Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing di Game & Aplikasi

  • oleh

Aplikasi bisa dijalankan dengan baik jika setelah proses pemasangan tidak terdapat error. Namun, terkadang ketika aplikasi dibuka dari shortcut, muncul berbagai macam pesan error mulai dari yang ringan hingga yang berat. Misalnya masalah D3DX9_43.dll is Missing.

Adanya masalah pada sistem biasanya menyebabkan aplikasi mengalami error tersebut. Selain itu bisa juga disebabkan masalah lain misalnya file aplikasi rusak atau adanya masalah pada OS Windows. Hal ini mengakibatkan aplikasi atau game mangalami masalah D3DX9_43.dll is Missing.

Hal paling umum yang menjadi penyebab masalah tersebut adalah karena hilangnya file aplikasi atau game yang di butuhkan. Biasanya karena belum selesai download file komponen atau error ketika melakukan instalasi aplikasi. Hmm, memang yang kita inginkan terkadang tidak semuanya berjalan lancar dan sesuai rencana.

Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing

Sebelum menuju pembahasan mengenai cara mengatasi masalah D3DX9_43.dll is missing, sebaiknya kita pahami dulu maksud kata tersebut. Kata “missing“dalam bahasa Indonesia berarti “hilang”. Jadi pesan ini menjadi tanda bahwa ada file yang hilang dan tidak ditemukan pada sistem, file yang dimaksud adalah D3DX9_43.dll.

Selanjutnya untuk mengatasi masalah file D3DX9_43.dll yang hilang sebenarnya cukup mudah. Karena file tersebut hilang, jadi kita hanya perlu memasang atau menambahkan lagi file tersebut. Dengan begini, maka sistem akan kembali bisa membaca file .dll tersebut, bukan?

Namun, sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui cara menambahkan file .dll yang hilang tersebut. Tapi tenang, disini kami akan memberikan cara untuk menambahkan file yang hilang tersebut. Jadi, simak cara-cara di bawah ini sampai selesai, ya.

Unduh dan Jalankan DirectX

File D3DX9_43.dll pada dasarnya berasal dari sistem DirectX. DirectX sendiri merupakan suatu kumpulan program dengan fungsi memproses kerja game atau aplikasi lainnya. Program tersebut terdiri dari grafis 2D, grafis 3D, Font, Audio, VGA, dan sebagainya.

Oleh karena file dari DirectX tersebut sangatlah penting, jadi kita wajib memilikinya agar tidak terjadi error. Berikut cara instal DirectX:

  1. Pertama-tama cek terlebih dahulu versi Windows yang kamu gunakan, apakah 32 bit, atau 64 bit.
  2. Jika sudah, kamu harus mengunduh file DirectX dahulu. Kamu bisa mendapatkannya melalui situs resmi Microsoft.
  3. Download aplikasi tersebut, lalu jika sudah selesai silakan instal DirectX.
  4. Pada halaman awal instalasi akan muncul opsi persetujuan, pilih saja Accept This Agreement lalu lik Next.
  5. Kemudian tunggu proses instalasinya sampai selesai.
  6. Lalu ketika sudah selesai menginstal, silakan restart laptop atau PC kamu dan jalankan kembali game atau aplikasi yang mengalami masalah D3DX9_43.dll is missing.

Setelah kamu buka game atau aplikasi maka masalah tersebut akan teratasi, karena cara ini cukup efektif untuk menjadi langkah awal dalam mengatasi missing D3DX9_43.dll.

Pasang Manual D3DX9_43.dll

Cara yang kedua ini sangat efektif, tapi kamu harus mendownload dan memasang D3DX9_43 secara manual. karena pada dasarnya, pemasangan manual ini tujuannya adalah untuk membuat file tertentu seperti file D3DX9_43 secara tepat (exact).

Di bawah ini cara memasang file D3DX9_43.dll secara manual:

  1. Pertama-tama kamu harus mendownload file .dll tersebut melalui link resminya. Kamu bisa mengunjunginya disini.
  2. Selanjutnya download file D3DX9_43.dll sesuai versi Windows kamu, yaitu 32 bit ataukah 64 bit.
  3. Tunggu hingga proses downloadnya selesai, lalu buka file unduhan tadi dan ekstrak memakai WinRAR atau lainnya.
  4. Setelah selesai ekstrak, klik kanan pada file D3DX9_43.dll lalu klik Copy.
  5. Selanjutnya masuk ke Local Disk (C:) atau penyimpanan sistem.
  6. Kemudian masuk ke folder Windows lalu masuk di System32.
  7. Kemudian Paste-kan file D3DX9_43.dll di folder tersebut.
  8. Setelah muncul tab baru, klik saja Continue.
  9. Restart laptop atau PC kamu, dan coba jalankan kembali game atau aplikasi yang mengalami missing D3DX9_43.dll.

Install Microsoft Visual Redist

Microsoft Visual Redist (Visual C++) ialah salah satu dari aplikasi sistem yang mempunyai fungsi memberikan resource pada beberapa aplikasi dan game yang sangat membutuhkan komponen library dari program ini. Selain itu dengan menginstal aplikasi ini kamu bisa mengatasi missing D3DX9_43.dll.

Hal yang menjadi faktor mengapa aplikasi ini wajib adalah di beberapa game, pengembangnya biasanya menyimpan folder Redist di dalam sekumpulan file sistem dari gami tersebut. Namun, file tersebut tentu tidak akan bisa dijalankan kalau laptop atau PC kamu belum memiliki aplikasi Microsoft Visual Redist.

Nah, berikut cara Instalasinya:

  1. Pertama, silakan kamu cari program Visual Redist di halaman Microsoft.
  2. Selanjutnya buka installernya. Misalnya saja dibawah ini adalah vc_redist.x64.exe.
  3. Setelah itu klik pada kolom persetujuan atau Accept License untuk menyetujui lisensinya, Kemudian Install.
  4. Disarankan untuk kamu install semuanya. Mulai versi lama sampai yang paling baru.
  5. Jangan lupa install untuk dua versi Windows (32bit dan 64bit), walaupun kamu pengguna salah satu versi Windows tersebut.
  6. Selesai, silakan kamu coba jalankan ulang game atau aplikasi yang error tadi.

Copy D3DX9_43.dll dari Perangkat Lain

Sebenarnya cara yang ini hampir sama dengan cara pasang manual file D3DX9_43.dll seperti yang sebelumnya. Tapi pada cara yang ini sedikit ada perbedaan, dan kamu bahkan tidak perlu mendownload file tersebut. Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, siapkan media untuk menyalin file tersebut, seperti Flashdisk.
  2. Cari file D3DX9_43.dll di komputer atau laptop lain, lalu salin file tersebut ke Flashdisk yang sudah kamu pasangkan.
  3. Setelah selesai, cabut dan pasangkan Flashdisk tersebut ke komputer atau laptop kamu.
  4. Paste file .dll dari Flashdisk tepat di folder game yang mengalami error.
  5. Coba jalankan kembali game yang tadi mengalami D3DX9_43.dll is missing.
  6. Selamat mencoba.

Download dan Instal Ulang Program

Cara yang terakhir, yang bisa kamu coba adalah dengan memasang ulang game atau aplikasi yang mengalami D3DX9_43.dll is missing. Karena kemungkinan hal yang terjadi adalah file yang sebelumnya kamu unduh rusak (corrupt), atau karena proses unduhannya belum benar-benar selesai.

Di bawah ini cara melakukannya:

  1. Pertama pastikan terlebih dahulu kalau sebelumnya kamu sudah menginstall semua komponen yang diperlukan dalam game yang error tersebut.
  2. Jika ternyata masih ada komponen yang belum kamu pasang, silakan coba pasang terlebih dulu.
  3. Namun, jika kamu sudah mencobanya dan belum berhasil, silakan kamu uninstall game atau aplikasi yang mengalami masalah.
  4. Setelah itu, silakan download kembali aplikasi tersebut, di tempat kamu mengunduh sebelumnya.
  5. Pastikan kamu mendownload semuanya sampai selesai.
  6. Instal aplikasi atau game tersebut, dan jalankan kembali.
  7. Semoga berhasil.

Mungkin itu saja artikel yang dapat kami bagikan mengenai cara mengatasi D3DX9_43.dll is missing pada aplikasi atau game. Silakan kamu ikuti cara-cara yang sudah kami tuliskan di atas, dan semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang mengalami masalah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *