaan berjalan. Hal ini berbeda dengan driver WiFi karena WiFi service sendiri memiliki fungsi menjalankan service koneksi WiFi pada sistem Windows.

Jadi, tidak ada salahnya kamu memastikan ini sudah dalam keadaan berjalan. Berikut caranya:

  1. Silakan kamu buka kolom pencarian Windows lalu ketikkan Services.
  2. Kemudian buka hasil pencarian tersebut.
  3. Setelah terbuka, silakan cari WLAN AutoConfig.
  4. Setelah ketemu, silakan klik kanan pada daftar service tersebut dan pilih Properties.
  5. Selanjutnya pada tab General, silakan kamu ubah pengaturan Startup type ke Automatic lalu pastikan juga Service Status  dalam keadaan running.
  6. Karena jika Service Status dalam keadaan running maka service WiFi berjalan dan sudah aktif. Dan bila Service Status dalam keadaan stopped maka service WiFi belum aktif dan kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.
  7. Selesai.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Akhir Kata

Nah, begitulah tadi pembahasan kita mengenai cara mengatasi Wireless Capability is Turned Off di Komputer ataupun laptop yang bisa menjadi acuan kamu ketika ingin memperbaiki masalah tersebut. Dari semua cara diatas silakan kamu coba satu per satu agar bisa berhasil.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu mangatasi masalah Wireless Capability yang sedang kamu alami. Sekian dari kami dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *