Cara Mengatasi Error MSVCR100.dll is Missing di Windows

  • oleh

Banyak pengguna Windows yang mengalami masalah error msvcr100.dll missing ketika sedang menginstal aplikasi atau game. Error tersebut juga bisa terjadi ketika kamu membuka software tertentu dan malah muncul pop up yang berisi pesan “The program can’t start because msvcr100.dll is missing from your computer”.

Pada dasarnya sebuah software dapat dijalankan dengan baik apabila tidak terdapat error pada file aplikasi. Namun, jika terdapat pesan error tersebut, artinya file msvcr100.dll hilang atau rusak sehingga membuat aplikasi / game tidak bisa dibuka.

Siapa pun yang mengalami masalah tersebut tentu akan kesal, terlebih lagi jika aplikasi yang bermasalah benar-benar kita butuhkan saat itu juga. Nah, oleh karena itu, disini kami akan memberikan tutorialnya untuk mengatasi msvcr100.dll is missing di Windows.

Cara Mengatasi msvcr100.dll is Missing

Selanjutnya untuk mengatasi masalah file msvcr100.dll yang hilang sebenarnya cukup mudah. Karena file tersebut hilang, jadi kita hanya perlu memasang atau menambahkan lagi file tersebut. Dengan begini, maka sistem akan kembali bisa membaca file .dll tersebut, bukan?

Namun, sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui cara menambahkan file .dll yang hilang tersebut. Tapi tenang, disini kami akan memberikan cara untuk menambahkan file yang hilang tersebut. Jadi, simak cara-cara di bawah ini sampai selesai, ya.

Instal Visual Redist C++

Microsoft Visual Redist (Visual C++) ialah salah satu program yang berfungsi memberi resource pada beberapa aplikasi dan juga game. Jadi, aplikasi dan game sangat membutuhkan komponen library dari program ini karena Visual Redist C++ dapat menambahkan secara otomatis file .dll ke sistem software.

Nah, berikut cara Instalasinya:

  1. Pertama, silakan kamu cari program Visual Redist di disk penyimpanan kamu terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya buka installernya. Misalnya saja dibawah ini adalah vc_redist.x64.exe.
  3. Namun, apabila file tersebut sudah tidak ada, kamu bisa download terlebih dahulu disini.
  4. Pada halaman download tersebut, silakan scroll ke bawah lalu klik Other Tools, kemudian Download Microsoft Visual Redist sesuai versi perangkat kamu.
  5. Setelah itu, buka file tersebut lalu Run as Administrator atau dengan klik dua kali.
  6. Selanjutnya akan muncul jendela seperti di bawah. Klik saja pada kolom persetujuan atau Accept License untuk menyetujui lisensinya, Kemudian klik Install.
  7. Ikuti proses instalasinya sampai tuntas, lalu setelah selesai silakan Close wizard instalation nya.
  8. Selanjutnya restart laptop atau komputer kamu, lalu sesudah itu silakan coba kembali aplikasi atau game yang mengalami error tersebut.

Nah, versi dari Micrsosoft Visual C++ ada beberapa macam, mulai dari versi tahun 2005 sampai yang terbaru saat ini versi 2022. Silakan pasang semua versinya di laptop atau komputer kamu.

Tambahkan File msvcr100.dll Manual

Dengan aplikasi Microsoft visual redist sebelumnya, harusnya file .dll yang hilang sudah ditambahkan secara otomatis, dan error “The program can’t start because msvcr100.dll is missing from your computer” harusnya sudah tidak muncul lagi ketika membuka aplikasi.

Namun jika belum berhasil, mungkin file .dll yang dibutuhkan aplikasi yang bermasalah di laptop atau komputer kamu beda versi dari yang sediakan Microsoft Visual C++ tadi. Jadi solusinya adalah dengan menambahkan file msvcr100.dll secara manual.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama kamu harus mendownload file msvcr100.dll tersebut melalui situs tertentu. Salah satunya kamu bisa mengunjungi dll-files.com.
  2. Setelah masuk ke situsnya, silakan cari msvcr100.dll di kolom pencarian.
  3. Jika sudah muncul hasilnya, silakan download file tersebut lalu tunggu sampai proses unduhan selesai.
  4. Selanjutnya, ektrak file .dll yang sudah kamu unduh dengan cara klik kanan lalu pilih extract here.
  5. Setelah selesai, klik kanan pada file .dll tersebut lalu klik Copy.
  6. Selanjutnya masuk ke Local Disk (C:) atau penyimpanan sistem.
  7. Kemudian masuk ke folder Windows lalu masuk di System32.
  8. Kemudian Paste file .dll di dalam folder tersebut.
  9. Setelah muncul tab baru, klik saja Continue.
  10. Restart laptop atau PC kamu, dan coba jalankan kembali aplikasi yang sebelumnya bermasalah.

Pastikan kalau kamu mengunduh file msvcr100.dll sesuai dengan versi Windows kamu ya. Nah, jika kamu belum tahu caranya, silakan kunjungi artikel cara cek versi Windows.

Sebagai tambahan juga, selain kamu paste-kan file msvcr100.dll ke penyimpanan sistem seperti langkah di atas, kamu juga bisa memindahkan atau menyalin file .dll tersebut ke folder instalasi aplikasi atau game yang error.

Reinstal Program Bermasalah

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan reinstal program yang mengalami masalah msvcr100.dll is missing. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengganti atau membangun ulang file dan data pada software yang mengalami masalah.

Nah untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Pertama pastikan terlebih dahulu kalau sebelumnya kamu sudah menginstal semua komponen yang diperlukan dalam software yang error tersebut.
  2. Jika ternyata masih ada komponen yang belum kamu pasang, silakan coba pasang terlebih dulu.
  3. Namun, jika kamu sudah mencobanya dan belum berhasil, silakan kamu uninstal software yang bermasalah.
  4. Setelah itu, silakan download kembali aplikasi tersebut beserta komponen lainnya yang diperlukan di tempat kamu mengunduh sebelumnya.
  5. Pastikan kamu mendownload semuanya sampai selesai.
  6. Instal software yang sudah diunduh beserta komponennya, lalu setelahnya silakan jalankan kembali.
  7. Semoga berhasil.

Akhir Kata

Pada dasarnya untuk mengatasi msvcr100.dll missing tidaklah sulit, karena kamu hanya perlu menambahkan file .dll yang dibutuhkan aplikasi agar bisa dijalankan kembali dengan normal. Nah, melakukan instal ulang juga bisa menghilangkan masalah tersebut karena file .dll aplikasi juga dibangun ulang.

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita mengenai cara mengatasi msvcr100.dll missing di Windows yang bisa kamu jadikan panduan dan acuan. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *