Cara Menambah Halaman di Word (Untuk Semua Versi Word)

  • by

Saat kamu membuat sebuah dokumen bari di Microsoft Office Word, maka akan secara default muncul satu halaman kosong saja. Lalu bagaimana caranya untuk menambah halaman baru lagi di Word?

Pada dasarnya, halaman di Word akan secara otomatis bertambah saat halaman sebelumnya seduh penuh. Namun, kami mengerti bahwa yang kamu maksud adalah menambah halaman baru tanpa harus mengisi penuh halaman sebelumnya.

Sebenarnya ada sebuah alternatif yang sering digunakan, yaitu dengan menekan Enter hingga halaman penuh dan muncul halaman baru. Namun ternyata, ada cara khusus lo untuk menambah halaman baru di Word.

Cara Menambah Halaman Baru di Dokumen Word

Setidaknya ada 3 cara berbeda untuk menambah halaman baru pada dokumen Word, yaitu dengan menggunakan fitur Blank Page, menggunakan fitur Page Break, dan menggunakan pintasan tombol keyboard.

Menggunakan Fitur Blank Page

Pertama, kamu bisa menambahkan halaman baru di Word dengan menggunakan fitur Blank Page. Dimana jika kamu menggunakan fitur ini, maka halaman baru yang dibuat formatnya akan mengikuti dan melanjutkan format halaman sebelumnya.

Berikut cara menambah halaman kosong Word:

  1. Buka dokumen Word yang akan kamu tambah halaman.
  2. Klik tab Insert di bilah jendela bagian atas.
  3. Pilih Blank Page pada menu Pages.
  4. Secara otomatis akan muncul halaman baru dibawah halaman yang kamu pilih.

Menggunakan Fitur Page Break

Berbeda dengan Blank Page, fitur Page Break digunakan untuk menambahkan halaman baru dengan format yang baru juga (tidak menggunakan format halaman sebelumnya).

Begini cara membuat halaman baru di Word yang berbeda format:

  1. Jalankan aplikasi Word di PC kamu.
  2. Buka dokumen Word yang akan kamu tambahkan halaman baru didalmnya.
  3. Klik menu Insert.
  4. Pilih opsi Page Break yang ada di menu Pages.
  5. Akan muncul halaman kosong di bawah halaman tempat cursor kamu berada.

Melalui Shortcut di Keyboard

Untuk memudahkan penggunanya, Microsoft memberikan berbagai shortcut atau pintasan pada tombol keyboard untuk mengakses berbagai fitur yang ada di aplikasi Microsoft Office Word.

Salah satunya yaitu shortcut untuk membuat halaman baru, pintasan tersebut yaitu Ctrl + Enter. Dimana kombinasi tombol tersebut merupakan pintasan dari fitur Page Break.

Jadi jika kamu menekan tombol Ctrl + Enter di halaman Word, maka akan muncul halaman kosong baru. Tapi perlu kamu ingat bahwa fitur yang digunakan adalah Page Break, bukan Blank Page.

Baca juga: Cara Menghapus Halaman di Word

Di atas adalah 3 cara menambah halaman di Word tanpa harus menekan tombol Enter secara berulang-ulang sampai halaman baru muncul. Jangan lupa untuk membuat halaman baru sesuai kebutuhan, apakah Blank Page atau Page Break.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *