Lompat ke konten

Cara Mudah Mengatasi Layanan Google Play Telah Terhenti

Kamu pasti tahu kan Google Play? Ya, Google Play memang menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari smartphone Android. Pasalnya Aplikasi Google Play ini merupakan bawaan android, dan biasa digunakan untuk mengunduh Aplikasi Android mapun Game Android.

Ketika Layanan Google Play ini bermasalah, biasanya muncul pesan error “sayangnya layanan Google Play telah terhenti” atau atau “Unfortunately the Google application has stopped”. Jika hal ini terjadi tentu akan membuatmu kerepotan ketika ingin mengunduh, atau update aplikasi & game.

Terlebih lagi jika aplikasi tersebut sangat dibutuhkan, maka tentunya akan membuat kamu terhambat melakukan pekerjaan yang memang memerlukan aplikasi tertentu. Nah terkait masalah layanan Google Play terhenti, sebenarnya sangat mudah diatasi. Untuk itu, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya.

Penyebab Layanan Google Play Telah Terhenti di Andorid

Penyebab layanan Google Play telah terhenti sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal, dan bahkan kadang tiap HP Android juga berbeda-beda. Nah, penyebab “sayangnya layanan Google Play telah terhenti” kurang lebih adalah sebagai berikut:

  • File cache Google Play menumpuk
  • Penyimpanan Android penuh
  • RAM penuh
  • Service Google Play Outdate
  • Tanggal & waktu di HP tidak sesuai
  • Bug aplikasi Google Play
  • Bug sistem Android
  • Dan lain sebagainya

Cukup banyak kan penyebabnya? Tapi sesuai yang pernah saya alami sendiri, layanan Google Play telah terhenti di android ini terjadi saat RAM HP saya penuh. Sehingga membuat aplikasi tersebut tidak bisa berjalan, dan bahkan aplikasi lainnya juga kadang sering terhenti sendiri.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Telah Terhenti

Lalu bagaimana cara mengatasi “sayangnya layanan Google Play telah terhenti” di Android? Cara mengatasi masalah Google Play Services tersebut sebenarnya juga beragam, tergantung apa yang menjadi penyebabnya. Untuk itu, kami disini akan memberikan berbagai macam metode yang bisa kamu coba praktikkan.

Untuk lebih detailnya, silakan kamu simak ulasan di bawah ini sampai selesai!

Restart Android

Restart Android, menjadi opsi pertama yang kami rekomendasikan untuk mengatasi layanan Google Play telah terhenti. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang sudah banyak pengguna Android yang berhasil mengatasi berbagai error di HP, termasuk error Google Play terhenti.

Ketika Android direstart, maka memori pada sistem akan direfresh, sehingga semuanya akan dimulai ulang dengan kondisi normal, dan error-error ringan yang ada juga akan hilang. Kebanyakan orang menganggap remeh restart HP, padahal bisa untuk mengatasi berbagai masalah ringan di Android.

Nah, cara restart HP Android kurang lebih seperti ini:

  1. Tekan tombol power HP selama beberapa saat.
  2. Setelah muncul menu pada layar, silakan kamu pilih Restart
  3. Jika sudah, maka restarting Android akan dimulai, jadi silakan tunggu saja sampai selesai.
  4. Jika sudah Android akan nyala kembali, dan silakan periksa apakah masih muncul error “sayangnya layanan Google Play telah terhenti” atau tidak.
  5. Selesai.

Bersihkan Cache Aplikasi

Cache pada aplikasi Google Play Store yang menumpuk juga menjadi salah satu penyebab munculnya error layanan Play Store yang terhenti. Untuk mengatasi hal ini, yang kamu perlukan adalah membersihkan file cache pada aplikasi Google Play Store.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka Setelan di HP Android kamu.
  2. Jika sudah, silakan kamu ke menu Aplikasi.
  3. Selanjutnya, silakan cari Google Play Services (Layanan Google Play).
  4. Kemudian masuk ke penyimpanan (storage aplikasi).
  5. Terakhir, kamu tinggal ketuk opsi Hapus Cache pada halaman tersebut.
  6. Done.

Langkah-langkah di atas adalah gambaran umum untuk pengguna Android. Karena mungkin beberapa merk atau tipe HP Android nama opsi, menu, dan letaknya kadang sedikit berbeda.

Hapus Data Services

Apabila dengan membersihkan cache aplikasi Google Play Services dengan cara di atas belum berhasil menghilangkan error layanan Google Play yang terhenti, maka selanjutnya kamu perlu membersihkan data service pada aplikasi Google Play Store. Tujuannya adalah untuk menghilangkan junk files, konfigurasi aplikasi, dan setting aplikasi.

Langkah-langkah melakukannya kurang lebih adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silakan kamu temukan aplikasi Google Play Services dengan cara seperti sebelumnya.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke Penyimpanan kemudian pilih Kelola penyimpanan (Manage space).
  3. Pada halaman selanjutnya, silakan kamu gulir ke bawah kemudian ketuk Hapus Data (Celar all data).
  4. Nah, setelah itu bisanya akan muncul notif peringatan, silakan kamu pilih saja OK.
  5. Selesai.

Kurangi Penyimpanan

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa penyebab umum dari munculnya pesan error “sayangnya layanan Google Play telah terhenti” adalah karena tidak adanya ruang yang cukup untuk memproses aplikasi tersebut.

Ruang pemrosesan aplikasi ini utamanya terletak pada RAM, jadi jika RAM HP Android kamu penuh maka Google Play tersebut tidak bisa berjalan, dan bahkan aplikasi lainnya juga kadang sering terhenti sendiri. Untuk itu, silakan kurang penggunaan RAM dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai.

Selain RAM, penyimpanan internal yang penuh juga membuat aplikasi di HP tidak bisa dibuka. Apalagi jika penyimpanan internal sudah mencapai angka 95% ke atas maka kemungkinan banyak terjadi error pada sistem atau aplikasi di HP. Untuk mengatasi hal ini tentunya dengan mengurangi data di memori internal yang tidak diperlukan.

Bersihkan Sampah & Cache Sistem

Lagi-lagi tentang sampah dan cache. Ya, memang pada dasarnya error Google Play store yang terhenti tersebut selalu erat kaitannya dengan cache dan file sampah. Bukan tanpa sebab, karena memang cache sistem sangat mempengaruhi kinerja aplikasi.

Apalagi jika cache & file sampah pada sistem secara keseluruhan tidak pernah kamu bersihkan tentu akan tejadi penumpukan file berbahaya yang membuat Android kamu mudah mengalami error pada sistem & aplikasi. Untuk itu, selain membersihkan cache Play Store, kamu juga harus membersihkan cache & sampah sistem Android.

Cara melakukanya adalah dengan scanning cache & file sampah menggunakan aplikasi pembersih bawaan yang biasanya sudah terinstal di HP Android kamu.

Coba Copot Pembaruan

Android memang selalu memperbarui Google Play Services secara berkala. Ya, tujuan hal tersebut tentunya untuk memperbaiki sistem aplikasi, menghilangkan bug yang ditemukan di aplikasi, dan menambahkan fitur ke dalam aplikasi.

Pada beberapa kasus, pembaruan tersebut tidak selalu membuahkan hasil atau perubahan yang diinginkan dan justru menimbulkan masalah baru seperti Google Play telah berhenti. Apabila hal ini terjadi, kemungkinan versi aplikasi terbaru tersebut belum cocok (tidak kompatibel) dengan versi Android yang kamu gunakan.

Untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghapus pembaruan Google Play Services dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan kamu masuk ke Pengaturan Android
  2. Setelah itu, silakan pilih menu Aplikasi.
  3. Jika sudah, silakan kamu cari Google Play Services (Layanan Google Play).
  4. Selanjutnya, silakan ketuk titik tiga pada halaman tersebut. Biasanya terletak di kanan atas halaman.
  5. Kemudian pilih Uninstall Updates atau Hapus instalan pembaruan.
  6. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Reset Preferensi

Melakukan reset preferensi akan membuat sistem membangun ulang konfigurasi, dan hal ini memiliki potensi berhasil cukup tinggi dalam mengatasi masalah layanan Google Play telah terhenti di Android. Namun sebelumnya, perlu kamu ketahui kalau tidak semua HP Android memiliki fitur hapus preferensi aplikasi loh.

Untuk mencobannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka Setelah di HP Android kamu.
  2. Jika sudah, silakan kamu ke menu Aplikasi.
  3. Setelah masuk ke halaman Aplikasi, silakan kamu ketuk ikon titik tiga di kanan atas halaman.
  4. Setelah itu silakan pilih Reset app preferences / Mulai ulang pereferensi apl.
  5. Selanjutnya akan muncul notifikasi, silakan pilih saja Reset.
  6. Terakir, restart HP kamu untuk menerapkan pengaturan.
  7. Done.

Setel Ulang Android

Apabila semua cara yang sudah kami tuliskan di atas tidak bisa kamu gunakan untuk mengatasi layanan Google Play telah terhenti, maka kemungkinan besar sistem operasi Android kamu bermasalah. Untuk itu, solusi final mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan reset Android.

Jika kamu melakukan reset Android, tentu hal ini akan menghapus semua aplikasi dan semua data yang tersimpan di HP Android. Jadi, sebelum me-reset Android, pastikan kalau kamu sudah melakukan backup data-data yang masih dibutuhkan ke penyimpanan lain atau ke eksternal card.

Nah, cara melakukan reset ke setelan pabrik (default) pada tiap HP tentu berbeda, namun secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka menu Pengaturan Android.
  2. Setelah itu silakan ketik Reset pada kolom pencarian.
  3. Selanjutnya hasil pencarian akan muncul, nah pilih saja opsinya entah Reset data pabrik atau Reset ke setelan pabrik.
  4. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan notifikasi peringatan, silakan klik OK untuk melanjutkan.
  5. Langkah selanjutnya tinggal mengikuti instruksi yang diberikan sampai selesai.
  6. Done.

Setelah melakukan reset biasanya HP kamu akan direstart, dan biasanya proses booting akan lebih lama dari biasanya. Hal ini karena sistem Android sedang membangun data seperti default dan melakukan konfigurasi ulang sistem. Jadi, silakan kamu tunggu saja, ya.

Akhir Kata

Saya pernah mengalami masalah “sayangnya layanan Google Play telah terhenti” dan bisa dengan mudah diatasi hanya dengan mengurangi penggunaan RAM dan melegakan penyimpanan internal. Ya, karena memang letak penyebabnya ada disitu, jadinya saya mudah mengatasinya.

Mungkin yang berbeda penyebab juga beda langkah atau cara mengatasinya. Untuk itu pada artikel ini kami tidak hanya membahas satu metode perbaikan saja, melainkan banyak metode sudah kami bahas secara detail di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.