Lompat ke konten

Cara Mudah Mengatasi File RAR Corrupt / Tidak Bisa Dibuka

Terdapat banyak jenis file arsip, salah satu yang paling populer adalah dile RAR. File jenis RAR ini biasanya bukan sekedar arsip atau file kompresi saja, melainkan RAR juga bisa digunakan sebagai file protected untuk melindungi file yang ada di dalam RAR tersebut.

Disamping itu file arsip RAR kadang bisa saja corrupt sehingga membuat file di dalamnya tidak bisa dikeluarkan atau diekstrak. File RAR corrupt bisa disebabkan oleh berbagai faktor, namun secara umum biasanya disebabkan oleh virus dan proses unduhan file yang tidak sempurna.

Bayangkan saja, kamu sudah mengunduh file RAR yang ukurannya sangat besar, tapi ujung-ujungnya malah corrupt atau tidak bisa dibuka. Bagaimana perasaan kamu? sudah capek-capek menunggu proses unduhan, tapi hasilnya sia-sia alias tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi File RAR Corrupt

Tapi jangan khawatir, karena pada kesempatan ini kami akan memberikan tutorialnya terkait cara mengatasi file RAR corrupt agar bisa dibuka atau diekstrak kembali. Level kerusakan file RAR sebenarnya juga beragam, ada yang ringan ada yang berat.

Jadi pada metode-metode di bawah ini, tidak bisa dipastikan kalau 100% berhasil, tapi paling tidak kan metode di bawah bisa menjadi salah satu upaya kamu untuk memperbaiki file RAR yang corrupt. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba cara-caranya, silakan simak ulasan di bawah ini.

Keep Broken Files

Keep broken files merupakan salah satu langkah untuk tetap alias memaksa file yang corrupt atau tidak bisa dibuka agar bisa diekstrak. Perlu kamu ketahui kalau cara ini tidak selalu berhasil digunakan, karena bila kerusakan RAR yang sudah cukup berat hasilnya tetap saja file tidak bisa dibuka, dan palingan kalau bisa 50% yang masih normal.

Nah, bila ingin mencoba keep broken files silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan kamu cari file RAR yang corrupt di penyimpanan laptop atau PC.
  2. Kalau sudah ketemu, silakan klik kanan pada file tersebut kemudian pilih Extract files.
  3. Pada halaman berikutnya yang muncul, silakan kamu centang pada opsi Keep broken files.
  4. Setelah itu silakan klik OK kemudian tunggu proses ekstrak file RAR selesai.
  5. Jika sudah selesai, silakan kamu buka file-nya dan silakan periksa apakah file di dalam arsip RAR masih bisa digunakan atau tidak.
  6. Selesai.

Repair Archive RAR

Repair archive pada WinRAR merupakan tools bawaan yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki archive RAR yang tidak bisa dibuka atau corrupt. Cara ini cukup banyak direkomendasikan untuk digunakan sebagai salah satu langkah perbaikan, jadi jangan kamu lewatkan ya, cara satu ini.

Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu cari file RAR yang corrupt di penyimpanan laptop atau PC.
  2. Kalau sudah ketemu, silakan klik dua kali pada file tersebut.
  3. Setelah itu kamu akan dibawa masuk masuk ke WinRAR. Silakan kamu pilih menu Tools kemudian klik opsi Repair Archive.
  4. Jika sudah, maka proses repair file RAR akan dimulai, jadi silakan kamu tunggu prosesnya sampai selesai.
  5. Nah, setelah selesai, silakan coba kamu extract file tersebut.
  6. Semoga berhasil.

Recovery RAR

Metode lain untuk memperbaiki RAR yang tidak bisa dibuka atau corrupt adalah dengan menggunakan langkah recovery. Untuk melakukan recovery file RAR ini kamu memerlukan aplikasi tambahan yang memang di-desain khusus untuk memperbaiki data RAR yang bermasalah.

Salah satu aplikasi yang paling populer dan banyak direkomendasikan adalah Rar Recovery Toolbox. Untuk menggunakannya sendiri tidak susah, kamu cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, tentu kamu harus menguduh aplikasi Recovery Toolbox Rar terlebih dahulu, gratis kok.
  2. Jika sudah, silakan kamu instal aplikasinya seperti biasa, lalu setelahnya silakan buka program Recovery Toolbox RAR tersebut.
  3. Setelah terbuka, silakan klik Icon File pada kanan halaman utama aplikasinya, kemudian pilih file RAR yang corrupt pada direktori peyimpanan perangkat.
  4. Jika sudah, aplikasi akan mulai menganalisa permasalahan pada file RAR tersebut. Untuk proses analisanya kadang lama kadang juga cepat, tergantung ukuran filenya.
  5. Selanjutnya setelah proses selesai, kamu akan menemukan halaman Select file recover. Pada bagian ini silakan kamu silakan klik Next sampai akhir.

Periksa Password RAR

Selain karena file RAR rusak atau corrupt, kadang file tersebut tidak bisa dibuka bisa dikarenakan hal sepel, yakni kesalahan password pada proses ekstraksi. Password ini penting loh, karena kalau salah maka ketika prosesnya akan muncul pesan failed extract.

Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk mencegah agar tidak terjadi failed extract. Berikut diantaranya:

  1. Pertama, silakan cek kembali password file WinRAR nya, pastikan kalau sudah benar, ya.
  2. Pastikan juga kalau kamu memasukkan password-nya dengan benar.
  3. Perhatikan penggunaan huruf kapital pada password, jadi cek juga.
  4. Terakhir, kamu bisa ceklis opsi show password agar karakter yang diketik terlihat.

Kalau akhirnya masih salah juga, coba deh kamu tanyakan kembali password-nya ke orang yang membuat file RAR tersebut.

Matikan Antivirus

Antivirus memang bisa berpengaruh? Sebenarnya hal ini juga opsional, karena hanya beberapa jenis file RAR yang bisa terpengaruh oleh antivirus ketika proses extract file di dalamnya. Biasanya ada dua hal yang sering terjadi, yakni proses ekstrak failed atau tidak ada data yang muncul.

Biasanya file yang berhasil di ekstarak namun tidak ada hasilnya, kemungkinan sudah dihapus oleh antivirus, karena bisa saja file tersebut dinilai berbahaya. Oleh karena itu, cobalah untuk mematikan sementara antivirus pada laptop atau PC kamu, lalu setelah selesai bisa dinyalakan kembali kok.

Untuk pengguna Windows Defender silakan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama tekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah itu, silakan kamu masuk ke menu Update & Security.
  3. Selanjutnya, silakan kamu masuk ke bagian Windows Security kemudian klik Open Windows Security.
  4. Pada halaman berikutnya yang terbuka, silakan kamu pilih Virus & threat protection.
  5. Setelah itu, silakan klik opsi Manage settings di bawah menu Virus & threat protection settings.
  6. Terakhir, silakan kamu disable semua pengaturan yang ada di dalamnya.

Perbarui WinRAR

Ada beberapa kasus file RAR tidak bisa dibuka adalah karena aplikasi WinRAR yang digunakan sudah tidak kompatibel atau versi lama. Kasus seperti ini juga kerap dialami beberapa pengguna WinRAR lama, yang sering terjadi kegagalan ketika extract.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan update WInRAR ke versi terbaru dengan cara berikut ini:

  1. Pertama, silakan kamu hapus terlebih dulu WinRAR versi lama melalui Control Panel.
  2. Setelah itu, silakan kunjungi situs resmi WinRAR untuk mengecek aplikasi versi terbaru.
  3. Silakan kamu download WinRAR versi terbaru disana.
  4. Kemudian instal aplikasinya seperti biasa.
  5. Done.

Ganti File Baru

Kalau dengan semua metode di atas ternyata masih belum bisa juga mengatasi file RAR yang tidak bisa dibuka, maka kemungkinan besar masalahnya terletak pada file RAR itu sendiri. Bisa saja file RAR corrupt karena proses unduhan tidak sempurna, atau mungkin proses salinan yang belum selesai sepenuhnya.

Sebenarnya dua hal tersebut lah yang paling umum menjadi penyebab file RAR corrrupt. Karena jika proses download, tidak sempurna karena koneksi yang lemot atau tidak stabil. Atau kemungkinan kamu mengunduhnya setelah proses jeda dan resume yang banyak.

Nah, ketika kamu ingin mengunduh filenya lagi, pastikan koneksi yang digunakan stabil ya, dan tidak suka mati sendiri atau disconnect. Pastikan kalau kamu tidak melakukan jeda dan melanjutkannya secara berulang, agar tidak terjadi corrupt lagi.

Selanjutnya jika kamu mendapatkan file RAR yang corrupt tersebut dari menyalinnya dari flashdisk atau memori penyimpanan lain, maka silakan kamu pastikan ketika proses salinan sudah benar-benar sampai selesai 100%. Karena bila belum selesai, maka bisa dipastikan kalau filenya akan corrupt.

Akhir Kata

Itulah tadi cara memperbaiki file RAR yang corrupt atau tidak bisa dibuka. Perlu dicatat lagi, kalau cara ini belum tentu berhasil 100% untuk memperbaiki RAR yang corrupt, karena kemungkinan permasalahannya berbeda. Jadi kalau kamu punya tips lain, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Mungkin cukup sekian dulu artikel yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.