Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara (Speaker Mati Total)

Siapa yang tidak jengkel jika tiba-tiba laptop tidak ada suara ketika digunakan, padahal sebelumnya baik-baik saja?  Apalagi apabila masalah ini terjadi pada saat kamu betul-betul sedang membutuhkannya, misalnya untuk meeting virtual dengan klien maupun menonton drama kesayangan.

Masalah laptop yang tidak mengeluarkan suara atau adanya error pada speaker ini memang bisa jadi masalah besar bagi sebagian pengguna. Hal ini bisa terjadi kepada laptop siapa pun dan kapan pun. Oleh karena itu, mengetahui cara mengatasi masalah laptop tidak ada suara sangatlah penting bagi setiap pengguna.

Pada artikel kali ini, kami akan mencoba membahas tuntas semua hal mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop yang tidak ada suara. Dengan membaca artikel ini, paling tidak kamu jadi tahu langkah apa saja yang bisa ditempuh untuk memperbaiki laptop tidak ada suara.

Penyebab Laptop Tidak Ada Suara

Ketika laptop tidak dapat mengeluarkan suara, kamu mungkin langsung beranggapan bahwa komponen speaker yang ada di perangkat tersebut rusak dan perlu diganti. Padahal, masalah ini tidak selalu terjadi karena hal tersebut. Ada beberapa alasan yang bahkan tidak ada hubungannya dengan komponen speaker itu sendiri.

Salah satunya adalah masalah yang terkait dengan driver yang tidak update atau speaker berada pada mode disable sehingga tidak bisa mengeluarkan suara. Adanya masalah pada sistem operasi kamu juga bisa menjadi penyebab utama laptop tidak dapat mengeluarkan suara.

Kesalahan sistem tersebut dapat terjadi akibat serangan virus, Windows Update yang diperbarui, kegagalan pembaruan sistem operasi, atau pengaturan konfigurasi yang tidak tepat.

Cara Mengatasi Suara Laptop Tidak Keluar

Tergantung akar masalahnya, cara mengatasi laptop tidak ada suara pun cukup beragam. Kamu mungkin perlu mencoba beberapa di antaranya jika belum mengetahui penyebab pastinya. Masalah yang paling sederhana adalah volume dalam kondisi senyap atau silent.

Bukan tidak mungkin hal ini terjadi karena kamu lupa atau tidak sengaja membuat suara laptop dalam kondisi mute. Masalah ini ditandai dengan adanya silang merah pada audio laptop. Jika hal ini terjadi, cara penanganannya tentu bukan dengan melakukan pembaruan driver atau mengubah konfigurasi tertentu.

Kamu cukup mengeklik ikon suara dengan simbol stop tersebut untuk menonaktifkan mode senyap. Periksa juga kontrol volume pada aplikasi tertentu, misalnya YouTube, Spotify, atau Media Player sedang kamu buka. Bisa saja, kamu tidak sadar menurunkan volume aplikasi hingga nol atau mengaktifkan tombol mute.

Jika ternyata bukan itu masalahnya, cobalah trik-trik berikut ini.

Cek Pengaturan Enable/Disable Speaker

Selain tidak sadar membuat laptop tidak ada suara dengan mengaktifkan mode senyap, tak jarang pengguna juga tidak sengaja mengatur konfigurasi speaker menjadi disable.

Untuk memperbaiki masalah ini, kamu cukup mengubah konfigurasinya menjadi enable kembali agar suara dapat muncul di laptop.

Berikut caranya:

  1. klik menu “Start” atau tekan logo Windows pada papan tik kamu.
  2. Lalu, pada kolom pencarian, ketik Control Panel, kemudian tekan tombol enter.
  3. Setelah masuk ke halaman Control Panel, klik menu “Hardware and Sound”.
  4. Selanjutnya, pilih menu “Sounds”.
  5. Pada dialog yang muncul di layar, klik kanan pada daftar speaker yang tersedia.
  6. Kemudian, pilih opsi “Enable” untuk mengaktifkan perangkat tersebut kembali di komputer kamu.

Perbarui Driver Audio di Device Manager

Jarang atau tidak pernah melakukan pembaruan driver audio juga dapat menimbulkan masalah laptop tidak ada suara. 

Hal ini bisa terjadi jika versi yang terpasang sudah tidak didukung lagi oleh sistem operasi yang sedang berjalan.

Untuk mengatasinya, kamu perlu memperbarui driver audio tersebut sehingga perangkat dapat mengeluarkan suara sebagaimana mestinya.

  1. Pertama-tama, tekan logo Windows di papan tik atau klik menu “Start” di layar laptop kamu.
  2. Arahkan kursor ke menu “Search”, lalu ketik Device Manager. Jangan lupa tekan tombol enter.
  3. Apabila kamu memasang kata sandi untuk melakukan perubahan pada konfigurasi laptop, masukkan password terlebih dahulu, lalu klik Yes.
  4. Setelah masuk ke menu “Device Manager”, klik dua kali pada menu “Sound, video and game controllers”. Akan muncul daftar perangkat audio yang terkoneksi ke laptop milik kamu.
  5. Pilih salah satu dari daftar tersebut, kemudian klik menu “Driver”. Selanjutnya, klik “Update Driver” untuk melakukan pembaruan driver audio di laptop kamu. 
  6. Klik “OK”, lalu coba putar film atau musik untuk mengecek apakah sistem audio di laptop kamu sudah aktif kembali.

Jika ternyata masih ada masalah video tidak ada suara saat diputar, kamu bisa mencoba cara lain di bawah ini.

Periksa Pengaturan Default pada Speaker

Masalah laptop tidak ada suara juga bisa terjadi karena perangkat audio yang digunakan tidak diatur sebagai default.

Untuk mengatasinya, ikuti langkah berikut:

  1. Klik tombol “Start”, lalu ketik “Control Panel” pada kolom “Search”.
  2. Kemudian, tekan enter untuk masuk ke halaman Control Panel.
  3. Selanjutnya, klik menu “Hardware and Sound” seperti gambar berikut.
  4. Klik “Sound” maka akan terbuka jendela baru Sound. Pada opsi “Speakers”. Setelah itu, klik tombol “Set Default” dan pilih “OK”.
  5. Cek apakah suara di laptop kamu telah kembali dengan memutar musik. 

Apabila penyebabnya ada pada konfigurasi yang salah, cara setting suara laptop tersebut seharusnya dapat menjadi solusi yang tepat.

Pasang Ulang Driver Audio

Jika ternyata cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah laptop tidak ada suara, kamu mungkin perlu melakukan pemasangan ulang driver sebagai solusinya.

  1. Buka “Device Manager” seperti cara sebelumnya, lalu klik dua kali pada menu “Sound, video and game controllers”.
  2. Kemudian, klik kanan pada nama perangkat yang muncul (sesuai dengan nama driver dari speaker kamu).
  3. Pilih “Uninstall” untuk menghapusnya. Pada dialog yang muncul, klik “OK”.
  4. Selanjutnya, restart laptop kamu. Setelah masuk kembali, Windows akan secara otomatis memasang ulang perangkat tersebut kembali. 
  5. Setelah itu, cek apakah suara di laptop kamu sudah normal kembali seperti seharusnya atau masih belum keluar. 

Jika ternyata masalahnya masih berlanjut, mungkin kamu perlu meng-install Windows kembali sebagai solusinya.

Coba Gunakan Speaker Eksternal

Sebelum mengatasi laptop tidak ada suara di Windows 7 atau versi lainnya dengan meng-install ulang sistem operasi tersebut, ada baiknya kamu mengecek dengan memakai speaker eksternal.

Pasang speaker eksternal atau headset ke laptop, lalu putar video atau musik. Jika suaranya muncul, dapat dipastikan permasalahannya ada pada perangkat audio yang terpasang di laptop kamu. Akan tetapi, jika suara tetap tidak mau keluar, sangat besar kemungkinan masalahnya terletak pada sistem. 

Artinya, kamu tidak perlu terburu-buru mengganti speaker bawaan yang terpasang di laptop tersebut.

Install Ulang Windows

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah laptop tidak ada suara adalah dengan melakukan instalasi ulang sistem operasi. Terkadang, sistem operasi yang mengalami masalah atau terkena bug dapat menyebabkan beberapa perangkat yang terpasang di laptop menjadi tidak berfungsi, termasuk audio.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk meng-install ulang sistem operasi Windows di laptop kamu agar masalah tersebut dapat teratasi. Jangan lupa untuk melakukan backup terlebih dahulu supaya data-data yang tersimpan di dalamnya tetap aman.

Jika ternyata masalah tersebut masih berlanjut dan laptop kamu tetap tidak dapat mengeluarkan suara, mungkin membawanya ke tempat servis bisa menjadi pilihan terakhir. Kamu juga bisa membeli dan memasang speaker baru sendiri agar lebih hemat. 

Biasanya, harga komponen tersebut berada pada kisaran Rp50.000 sampai Rp300.000 tergantung pada merek dan tipenya.

Semoga beberapa cara mengatasi laptop tidak ada suara di atas menjadi solusi yang tepat untuk kamu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *