Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Office Word Lengkap

  • oleh

Ruler atau penggaris merupakan salah satu fitur Microsoft Word yang memiliki kegunaan cukup penting. Mengatur jarak paragraf, mengatur jarak tab, dan mengatur jarak kolom pada tabel merupakan beberapa contoh fungsinya.

Suatu keputusan yang tepat dari Microsoft dalam pemberian fitur ruler ini. Meskipun tidak semua pengguna Office memakainya, ada sedikit-banyak pengguna yang memerlukan bantuan penggaris yang terdapat di lembar kerja Word ini.

Nah, bagi kamu yang sedang membutuhkan ruler di Microsoft Word akan tetapi tidak melihatnya, tenang saja. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara menampilkan ruler di Microsoft Word semua versi.

Cara Mengaktifkan Ruler di Microsoft Word

Secara default, fitur ruler atau penggaris di Word memang belum diaktifkan. Jadi, ketika kamu ingin menggunakan fitur ini maka harus menampilkannya secara manual. Tapi tidak perlu khawatir, caranya sangat mudah kok.

Berikut cara menampilkan ruler di Word:

  1. Pertama, buka aplikasi Microsoft Word di perangkat kamu.
  2. Setelah itu, klik menu View > centang Ruler seperti gambar berikut ini.
  3. Setelah ruler berhasil diaktifkan, maka kamu akan melihat penggaris pada bagian atas dan sebelah kiri lembar kerja Microsoft Word.
  4. Selesai.

Pada tutorial di atas, kami menggunakan Microsoft Word 2016. Untuk kamu yang menggunakan versi Ms Word lainnya, caranya tetap sama saja. Mungkin, hanya terdapat perbedaan kecil dari segi tampilan yang tidak berpengaruh juga.

Sampai disini, kamu sudah berhasil mengaktifkan ruler atau penggaris di Microsoft Word. Sekarang, kamu sudah bisa menggunakan fitur ini untuk mengatur margin dokumen ataupun jarak paragraf menggunakan satuan inchi dan centimeter.

Cara Mengubah Satuan Ruler di Word

Ruler di Microsoft Word memberikan pilihan kepada penggunanya untuk memakai satuan ukuran inchi, centimeter, dan beberapa satuan ukuran lainnya. Jadi, kamu bisa mengatur satuan ukuran ini sesuai dengan keinginan kamu sendiri.

Berikut cara mengubah satuan ruler di Word:

  1. Pertama, klik File > Options seperti gambar berikut.
  2. Setelah itu, kamu akan dihadapkan dengan jendela Word Options.
  3. Buka Advanced lalu scroll ke bawah sampai bagian Display. Silahkan ubah Show measurements in units of: menjadi satuan ukuran yang kamu inginkan.
  4. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  5. Selesai.

Dengan mengikuti panduan di atas, kamu bisa mengubah satuan ruler di Word dari inchi ke centimeter ataupun sebaliknya.

Fungsi Rahasia Ruler di Microsoft Word

Terlepas dari fungsi utamanya yakni melakukan pengeditan pada dokumen Word, ada fungsi rahasia yang ternyata juga terdapat pada ruler ini. Fungsi rahasia yang dimaksud adalah membuka jendela Page Setup.

Secara umum, cara membuka Page Setup adalah dengan klik tab Page Layout atau Layout lalu klik dialog box Page Setup. Ternyata, kamu juga bisa membuka Page Setup dengan double-klik bagian samping dan atas ruller (lihat gambar di atas).

Dengan begitu, kamu bisa membuka Page Setup dengan lebih cepat ketika hendak mengatur ukuran kertas atau mengubah sesuaikan dokumen di Microsoft Word. Hmm… cukup menarik, bukan?

Demikianlah artikel mengenai cara menampilkan ruler di Word serta mengubah satuan ukurannya. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

1 tanggapan pada “Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Office Word Lengkap”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *