Lompat ke konten

Cara Mengatasi Windows Script Host Disabled (100% Work)

Windows Script Host (WSH) ialah salah satu fitur bawaan Microsoft yang berguna untuk menjalankan script pada komputer atau laptop. Contoh script yang dijalankan antara lain, java script, file batch, VB script dan lain sebagainya. Jika WSH tersebut aktif, maka administrator sistem akan otomatis menjalankan script proses pada sistem Windows.

Namun, jika Windows Script Host ini mati (disable), biasanya laptop atau komputer akan memunculkan pesan error “script host run.vbs” atau “error script host access is disabled on this machine”. Hal yang mengakibatkan WSH mati salah satunya adalah antivirus Smadav yang secara otomatis mematikan Windows Script Host.

Smadav mematikan WSH karena tidak ingin aplikasi di Windows menjalankan script otomatis yang kemungkinan mengganggu penggunaan. Di sisi lain, hal tersebut justru bentrok dengan kebutuhan pengguna yang akan menjalankan script tertentu di Windows dimana hal tersebut membutuhkan WSH, dan alhasil muncul masalah ini.

Cara Mengatasi Windows Script Host Disabled

Untuk mengatasi Windows Script Host Disabled ini bisa kamu lakukan tanpa bantuan aplikasi ketiga. Jadi, kamu bisa mengatasinya hanya dengan memanfaatkan software dan fitur yang telah disediakan Windows. Cara melakukannya juga sangat mudah, dan kamu hanya perlu mengikuti penjelasan di bawah ini.

Buat Pengguna Smadav

Antivirus Smadav memang menonaktifkan otomatis penggunaan Windows Script Host yang awalnya sudah aktif secara default. Hal ini membuat WSH tidak berfungsi dan membuatnya memunculkan error Windows Script Host Disabled.

Bila kamu menggunakan Smadav, kami rekomendasikan untuk melakukan langkah ini terlebih dahulu, tapi kalau kamu tidak menggunakan Smadav, silakan skip saja cara pertama ini. Nah, untuk mengatasi Windows Script Host Disabled bagi pengguna Smadav caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu klik icon tray di pojok kanan bawah taskbar.
  2. Setelah itu, biasanya akan muncul aplikasi Smadav. Pada bagian ini silakan klik kanan pada ikon Smadav.
  3. Kemudian akan muncul opsi pada jendela yang ditampilkan. Silakan kamu pilih saja Allow Windows Script & Office Macro (Permanent) atau Izinkan Windows Script & Office Macro (Permanen).
  4. Jika sudah, maka pada pop up baru yang muncul akan ada notifikasi yang menunjukkan kalau Windows Script Host telah berhasil diaktifkan secara permanen.
  5. Done.

Gunakan Regedit

Registry Editor (regedit) merupakan bagian OS Windows yang berperan sebagai pusat dari database sistem Windows. Berbagai regisry, konfigurasi dan aktivitas software dan hardware juga otomatis terekam dan dataya ada di dalam regedit.

Nah, regedit juga bisa kamu gunakan untuk mengatur Windows mengaktifkan kembali WSH. Untuk melakukannya ada dua tahap yang perlu kamu jalankan, dan untuk lebih detailnya ada di bawah ini:

  • Tahap 1
  1. Pertama, silakan kamu buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketik Regedit kemudian klik OK.
  3. Jika sudah masuk ke halaman Registry Editor, silakan kamu buka HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows Script Host > Settings.
  4. Selanjutnya, silakan klik kanan pada bagian Settings New > DWORD (32) bit Value.
  5. Kemudian pada registry baru yang muncul, silakan klik kanan kemudian pilih Rename. Setelah itu silakan ganti namanya menjadi Enabled.
  6. Sesudah itu, silakan klik dua kali di bagian Enabled lalu silakan ubah Value data dari menjadi 1. Selanjutnya tinggal klik OK saja.
  7. Terakhir, silakan restart laptop atau komputer kamu.
  • Tahap 2
  1. Setelah laptop atau komputer kamu kembali menyala, silakan buka Regedit sama seperti sebelumnya.
  2. Setelah itu, silakan kamu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Winlogon.
  3. Jika sudah, silakan kamu scroll ke bawah lalu temukan Userinit.
  4. Kemudian pada beberapa registry yang ada di bawah Userint, silakan kamu delete semuanya.
  5. Kalau sudah, tutup Regedit.
  6. Selesai.

Lewat System Configuration

System Configuration ialah salah satu tools yang terdapat pada Windows yang bisa membantu mengidentifikasi berbagai masalah saat laptop atau PC mengalami masalah terutama pada StartUp. Nah, salah satunya adalah masalah Windows Script Host Disabled yang bisa kamu atasi dengan mudah melalui System Configuration.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketik MSConfig pada bagian Open kemudian tekan Enter.
  3. Jika sudah, maka kamu akan masuk ke halaman System Configuration. Pada bagian General silakan kamu hilangkan ceklis pada Load Startup Items.
  4. Langkah selanjutnya, silakan kamu buka tab Service, kemudian ceklis Hide All Microsoft Services.
  5. Kemudian, silakan klik pada opsi Disable All lalu klik OK jika sudah.
  6. Terakhir, silakan restart perangkat untuk menerapkan pengaturan.

Melalui Command Prompt

Command Prompt (CMD) memang sudah biasa digunakan untuk melakukan berbagai perbaikan pada sistem di perangkat laptop atau komputer. Nah, pada kesempatan ini kamu bisa mengaktifkan kembali WSH melalui perintah khusus yang diakses menggunakan CMD.

Untuk lebih detailnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, pada bagian Open silakan kamu ketik CMD kemudian klik OK.
  3. Jika sudah maka Command Prompt akan terbuka. Silakan kamu masukkan perintah REG DELETE “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings” /v Enabled /f.
  4. Setelah memasukkan perintah dengan benar, tinggal klik saja Enter.
  5. Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah tadi pembahasan kita mengenai cara mengatasi Windows Script Host Disabled di laptop atau komputer. Setelah kamu mengikuti cara yang kami tuliskan di atas maka 100% kamu akan berhasil mengaktifkan kembali WSH dan pesan “error script host access is disabled on this machine” tidak akan muncul lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.