Lompat ke konten

Cara Praktis Mengatasi Memori Internal HP Android Penuh

Memori internal menjadi salah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari smartphone kita, karena dengan adanya memori internal maka data dari aplikasi, data program, pengaturan, dan file-file pribadi akan bisa disimpan di dalamnya.

Tidak sedikit pengguna smartphone yang mengeluhkan masalah memori internal penuh dan muncul notifikasi seperti, tidak ada cukup ruang pada perangkat, memori penyimpanan hampir habis, atau memori penyimpanan tidak cukup.

Kondisi tersebut membuat kamu tidak bisa menggunakan smartphone dengan sepenuhnya, serta kinerja atau performanya juga menjadi lebih lambat (lemot). Hal ini terjadi lantaran sistem dan aplikasi untuk memproses data juga membutuhkan ruang yang memadai. Jika ruang tidak tersedia, maka sistem tidak akan berjalan sepenuhnya.

Penyebab Memori Internal Penuh

Memori internal penuh ini sebenarnya cukup beragam faktor penyebabnya, tapi umumnya karena banyaknya file tidak berguna atau banyak aplikasi yang terpasang di smartphone Android kamu. Nah, file-file tersebut biasanya ukurannya ratusan MB sampai beberapa GB.

Nah, untuk detail penyebabnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • File temporary
  • File backup tidak berguna
  • File cache
  • File logs
  • File com.android dari aplikasi yang sudah dihapus
  • Browser cookies
  • Junk files
  • File kamera
  • File sent yang menumpuk
  • Terlalu banyak aplikasi berat
  • Banyak menaruh file besar
  • Sering ganti-ganti room (khusus pengguna root).
  • dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Sebenarnya masalah memori internal HP Android penuh ini terbilang mudah di atas, karena saya sendiri sering mengalaminya karena penyimpanan internal HP Android saya hanya 32 GL, jadi mudah untuk penuhnya.

Nah, untuk mengatasi memori internal penuh tersebut, pada dasarnya kita hanya perlu melakukan optimasi saja, mulai dari menyeleksi file, menghapus aplikasi berat, membersihkan sampah seperti yang sudah saya sebutkan pada penyebab internal penuh tadi.

Untuk cara-caranya bisa kamu baca secara lengkap pada ulasan di bawah ini.

Bersihkan Sampah & Cache

Banyaknya cache dan file sampah yang menumpuk memang menjadi salah satu penyebab memori internal HP Android kamu penuh. Penumpukan ini terjadi karena seiring pengunaan, secara otomatis cache di dalamnya juga akan semakin bertambah.

Jadi jika file cache ini tidak dibersihkan dan dibiarkan semakin menumpuk, maka pada akhirnya akan membuat penyimpanan internal HP jadi penuh. Perlu kamu ketahui bahwa file cache dan sampah itu paling banyak didapat dari browser dan aplikasi.

Jadi, penumpukan cache yang berlebih ini sangat wajar, terutama pada aplikasi online seperti sosmed, youtube, tiktok dan lain sebagainya yang selalu kamu gunakan tiap harinya. Untuk itu, silakan lakukan pembersihan cache dan file sampah secara berkala agar tidak terjadi memori internal penuh.

Cara melakukannya tidak begitu sulit, kok, misalnya saja dengan cara berikut:

  • Bersihkan Cache Aplikasi
  1. Untuk membersihkan cache aplikasi, silakan kamu buka Setelan di HP kamu.
  2. Setelah itu silakan masuk ke menu Apps (aplikasi).
  3. Selanjutnya, silakan cari aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya. Kami sarankan memilih aplikasi yang sering kamu pakai.
  4. Jika sudah, silakan klik opsi Bersihkan Cache.
  5. Selesai.

Cara lain untuk membersihkan cache aplikasi adalah dengan tekan dan tahan aplikasi yang ingin dibersihkan > klik Info apl >hapus data > Bersihkan cache.

  • Bersihkan Sampah HP

Membersihkan sampah HP bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pembersih bawaan atau dengan mengunduh aplikasi pembersih lain, seperti CCleaner, Clean Master, Files by Google, CleanIt, atau sejenisnya. Misal menggunakan pembersih bawaan caranya adalah sebagai berikut:

  1. Cari aplikasi pembersih bawaan di HP kamu, lalu buka aplikasinya.
  2. Setelah terbuka, silakan lakukan scanning file sampah disana.
  3. Jika sudah, silakan tap opsi bersihkan sampah setelah melakukan scanning.
  4. Tunggu prosesnya sampai selesai.
  5. Silakan lakukan pembersihan sampah HP secara rutin, paling tidak 2 minggu sekali agar kinerja HP maksimal.

File sampah ini kalau tidak sering dibersihkan, ukurannya cukup besar, bisa sampai banyak gigabyte. Dan saya sendiri sering membersihkannya paling tidak seminggu sekali saja ukurannya sampai 2 GB.

Seleksi File-file Internal

Ketika memori internal di HP Android kamu penuh maka kemungkinan banyak file-file pribadi yang tersimpan di dalamnya. Solusinya tentu dengan menyeleksi filefile pribadi yang tersimpan untuk menghapusnya apabila tidak diperlukan dan memindahkannya ke memori eksternal atau ke laptop/PC lain bila sekiranya masih diperlukan.

Untuk file-file internal yang perlu diseleksi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dokumen
  • Video
  • Screenshoot
  • Pictures/Photos
  • Downloads atau file unduhan
  • Music
  • dan lain sebagainya

Nah, silakan kamu cari file tersebut untuk dihapus atau dipindahkan ke memori eksternal, ke PC/laptop, atau ke Cloud Storage.

Hapus Aplikasi Tidak Dipakai

Aplikasi yang terinstal di HP Android selain memakan RAM, data dari aplikasi juga memakan ruangan yang cukup besar di memori internal. Jadi, kalau memori internal kamu penuh karena banyaknya aplikasi terinstal di HP Android kamu, maka sebaiknya hapus saja aplikasi yang tidak terpakai.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka Setelan di HP kamu.
  2. Setelah itu silakan masuk ke menu Apps (aplikasi).
  3. Selanjutnya, silakan cari aplikasi yang ingin dihapus. Kami sarankan memilih aplikasi yang tidak kamu pakai.
  4. Jika sudah, silakan klik opsi Uninstall.
  5. Selesai.

Untuk lebih mudahnya bisa dengan ketuk dan tahan aplikasi yang ingin dihapus kemudian klik atau seret ikon ke opsi Uninstall.

Seleksi Data Sosmed

Hal yang tidak terlalu diperhatikan oleh banyak orang adalah data seperti foto, video, dokumen, dan sejenisnya yang berasal dari sosial media yang mana bisa membuat memori internal penuh. Hal ini biasanya terjadi karena penumpukan data-data tersebut sehingga memakan banyak memori.

Untuk itu, silakan kamu perlu menyeleksi data-data dari sosial media dengan cara berikut:

  1. Buka File Manager di HP Android kamu.
  2. Masuk ke Penyimpanan Internal.
  3. Setelah itu, silakan kamu buka folder dari sosial media (WhatApp, Instagram, Telegram, Twitter, dll.).
  4. Di sana kamu akan menemukan beberapa folder, silakan satu persatu untuk mengeceknya.
  5. Selanjutnya, silakan seleksi file/data yang tidak diperlukan kemudian hapus.
  6. Yang paling besar biasanya foto dan video.

Cara ini pernah beberapa kali saya lakukan, dan hasilnya pun lumayan mengosongkan memori internal, terutama pada folder WhatsApp yang disana banyak file tidak berguna yang menumpuk.

Nah, pada folder WhatsApp, kamu juga bisa menghapus file sent atau file yang dibagikan, dan juga file database/backup (msgstore), dimana file ini jarang sekali dihapus dan cukup memakan memori internal.

Selain itu, kamu bisa mematikan fitur auto download agar tidak banyak media atau file yang terunduh otomatis jika tidak diperlukan. Cara mematikannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP kamu.
  2. Setelah itu, tap tombok titik tiga di ujung kanan atas kemudian pilih Setelan.
  3. Setelah itu, masuk ke menu Penyimpanan Data.
  4. Pada submenu Unduh Otomatis Media, silakan ubah menjadi Tidak Ada Media.

Delete com.android Aplikasi

Salah satu hal yang menurut saya agak meresahkan di HP Android adalah ketika kita menghapus aplikasi tetapi data dari aplikasi tersebut terkadang tidak ikut hilang, sehingga membuat penyimpanan internal menjadi penuh.

Hal ini pernah terjadi ketika saya uninstal game Android tapi file atau folder com. dari game tersebut tidak ikut hilang. Padahal ukuran file tersebut sampai 4 GB, dan ini membuat memori internal saya menjadi penuh. Solusi dari hal ini adalah dengan menghapus file com. dari aplikasi yang sudah saya uninstal tersebut.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silakan buka File Manager di HP Android kamu.
  2. Masuk ke Penyimpanan Internal.
  3. Kemudian buka folder Android.
  4. Setelah itu, silakan masuk ke Data kemudian cari file atau folder com. dari aplikasi yang sudah tidak ada di HP kamu.
  5. Berikutnya, ketuk dan tahan pada folder atau file tersebut kemudian Hapus.
  6. Selesai.

Gunakan SD Card

Salah satu cara mengatasi memori internal penuh di HP Android adalah dengan menambahkan memori eksternal (SD Card) agar kamu bisa menaruh file-file pribadi yang tadinya di penyimpanan internal ke SD Card. Selain itu kamu bisa juga menggunakan SD Card sebagai penyimpanan utama agar data aplikasi tersimpan di dalamnya.

Untuk mengubah lokasi penyimpanan utama, berikut caranya:

  1. Pertama, silakan kamu masuk ke Setelan HP Android.
  2. Setelah itu kamu masuk ke menu Penyimpanan.
  3. Kamu bisa mencari menu tersebut melalui kolom search.
  4. Setelah masuk ke menu penyimpanan, silakan kamu cari fitur Setelan Penyimpanan.
  5. Buka fitur tersebut, kemudian atur penyimpanannya ke SD Card (penyimpanan eksternal).
  6. Untuk mengubah penyimpanan aplikasi, kamu bisa membuka aplikasinya kemudian mengatur lokasi penyimpanan ke SD Card.
  7. Atau bisa juga dengan masuk ke menu Setelan Tambahan > Opsi Pengembang > Aplikasi > Paksa izin apl untuk tulis di penyimpanan eksternal.
  8. Silakan kamu atur saja apa yang ingin diubah ke penyimpanan eksternal.
  9. Done.

Manfaatkan Cloud Storage

Selain menggunakan memori eksternal, kamu bisa memanfaatkan layanan cloud storage atau penyimpanan online untuk menyimpan file-file yang diperlukan agar memori internal tidak penuh lagi. Penyimpanan online ini lebih aman dan lebih efisien karena kamu bisa mengaksesnya kapan pun dan bahkan bisa diakes lewat perangkat lain.

Menyimpan file di akun cloud storage ini cocok untuk kamu yang ragu menghapus file-file tertentu dengan alasan bakal kepakai suatu hari nanti. Nah, untuk cloud storage yang bisa kamu gunakan antara lain:

  1. Google Drive, Mempunyai kapasitas 15 Up To 100 GB.
  2. Mediafire, kapasitasnya 10 GB Up To 15 GB.
  3. Dropbox, kapasitasnya 2 GB.
  4. Terabox, kapasitas 1 TB.
  5. Mega, berkapasitas 20 GB.
  6. 360 Cloud Drive, berkapasitas 360 for free dan Up To 10 TB.
  7. One Drive, kapasitas 5 GB.
  8. Box, kapasitas 10 GB.

Penyimpanan online tersebut bisa kamu gunakan secara gratis dan mudah. Karena kamu tinggal mengakses situsnya melalui browser, kemudian membuat akun dan setelah itu kamu bisa langsung meng-upload file ke penyimpanan online tersebut.

Reset Smartphone

Smartphone yang pemakaiannya 2 tahun lebih, dan kamu mendapati kalau memori internal di ponsel kamu penuh, namun setelah diperiksa atau bahkan kamu sudah mencoba membersihkannya tapi kapasitas memori internal masih saja penuh, maka kemungkinan terdapat junk file di ponsel kamu.

Biasanya jika terdapat junk file yang menumpuk di smartphone, ciri-cirinya adalah memori internal penuh tetapi file-file di memori internal sedikit. Junk file yang menumpuk ini sangat sulit untuk dihilangkan dengan cara manual, karena biasanya tersembunyi.

Untuk itu, lebih baik langsung reset saja HP-nya agar memori internal menjadi lega kembali. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Setelan pada smartphone Android kamu.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke Setelan tambahan, kemudian masuk ke Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Selanjutnya, silakan tap Kembali ke setelan pabrik,
  4. lalu pilih Setel ulang telepon.
  5. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  6. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  7. Selesai.

Langkah-langkah di atas merupakan gambaran umumnya saja, jadi silakan sesuaikan dengan HP yang kamu gunakan. Karena biasanya nama menu dan tampilan tiap smartphone bisa berbeda-beda.

Oh iya, reset ini akan menghilangkan seluruh data yang tersimpan di smartphone kamu, jadi silakan cadangkan atau pindahkan dulu data-data yang sekiranya penting ke laptop, PC, memori eksternal, atau ke cloud storage.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai cara simpel mengatasi memori internal HP Android penuh. Cara-cara yang kami tuliskan di atas bisa kamu coba satu per satu agar memori internal di smartphone kamu menjadi lebih lega.

Mungkin sekian dulu artikel yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.