Cara Menampilkan Menu Bar di Microsoft Word yang Hilang

  • oleh

Ketika pertama kali membuka Microsoft Word, kamu akan melihat menu bar yang terletak pada bagian atas. Hal ini dikarenakan Microsoft mengatur menu bar tersebut untuk ditampilkan secara otomatis di pengaturan default.

Namun, menu bar di Word ini bisa hilang secara tiba-tiba loh, mungkin saja karena pengguna mengklik fitur untuk menyembunyikan menu bar. Ya, menu bar tersebut memang bisa ditampilkan ataupun disembunyikan dengan fitur bawaan.

Nah, untuk kamu yang saat ini sedang kebingungan karena menu bar di Microsoft Word tidak muncul, tenang saja. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara menampilkan menu bar di Word dengan mudah.

Penyebab Menu Bar di Word Hilang

Menu Bar di Word Hilang

Sebelumnya, tidak ada salahnya jika kita bareng-bareng mengetahui penyebab menu bar di Word hilang. Nah, contoh tampilan dari menu bar Microsoft Word yang tidak muncul adalah seperti gambar di atas.

Jadi, ketika menu bar tidak dimunculkan, tampilan Microsoft Word akan seperti full screen. Bagi yang baru pertama kali melihat hal ini, pasti akan bingung saat hendak melakukan editing dokumen menggunakan menu di Word.

Penyebabnya sendiri sudah sedikit disingging di atas yakni karena fitur untuk menyembunyikan menu bar diaktifkan. Saat menu bar sama sekali tidak ada, berarti kamu sedang mengaktifkan Auto-hide Ribbon.

Cara Menampilkan Menu Bar di Word

Untuk menampilkan menu bar di Word, kamu bisa menggunakan 2 cara yakni Ribbon Display Options dan indikator menu bar pada bagian atas lembar kerja. Kedua cara ini sama-sama mudah dilakukan kok, tidak ribet dan efektif semua.

Monggo, silahkan pilih cara mana saja, bebas!

Ribbon Display Options

Di semua versi Microsoft Word kamu akan melihat fitur Ribbon Display Options ini, sekalipun menu bar masih muncul di lembar kerja. Nah, ketika menu bar hilang, kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk memunculkannya.

Berikut cara menampilkan menu bar di Word yang pertama:

  1. Pertama, buka Microsoft Word di perangkat kamu.
  2. Setelah itu, klik icon Ribbon Display Options yang terletak pada bagian atas (biasanya di samping tombol close) seperti gambar di bawah ini.
  3. Untuk menampilkan menu bar di Word, silahkan pilih Show Tabs and Commands.
  4. Selesai.

Opsi yang tersedia pada Ribbon Display Options ada beberapa macam, seperti yang kamu lihat pada gambar di atas. Jika ingin mengetahui masing-masing fungsinya, silahkan simak penjelasan singkat berikut.

  • Auto-hide Ribbon: Menyembunyikan menu bar dan tabs pada Word sehingga tampilan seperti full screen.
  • Show Tabs: Menyembunyikan menu bar dan tetap menampilkan tabs di Word.
  • Show Tabs and Commands: Menampilkan tabs dan commands, atau bisa dikatakan menampilkan menu bar seperti default.

Cara ini adalah cara menampilkan menu bar di Word secara permanen, maksudnya kamu bisa mengembalikan pengaturan menu bar seperti semula. Berbeda dengan cara kedua yang hanya menampilkan menu bar sementara saja (auto-hide).

Indikator Menu Bar

Cara kedua ini hanya berlaku untuk kamu yang sedang berada pada mode Auto-hide Ribbon atau keseluruhan menu bar disembunyikan. Nah, ketika kamu mengklik indikator menu bar, maka kamu akan memunculkan menu bar.

Berikut cara menampilkan menu bar di Word yang kedua:

  1. Buka Microsoft Word di perangkat kamu.
  2. Arahkan kursor mouse ke bagian paling atas lembar kerja Word.
  3. Jika sudah diarahkan, kamu akan melihat indikator menu bar yang keluar dari sisi atas.
  4. Silahkan klik indikator tersebut untuk menampilkan menu bar.
  5. Selesai.

Kalau memilih cara kedua, ketika kamu selesai menggunakan menu bar, maka menu bar tersebut akan otomatis tersembunyi kembali. Hal ini terjadi karena kamu masih berada dalam mode Auto-hide ribbon.

Pada beberapa kasus, menu bar di Word tetap tidak muncul meskipun sudah mempraktikkan kedua cara di atas. Jika memang demikian, ada kemungkinan memang terdapat bug pada Microsoft Word yang kamu gunakan.

Berikut solusi yang bisa kamu coba:

  • Update Microsoft Word ke versi terbaru.
  • Reinstall atau install ulang Microsoft Word.

Jika dengan update versi tidak menyelesaikan masalah, berarti kamu harus melakukan install ulang Microsoft Word. Dengan install ulang, kemungkinan besar aplikasi Office kamu akan normal kembali.

Demikianlah artikel mengenai cara menampilkan menu bar di Microsoft Word. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *